Sekarang, kebanyakan lamaran kerja sudah menggunakan email. Makanya, banyak yang mencari cara membuat lamaran kerja lewat email. Cukup lewat HP juga bisa.
Oh iya, sudah punya akun email belum? Kalau belum, ikuti cara membuat email Gmail terlebih dahulu.
Akun email dari Google ini paling banyak digunakan. Selain gratis dan fiturnya lengkap, aplikasi Google juga termasuk aplikasi dasar di HP Android. Setelah memiliki alamat email, barulah bisa mengikuti langkah membuat lamaran kerja lewat email di bawah.
Cara Membuat Email Lamaran Kerja
Cara membuat email lamaran kerja di Gmail sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mengirim email lainnya. Singkatnya, membuat email lamaran kerja bisa dilakukan dengan 1. Membuka Gmail, 2. Menuliskan alamat email tujuan, subjek, isi, dan 3. Mengupload attachment.
Baik menggunakan HP android maupun laptop, sebenarnya cara membuat email lamaran kerja tidak jauh berbeda. Beberapa perbedaan ada di letak tombol saja. Untuk lebih jelasnya ada di bawah.
Cara Membuat Email Lamaran Kerja Via HP
Tidak harus menggunakan laptop, sebenarnya, menggunakan HP juga bisa digunakan untuk mengirim lamaran kerja. Jangan lupa siapkan CV dan berkas dokumen lainnya supaya proses mengupload lampiran berjalan dengan lancar.
Langsung saja, ini dia langkahnya.
- Buka Gmail
- Tekan tombol tulis
tombol ini ada di kanan bawah - Masukkan alamat email tujuan, subjek, dan isi
- Masukkan lampiran
tombol ini ada di kanan atas halaman
Catatan: ada cara alternatif untuk mengirim lamaran kerja, yaitu dengan menekan lama file, kemudian kirimkan lewat Gmail. Maka akan masuk ke halaman penulisan email dengan file yang dipilih sudah terlampir.
Selesai, jagaan lupa, sebelum menekan tombol kirim, cek ulang alamat email tujuan, subjek, isi, dan lampiran. Jangan sampai salah ya.
Memang sih, ada cara untuk membatalkan email terkirim. Tetapi tidak semua email bisa diedit atau dibatalkan. Jadi pastikan email sudah dicek sebelum dikirimkan, ya.
ADVERTISEMENTS
Cara Membuat Email Lamaran Kerja Lewat Laptop
Sebagian banyak orang lebih suka menggunakan laptop untuk mengirim email, membuat cv, dan mengurus berkas atau dokumen lainnya untuk melamar kerja. Ini karena layar laptop yang lebih besar dan keyboard yang lebih nyaman digunakan untuk menulis.
Langsung saja, langkahnya ada di bawah sini.
- Buka Browser > buka Gmail
ketikkan “gmail.com” atau “mail.google.com” di adress bar - Ketuk tap atau tulis
tombol ini ada di kiri atas - Menuliskan alamat email tujuan, subjek, isi, dan
- Mengupload attachment
tombolnya ada di bawah halaman
Selesai, email akan masuk ke alamat email HRD. Sekali lagi, jangan lupa cek email terkirim ya. Cek dengan perlahan dan seksama jangan sampai ada typo. Dengan email lamaran kerja yang baik dan benar, HRD akan menilaimu dengan baik juga.
ADVERTISEMENTS
Cara Membuat Lampiran Email
Setelah membuat isi / body email, sekarang waktunya memasukkan lampirannya. Sebenarnya caranya sangat mudah, yaitu dengan mengeklik ikon lampiran/attachment yang berupa gambar klip kertas. Hanya saja banyak yang lupa dengan tombol untuk melampirkan file.
ADVERTISEMENTS
Untuk Melampirkan File Lewat HP
- Klik ikon lampiran atau attachment berbentuk klip kertas
- Pilih berkas yang mau dilampirkan. Untuk memilih banyak file bisa ditekan lama.
- Ok
Catatan: ketika menggunakan HP, proses melampirkan berkas bisa dilakukan menekan lama file yang yang akan dikirimkan > kirim/share via email.
ADVERTISEMENTS
Mengirim File Lewat Komputer
- Klik ikon lampiran
- Pilih file
- Ok
Catatan: ketika menggunakan laptop atau komputer, proses melampirkan berkas bisa dilakukan dengan cara drag n drop. Seret file dari folder ke kotak penulisan email.
Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mengirim Email Lamaran Kerja
Ketika melamar kerja, ada banyak dokumen lain yang harus dipersiapkan. Ini akan membantu HRD dalam menilai calon karyawan. Walaupun masing masing perusahaan memiliki ketentuan khusus, ada beberapa yang umum dijumpai.
Baca Juga
Apa saja lampiran surat lamaran kerja via email? Langsung saja ini dia dokumen yang biasa disertakan di email lamaran kerja.
- CV
- SKCK
- Ijazah
- sertifikat
- KTP
- Pas FOto
- Portofolio
- Pas foto
- Surat referensi
itu dia beberapa dokumen yang biaasa disiapkan untuk emlamar kerja.
Cara Membuat File PDF dari Microsoft Words
Mungkin banyak yang belum menyadari, kalau dari hanya dengan menggunakan Microsoft words, bisa membuat file pdf. Jadi tidak pelru menggunakan converter.
- Buka words > klik file di kiri atas
- Klik export > Create PDF Documents > Create PDF
- Pastikan nama file sudah sesuai
Ganti jika belum > Export
Selesai. Dengan membuat CV yang sederhana pun bisa digunakan untuk dilampirkan .
Banyak lamaran kejra yang mensyaratkan untuk mengirim file dalam bentuk pdf. Ini karena file dalam bentuk pdf memiliki format yang paten, tidak seperti file words (.doc dan .docx) yang sering berubah jika dibuka dari satu komputer ke komputer lain.
Isi Email Lamaran Kerja
Apa saja isi lamaran kerja via email? Isi lamaran kerja email juga mirip-mirip dengan surat lamaran kerja biasa. Ada pembukaan, isi, dan penutup surat. Isinya sebagai berikut.
Pembukaan
Bagian atas surat, biasanya berisi sapaan terhadap penerima email tersebut, yaitu HRD perusahaan. Tuliskan kepada Yth. HRD (nama perusahaan) atau nama HRD nya.
Isi/body
Pertama, jangan lupa perkenalkan diri dulu. Kemudian, jelaskan alasan kamu melamar pekerjaan, di mana kamu mendapatkan informasi tersebut. Kemudian ceritakan mengenai kemampuan dan pengalamanmu yang terkait dengan bidang pekerjaan tersebut.
Baru fresh graduate SMK? Tidak perlu khawatir, ceritakan pengalaman magang dan organisasi kalau ada. Jangan lupa sampaikan pemberitahuan bahwa berkas di lampirkan dan terima kasih.
Penutup
Gunakan kata-kata âHormat sayaâ atau âBest Regardsâ untuk menutup email tersebut.
Selesai, begitulah isi Cara membuat lamaran kerja. Kalau masih belum tahu kata-katanya, bisa ikuti beberapa contoh email lamaran kerja di bawah ya.
Contoh Email Lamaran Kerja
Kalau kalian masih bingung dengan kata-kata atau kalimat yang diunakan dalam email lamaran kerja, gunakan saja Contoh surat lamaran kerja di bawah.
Di contoh body lamaran kerja fresh graduate SMK ini bisa di lihat Apa saja isi lamaran kerja via email
Kepada: hrd@yamaha.com Subject: Junior Mekanik â Andika Hendri Yth. HRD Yamaha Naga Mas Yogyakarta, Sebelumnya, saya menemukan informasi lowongan pekerjaan sebagai mekanik di pamphlet yang ditempelkan di sekolah. Oleh karena itu saya mengirimkan email ini dengan maksud mendaftarkan diri sebgai Mekanik. Sebelumnya saya sempat magang sebagai mekanik di bengkel Muda Motor Yogyakarta dalam pengalaman tersebut, saya telah menangani berbagai jenis sepeda motor Yamaha. Selain itu saya juga bergabung di OSIS SMK Muhammadiah. Bersama dengan email ini saya lampirkan CV, SKCK, scan KTP, dan foto diri yang bisa dijadikan pertimbangan Bapak/Ibu. Terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang telah diberikan. Hormat Saya Andika Hendri |
Begitulah Contoh body email lamaran kerja fresh graduate SMK. Jangan lupa gunakan Bahasa yang baik dan sopan ya. Dengan begitu HRD akan memandangmu sebagai kandidat yang baik.
Contoh CV lamaran kerja
Kalau untuk contoh CV lamaran kerja, bisa menggunakan contoh di bawah. Kalian juga bisa mendownloadnya dengan klik link di sini.
Penutup
Begitulah cara membuat email lamaran kerja. Jika artikel tersebut dirasa masih kurang sreg, coba simak cara mengirim lamaran kerja via email berikut.
Cukup sampai di sini artikel kami, semoga bermanfaat dan sampai bertemu di artikel pintarjualan berikutnya.