Advertisement

Cara Mengganti Foto Profil Email dan Google Classroom di HP & Laptop

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
20 Juli 2022
Waktu membaca
6 Menit

Mungkin belum banyak yang tahu cara mengganti foto profil email Google dan Google Classroom. Sebenarnya caranya tidak sulit, hanya perlu membuka profil akun dan kemudian klik foto tersebut.

Foto profil ini akan muncul di samping subjek email di kotak masuk. selain itu, foto profil juga muncul di nama email dan alamat email di email yang dibuka. Oh iya, jangan lupa untuk menambah foto profil setelah membuat akun google ya.

Foto profil email yang profesional ini penting untuk melamar kerja dan mengikuti kelas. Jadi gunakan foto yang baik. ada tips nya kok di bawah.

Untuk mengganti foto profil Google, ikuti langkah di bawah ini ya.

Cara Mengganti Foto Profil Email di HP

Sebagai email yang sudah secara default atau bawaannya sudah terisntall di HP android, Gmail adalah salah satu layanan email yang paling banyak digunakan. cara mengganti foto profilnya pun tidak susah.

Seperti yang telah dijabarkan oleh pusat bantuan Google, ini dia cara mengganti foto profil akun gmail di HP.

  1. Buka aplikasi Gmail
  2. Ketuk foto profil akun Google yang ada di kanan atas
  3. Ketuk ikon kamera
  4. Ketuk “Ubah” atau “Tambahkan Foto Profil
  5. Pilih foto profil baru
    Kamu bisa mengunggah foto dari handphone mu, menggunakan foto dari Google Photo, ataupun menggunakan kamera untuk mengambil gambar
  6. Sesuaikan foto tersebut dengan mengarahkan posisi dan mengubah ukurannya
  7. Simpan sebagai foto profil

Catatan:

  • Foto profil ini juga bisa digunakan di layanan google lain, seperti google maps, google classroom, dan lain-lain
  • Foto Profil yang baru diganti bisa membutuhkan waktu hingga 24 jam untuk diterapkan
  • Google Foto bisa memberikan rekomendasi foto yang dapat digunakan

Selesai, jika foto profil tidak seketika berganti harap ditunggu ya, karena sistem di Google membutuhkan waktu untuk penyesuaian.

Kalau kamu mencari cara menghapus foto profil Google, kamu juga bisa menggunakan langkah diatas. Kemudian pilih “hapus foto” di halaman gambar profil.

Cara Mengganti Foto Profil Google Classroom di HP

Google Classroom atau Google Kelas adalah salah satu layanan media pembelajaran online yang cukup banyak digunakan oleh banyak sekolah. Karena penggunaannya yang gratis dan fiturnya yang legkap, Google Classroom menjadi pilihan banyak lembaga pembelajaran.

Sebenarnya, cara mengganti foto profil diatas secara otomatis juga mengubah foto yang digunakan di layanan google. tetapi lewat google classroom sendiri juga bisa membuka setelan Google dan membuka info pribadi akun Google untuk mengubah foto profil di Google Classroom.

Supaya terlihat profesional di kelas, gunakanlah foto yang sopan dan formal. untuk mengganti foto profil Google Classroom, ikuti langkah berikut.

  1. Buka Google Classroom atau Google Kelas
  2. Di bagian atas kanan, ketuk ikon tribar (≡) untuk masuk ke menu > Setelan > Update Foto
  3. Ketuk info pribadi > foto anda > tetapkan foto profil
  4. Tetapkan foto profil, bisa memilih untuk ambil foto dari kamera atau pilih foto dari handphone
  5. Simpan

Selesai, sekarang foto profil Google Classroom mu tidak akan ditegur oleh guru atau dosen lagi. Gunakan foto yang baik ya.

Cara Mengganti Foto Profil Email di Laptop

Jika foto profil yang mau kamu gunakan ada di laptop atau kamera profesional, akan lebih mudah mengganti foto profil google dari laptop. Selain itu, bisa juga menggunakan kamera depan di laptop untuk mengambil gambar dan disimpan, baru kemudian digunakan untuk foto profil Google.

Cara mengganti foto profil email di laptop sebenarnya tidak jauh berbeda. Intinya, klik foto profil di kanan atas > klik ikon kamera di foto profil > ubah. Untuk lebih lengkapnya bisa mengikuti cara di bawah.

  1. Buka Gmail melalui browser
  2. Di kanan atas klik ikon gear untuk membuka setelan
  3. Gambar foto profil anda
  4. Pilih dari komputer jika ingin mengambil file dari komputer untuk foto profil
    bisa juga memilih dari gambar yang disediakan
  5. Klik selesai yang ada di kanan atas

Selesai, cara ganti foto profil akun Google di laptop ini sebenarnya mudah. Semakin sering menggunakan akun Google kmu akan semakin menguasai fitur-fiturnya.

Cara Mengganti Foto Profil Google Classroom di Laptop

Mungkin beberapa orang yang lebih sering menggunakan Google Classroom di Laptop. Ini dia cara mengganti foto profil Google Classroom dengan menggunakan laptop.

Sebenarnya bisa mengganti foto akun google dengan menggunakan Google classroom atau google kelas sama seperti ketika menggunakan gmail. ketika menggunakan google classroom, juga muncul foto profil di kanan atas.

Selain dengan mengeklik profil akun google yang berada di kanan atas, bisa juga menggunakan menu atau ikon tribar di kiri atas dengan cara berikut.

  1. Klik menu dengan ikon tribar di kiri atas
  2. Klik Setelan
  3. Klik ubah gambar

Selesai, sekarang foto profil Google sudah berganti dengan yang baru. Jika tidak kunjung berganti, tunggulah hingga 24 jam. Sistem dari Google terkadang membutuhkan waktu untuk menyesuaikan pergantian gambar profil.

Tips Memilih Foto Profil

Ketika mencari kerja, HRD akan melihat berbagai profil yang ada. Tidak hanya pas foto yang kamu masukkan sebagai persyaratan, tetapi juga foto profil email bisa juga menjadi pertimbangan. Makanya, foto profil ini perlu dimaksimalkan dengan baik untuk meningkatkan kemungkinan diterima kerja.

Sebenarya tidak hanya untuk mencari kerja, mencari nilai sekolah pun juga begitu. beberapa guru lebih menyukai siswa yang rajin, rapi, dan disiplin. Ini bisa tercermin di foto profil yang kamu gunakan. Ikuti tips berikut supaya foto profilmu terlihat bagus.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *