Advertisement

Kewirausahaan Adalah : Pengertian, Tujuan & Jenis [Lengkap]

Diterbitkan pada
07 April 2022
Waktu membaca
4 Menit

Tahukah kamu arti sebenarnya dari kewirausahaan? Pada intinya kewirausahaan adalah salah satu penggerak orang dalam membangun usaha untuk memenuhi kebutuhannya. Nah untuk pengertian lengkapnya simak tulisan ini sampai akhir, ya!

Pada pembahasan kali ini tidak hanya membahas mengenai pengertian dari kewirausahaan saja. Namun, ada banyak poin-poin penting yang akan kita bahas seperti tujuan, jenis, hingga tips kewirausahaan.

Namun, sebelum kesana klik dulu tombol “Bookmark” ( ⭐) di pojok kanan atas browser supaya kamu tidak kehilangan postingan ini.

Nah, langsung saja simak dibawah ini. Check it out..

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Apa yang dimaksud dengan definisi kewirausahaan? Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) kata kewirausahaan merupakan serapan dari frasa wira dan usaha.

  • Wira artinya seorang laki-laki atau mandiri
  • Usaha artinya kegiatan yang menggerakkan tenaga dan pikiran untuk mencapai tujuan tertentu.

Adapun pengertian kewirausahaan menurut para ahli seperti dikutip dari gramedia.com yang sudah kami rangkum sebagai berikut.

1. Menurut Richard Cantillon (1775)

Kewirausahaan sebagai pekerjaan itu sendiri (wirausaha). Seorang pengusaha membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu. Jadi definisi ini lebih menekankan pada bagaimana seseorang beresiko atau ketidakpastian.

2. Menurut Thomas W. Zimmerer

Kewirausahaan adalah penerapan inovasi dan kreativitas untuk memecahkan masalah dan memanfaatkan peluang yang orang lain hadapi setiap hari.

3. Menurut Norman M. Scarborough dan Thomas W. Zimmerer

Kewirausahaan adalah merupakan proses menciptakan sesuatu yang berbeda dengan mengabdikan seluruh waktu dan tenaganya disertai dengan menanggung resiko keuangan, kejiwaan, sosial, dan menerima balas jasa dalam bentuk uang dan kepuasan pribadinya.

Jadi, kesimpulannya kewirausahaan merupakan penggerak ekonomi yang mampu menciptakan inovasi dan kreatifitas yang tidak terbatas untuk mencari peluang usaha bisnis untuk menuju kesuksesan.

Orang yang melakukan kegiatan kewirausahaan disebut wirausahawan, pengusaha, atau entrepreneur. Sampai disini sudah cukup jelas kan? Kita lanjut ke pembahasan kewirausahaan yang lebih luas dibawah ini, ya!

Apa Tujuan dari Kewirausahaan?

Seorang pengusaha yang berani melakukan kegiatan kewirausahaan, berarti ia harus mau menanggung resiko yang ada. Karena menjadi seorang wirausaha itu tidaklah mudah.

Jika berhasil melalui segala tantangan dalam kegiatan wirausaha, maka tinggal menikmati hasil jerih payah yang telah dicapai. Adapun beberapa tujuan lain dari kewirausahaan adalah sebagai berikut :

  • Ikut serta menggerakkan perekonomian negara.
  • Mendapatkan keuntungan.
  • Membuka peluang lapangan pekerjaan.
  • Mendukung Munculnya UMKM (Usaha Menengah Kecil Mikro).
  • Memotivasi calon pengusaha untuk terus berinovasi dan berkreatifitas.
  • Menyejahterakan masyarakat.

Poin-poin tujuan diatas sangat positif kan? Untuk itu, banyak orang yang ingin terjun menjadi pengusaha sukses. Lalu apa kuncinya? Lihat di pembahasan berikut ini, ya..

Tips Menjadi Wirausaha Sukses, Berikut Karakteristiknya..

Sebelum memilih menjadi wirausahawan, ada beberapa kekurangan yang perlu diketahui. Seorang pengusaha harus mampu menghadapi segala masalah.

Misalnya seperti kegagalan, kerugian, kehilangan, dan resiko negatif lainnya. Untuk menghindari kegagalan-kegagalan tersebut, kami ada tips untuk menjadi seorang wirausaha sukses antara lain :

Pertama, seorang wirausaha harus mampu melihat, membaca, dan menganalisis peluang pasar yang sedang terjadi.

Kedua, mempunyai kreativitas tinggi dan mampu menghadirkan inovasi maupun ide-ide baru yang belum ada saat ini.

Ketiga, mempunyai jaringan yang luas dan mampu bersosialisasi dengan baik untuk mempromosikan produknya ke berbagai kalangan.

Keempat, berani mengambil resiko, bermental kuat, dan mempunyai modal yang cukup untuk membuat usahanya terus berkembang.

Kelima, bisa menjadi pemimpin yang berwibawa, mampu mengambil keputusan dengan bijak, bisa diandalkan, dan bertanggung jawab.

Keenam, up to date terhadap isu-isu terkini dan terampil menggunakan teknologi terkini yang bisa membantu untuk kegiatan wirausaha.

Gimana, apakah kamu mempunyai jiwa-jiwa atau karakteristik kewirausahaan yang sudah disebutkan diatas? Jika ya, ketahui dulu jenis wirausaha yang cocok untuk kamu bangun. Yuk, lihat pembahasannya dibawah ini..

Jenis-Jenis Wirausaha

Menjadi wirausaha tidak segampang yang dibayangkan, ya. Perlu paham dulu tujuannya untuk apa dan jenis usaha yang akan dirintis apa.

Nah, di Indonesia sendiri ada 3 jenis wirausaha yang sangat populer. Penasaran apa saja? Yuk, lihat dibawah ini :

1. Usaha Ritel

Jenis wirausaha yang pertama yaitu ada usaha ritel. Jenis usaha ini banyak menjadi pilihan orang-orang. Karena tidak ada matinya dan resiko kegagalannya sangat minim.

Usaha ritel biasa disebut dengan penjual eceran atau satuan. Misalnya seperti minimarket, sembako dan lainnya.

Jadi, usaha bisnis ritel ini menjual barang langsung ke konsumen terakhir. Tidak ke reseller maupun dropship. Maka dari itu sistem dari bisnis ini menghubungkan supplier pertama (grosir besar) ke penjual satuan untuk melakukan pembelian barang.

2. Bisnis Startup

Jenis usaha selanjutnya yaitu Startup, atau sering disebut dengan industri digital. Seperti yang kita ketahui, adanya pandemi COVID-19 membuat teknologi semakin canggih karena adanya pembatasan mobilitas.

Maka dari itu, banyak pengusaha yang memilih bisnis ini karena saat ini sangat prospek dan menjanjikan. Startup di Indonesia yang saat ini sukses contohnya seperti Gojek, Bukalapak, Tokopedia, dan lainnya.

Tentu saja bisnis startup ini membutuhkan modal yang sangat besar. Karena banyak sekali proses yang harus dilalui untuk menjadi salah satu Unicorn di Indonesia.

Apalagi modal teknologi saja tidak cukup, banyak yang harus dipikirkan. Misalnya seperti SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas, kantor yang memadai, hingga proses marketing yang cukup panjang.

3. Industri Kreatif

Nah, yang terakhir ada jenis wirausaha industri kreatif. Bisnis industri kreatif ini biasanya dilakukan oleh anak muda.

Karena, anak muda mempunyai ide-ide, inovasi, dan kreatifitas sesuai dengan trend pasar yang terjadi saat ini. Nah, bisnis industri kreatif ini biasanya bergerak pada bidang designer, penulis buku, copywriter, pelukis, videographer. content creator, dan masih banyak lainnya.

Bisnis industri kreatif ini akan terus maju seiring berkembangnya teknologi yang canggih. Nantinya akan banyak lahir kreatifitas-kreatifitas yang terbentuk dengan diikuti teknologi tersebut.

Penutup

Bagaimana, sampai disini sudah paham kan mengenai apa itu kewirausahaan. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat, ya.

Kalau masih ada pertanyaan, bisa tulis di kolom komentar dibawah. Akan kami balas satu per satu sesuai dengan pengetahuan kami.

Selain itu, kami juga aktif di media sosial Instagram, lho! Yuk, kepoin instagram kami di @Pintarjualan.id jangan lupa follow dan nyalakan lonceng (🔔) notifikasinya.

Share juga informasi ini ke teman-teman kalian yang membutuhkan informasi diatas, ya. Terimakasih sudah membaca, see you 🙂

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *