Advertisement

Cara Mengubah Alamat Email di HP & Laptop, Ganti Akun Gmail Lain

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
21 Juli 2022
Waktu membaca
5 Menit

Ketika baru pertamakali membuat email, banyak yang membuat alamat email secara asal. Makanya, banyak yang mencari cara mengubah alamat email untuk membuatnya lebih profesional.

Alamat email yang baik ini penting untuk melamar pekerjaan lewat email karena bisa dilihat oleh HRD dan menunjukkan apakah kamu benar benar serius melamar kerja.

Namun, umumnya menu mengganti alamat email ini tidak tersedia untuk akun gmail biasa. Jadi, mau tidak mua harus membuat akun Gmail baru untuk memiliki alamat email yang lebih sopan.

Makanya, gunakan alamat email yang baik ya.

Cara Mengubah Alamat Email di HP

Langkah untuk mengubah alamat email di HP sebenarnya tidaklah sulit. Tetapi sebelumnya kamu harus memeriksa apakah alamat email mu bisa diubah. Ini langkah untuk memeriksanya

  1. Masuk ke Gmail atau layanan google lainnya, klik gambar profil di kanan atas
  2. masuk ke menu Kelola akun anda

  3. Masuk ke Info Pribadi
  4. Pada bagian “Info Kontak:, tap email akun Google
    Biasanya email dengan akhiran @gmail.com tidak bisa diubah
    sementara jika menggunakan akun Google dari Kanotr, sekolah, atau instansi lainnya, Administrator memiliki wewenang untuk menggnanti alamat email.
  5. Jika memungkinkan, di samping alamat email ada tulisan “edit” yang bisa ditekan
  6. Masukkan alamat email baru > simpan

Begitulah cara mengubah alamat email di HP. Jika perubahan tidak seketika terjadi, tunggulah beberapa saat. Sistem membutuhkan waktu untuk melakukan penyesuaian.

Sayangya, kemunkginan besar kamu tidak bisa mengganti alamat gmail biasa. Google membuat ketentuan yang ketat mengenai ketentuan mengganti alamat email. Alamag Gmail biasa atau yang berakhiran @gmail.com tidak bisa diubah.

Biasanya yang bsia emngganti alamat email hanya yang menggunakan alamat email dengan Google Workshop atau disediakan dari kantor. Hubungi Adminstrator supaya bisa memiliki alamat email yang sesuai.

Jangan khawatir, jika tidak bisa mengganti alamat email, masih bisa membuat alamat email baru, kok.

Cara Mengubah Alamat Email di Laptop atau Komputer

Sebenarnya cara mengubah alamat email di Laptop atau komputer tidak jauh berbeda. Aturan dari Google pun juga sama, alamat email yang berakhiran @gmail umumnya tidak bisa diubah lagi. Untuk mengeceknya bisa melalui langkah di bawah.

  1. Buka akun Google melalui website google atau gmail > kelola akun google
    atau bisa langsung membuka myaccount.google.com
  2. Di panel navigasi yang ada di sebelah kiri, klik info pribadi
  3. Masuk ke info kontak, klik email
  4. Pilih email akun google.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, biasanya alamat email google biasa tidak bisa diganti alamatnya. oleh karena itu, banyak orang yang membuat alamat email baru. Sebelumnya kami sudah pernah membahas cara membuat akun email baru.

Singkatnya buka Gmail atau layanan google lainnya > klik foto profil di kanan atas > tambahkan akun> buat akun baru.

Cara Mengganti Akun Email di HP

Jika memiliki 2 akun Google atau bahkan lebih, bisa loh menggunakannya secara bergantian di perangkatmu.

  1. Buka Gmail
  2. Klik gambar profil di kanan atas
  3. Masukkan email baru atau pilih akun yang sudah pernah login

Dengan menggunakan langkah diatas, kamu bias memilih akun yang akan digunakan atau membuat akun baru. Jika sebelumnya masih menggunakan alamat email yang kurang sopan, sekarang bisa menggunakan akun dengan alamat email yang lebih sopan.

Cara Mengganti Akun Email di Laptop atau Komputer

Di komputer pun, kamu juga bisa menggunakan banyak akun google sekaligus. Tidak jauh berbeda dengan HP. Selain dengan menggunakan cara ini, kamu juga menambahkan profil pengguna browser. karena jika menambahkan akun dengan cara ini, data akun Google jadi sering tertukar.

  1. Buka Gmail di browser
  2. Klik gambar profil di kanan atas
  3. Masukkan email baru atau pilih akun yang sudah pernah login

Cara diatas bisa digunakan untuk menggunakan 2 akun Google dalam satu browser. tetapi sebenarnya ada cara lain yang bisa kamu gunakan, yaitu dengan menambah profil pengguna di Browser.

Cara Menambah Profil Pengguna di Browser

Kalau kamu memiliki banyak akun dan sering gonta-ganti akun, kamu bakal senang dengan fitur profil pengguna di browser. Fitur ini memungkinkan satu browser untuk memiliki banyak profil. Misalnya satu profil ditetapkan untuk satu akun gmail atau satu tema akun gmail.

Jadi, kmu bisa mnggunakan banyak profil, seperti satu profil untuk keperluan jualan, satunya lagi untuk customer service, dan satu lagi untuk game. Ini juga bermanfaat ketika satu komputer yang digunakan bersama, sehingga data Google masing masing akun tidak bercampur.

Menambah Profil Pengguna di Browser Chrome

Browser besutan Google ini adalah salah penjelajah internet yang cukup banyak digunakan. Browser ini dipilih karena terkenal oleh kecepatannya. Tapi banyak yang tidak tahu kalau Browser ini memiliki fitur profil pengguna.

  1. Buka browser chrome
  2. Klik ikon profil di kanan atas
  3. Klik add atau tambahkan

Selesai. Oh iya, kamu juga bisa login ke akun google dan menyimpan setelan profil. jadi, ketika menggunakan komputer lain, setelan profil tersebut bisa diterapkan di komputer lain.

Menambah Profil Pengguna di Browser Edge

Browser bawaan Microsoft ini juga banyak digunakan karena merupakan bawaan Windows. jangan salah, browser ini tidak kalah cepat dengan Chrome. selain itu, fitrunya juga termausk lengkap, termasuk fitur profil pengguna.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *