Banyak sekali kegunaan dan manfaat ChatGPT untuk bisnis, seperti mengelola media sosial, membuat konten promosi, hingga optimasi dukungan layanan kepada para pelanggan.
Tak sedikit perusahaan di Indonesia bahkan di dunia memanfaatkan ChatGPT untuk mencapai target dan tujuan mereka.
Sebut saja seperti Coca Cola, Duolingo, Zendesk, Shopify, dan lainnya pun menggunakan aplikasi AI ini untuk memaksimalkan penjualan produk serta eskalasi bisnisnya.
Bagaimana bisa ChatGPT berperan begitu besar dalam dunia bisnis? Langsung saja baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.
Manfaat ChatGPT untuk Bisnis
Keberadaan ChatGPT rupanya memberikan sumbangsih cukup besar dalam dunia bisnis, terutama level UKM dan UMKM, hingga perusahaan skala besar.
Penasaran kan? Berikut manfaat ChatGPT untuk bisnis masa kini:
1. Pembuatan Konten Promosi
Manfaat ChatGPT untuk bisnis yang pertama adalah pembuatan konten promosi produk, brand, dan lini bisnis lainnya.
Maksudnya, baik ChatGPT-3.5 maupun ChatGPT-4 dapat kamu manfaatkan untuk:
- Membuat content planner (ide jadwal konten) dalam 30 hari
- Memberikan insight baru dalam menciptakan ideasi konten yang harus diproduksi dalam waktu singkat
- Produksi konten artikel dalam jumlah banyak selama satu hari
- Membantu membuat skrip atau narasi video yang akan dipublikasikan
- Bikin outline untuk tema/niche tertentu
- Optimasi SEO dan kata kunci yang kamu susun sebelum membuat dan menerbitkan konten
Contoh prompt:“saya seorang pebisnis ayam krispy pedas manis, tolong buatkan jadwal ide konten untuk media sosial saya selama 7 hari ke depan. Ini bukan caption ya, tetapi ide konten yang harus dibuat untuk bisnis saya”
Lalu apa jawaban ChatGPT? Berikut informasi yang diberikan oleh ChatGPT.
ADVERTISEMENTS
2. Layanan dan Dukungan Pelanggan
Kamu pasti menyadari, jika seorang pelanggan umumnya tidak suka menunggu dan anti dengan informasi yang tidak jelas ketika mereka membeli produk atau menanyakan fasilitas yang ditawarkan oleh toko/perusahaan tertentu.
Oleh karena itu, memberikan layanan secepat mungkin dan melontarkan jawaban yang tepat agar mereka tidak kecewa sangatlah penting guna menjaga reputasi bisnis yang kamu bangun.
Nah, di sinilah peran ChatGPT untuk bisnis, yakni membantu kamu untuk:
- Menciptakan interaksi yang mendalam dan menjawab komplain pelanggan dengan baik, sopan, dan benar
- Membuat jawaban yang bersifat standar sebagai bentuk respon pada pelanggan (terutama ketika toko sedang offline)
- Memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanan pada pelanggan
- Mengirim pemberitahuan akan datangnya produk baru melalui email dan chat
- Menyediakan informasi yang diperlukan oleh pelanggan
Contoh prompt:“Saya dapat komplain dari pelanggan. Mereka mengirim chat yang berbunyi “produk pelembab ini tidak cocok untuk kulitku. Bagaimana dong ini?”
Tolong buatkan jawaban atas komplain tersebut dengan sopan, baik, dan mampu mengurangi rasa kecewa mereka”
Dan beginilah ChatGPT menjawabnya:
Jika kamu sedang menjalankan bisnis perawatan tubuh dan skincare, coba gunakan ChatGPT untuk menghadapi para pelanggan.
ADVERTISEMENTS
3. Membuat Deskripsi Produk
Manfaat ChatGPT untuk bisnis selanjutnya adalah membantu para penjual membuat deskripsi produk.
Aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang jualan di Twitter, Instagram, TikTok Shop, marketplace Facebook, hingga e-Commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, dan sebagainya.
Bukan hanya deskripsi produk dalam bahasa Indonesia saja, ChatGPT juga bisa membantu membuatkan deskripsi produk dalam bahasa Inggris.
Cocok sekali bagi kamu yang sedang mengelola toko online di Etsy, Alibaba, dan marketplace luar negeri lainnya.
Bagaimana cara membuat deskripsi produk yang menarik minat pembeli lewat ChatGPT? Inilah contoh prompt yang bisa kamu tiru:
“Saya seorang penjual produk pelangsing dan suplemen penggemuk badan. Tolong buatkan deskripsi produk yang menarik rasa penasaran pembeli. Buatkan deskripsi produk yang spesifik ya”
Lalu bagaimana prompt untuk membuat deskripsi produk dalam bahasa Inggris? Kamu bisa menggunakan ChatGPT-4 untuk menghasilkan informasi yang jauh lebih relevan dan bagus.
Namun, menggunakan ChatGPT-3.5 pun tak masalah asalkan perintah dan instruksi yang kamu buat sudah benar.
Contoh promptpembuatan deskripsi produk dalam bahasa Inggris:
“Tolong buatkan deskripsi produk dalam bahasa Inggris disertai hashtag ya. Produk yang saya jual adalah lampu antik dengan daya 50 watt. Barang masih bagus dan dijual dengan harga $28”
ADVERTISEMENTS
4. Manajemen Email
Baca Juga
ChatGPT punya peran penting dalam pengelolaan atau manajemen email suatu perusahaan.
Dibandingkan mengetik secara manual, tentunya kurang efisien bukan? Makanya sekarang banyak perusahaan menggunakan ChatGPT dan mengkombinasikannya dengan email marketing tools untuk menjaga kinerja bisnis mereka.
Apa saja manfaat ChatGPT untuk bisnis khususnya dalam mengelola email?
- ChatGPT dapat diandalkan sebagai alat untuk membuat punchy email (pitching email marketing service) yang berisi penawaran fitur, fasilitas, produk, dan lain-lain
- Membuat daftar pertanyaan kuisioner yang akan dikirim ke klien yang sedang mencari cara serta tips untuk membangun bisnis mereka
- Manajemen email dan manajemen kalender (membuat draft yang berisi teks undangan di kalender)
- Merapikan draft email dengan cepat
- Membuat balasan template untuk klien bisnis
- Mengoreksi balasan email yang akan dikirim ke klien atau penerima
Sebagai pelengkap, cobalah simak contoh prompt berikut:
“Saya seorang pemilik usaha jasa pembuatan aplikasi untuk keperluan bisnis. Saat ini saya ingin membuat pitching email yang berisi penawaran produk aplikasi untuk sebuah salon yang ingin mengembangkan usahanya. Tolong buatkan pitching email dalam bahasa indonesia yang berisi penawaran aplikasi dan rincian fitur yang direkomendasikan untuk pemilik salon tersebut,
subject: Tingkatkan jumlah pelanggan dan penghasilan salon dengan aplikasi kustom”
Inilah jawaban yang diberikan oleh ChatGPT secara lengkap dan tepat sesuai ekspektasi:
Selain itu, kamu juga bisa menggunakan ChatGPT untuk membalas email dari klien dengan cepat dalam bahasa Inggris.
Contoh prompt:
ADVERTISEMENTS
5. Mengelola Media Sosial untuk Bisnis
Mau bikin kata-kata promosi baju secara online di Instagram atau media sosial lain? Coba gunakan ChatGPT.
Banyak manfaat ChatGPT untuk bisnis, terutama dalam mengelola media sosial sebagai alat promosi produk dan terhubung dengan jutaan konsumen di seluruh dunia.
Berikut kegunaan ChatGPT untuk manajemen media sosial lainnya yang bisa kamu maksimalkan antara lain:
- Membuat narasi kampanye brand atau akun media sosial
- Membuat kalender untuk update konten setiap harinya
- Mencari hashtag (tagar) yang viral dan relevan dengan konten yang mau dipublikasikan
- Menyempurnakan copywriting
- Membuat judul (caption IG) yang menarik, kreatif, humoris, dan unik
- Merespon komentar di media sosial (terutama untuk bisnis skala kecil yang belum ingin memanfaatkan chatbot berbayar)
- Buat kalimat promosi yang dikirim melalui DM
- Menemukan influencer atau selebgram yang cocok dengan konten milik sendiri
- Membuat salinan atau narasi iklan media sosial sesuai target audiens
Contoh prompt:
“saya menjual produk penghilang kerak kamar mandi. Tolong buatkan caption dan hashtag yang paling banyak digunakan oleh pengguna di media sosial”
Bahkan kamu juga bisa meminta rekomendasi nama influencer serta selebgram yang ingin diajak kolaborasi atau menawarkan endorsement produk yang hendak kamu untuk promosikan.
Berikut contoh prompt yang bisa kamu gunakan:
“Tolong rekomendasikan 10 nama influencer yang fokus membuat konten kuliner”
Mudah kan cara menggunakan ChatGPT untuk bisnis? Kamu juga bisa memodifikasi contoh prompt di atas sesuai keperluan.
FAQ
Apa manfaat ChatGPT untuk dunia bisnis?
ChatGPT punya banyak manfaat untuk bisnis. Seperti membuat deskripsi produk, membuat konten marketing, memaksimalkan pelayanan pelanggan, manajemen email, dan lain-lain.
Lebih bagus ChatGPT-3 atau ChatGPT-4 untuk bisnis?
Bagi bisnis skala kecil menengah bisa menggunakan ChatGPT-3.5 untuk berbagai kebutuhan, sementara bagi perusahaan skala besar direkomendasikan pakai ChatGPT-4 karena mampu menyelesaikan instruksi yang rumit dan kompleks.
Kesimpulan
Jika kamu bisa memaksimalkan atau membuat prompt yang tepat, maka bisa merasakan manfaat ChatGPT untuk bisnis secara langsung.
Apalagi jika kamu sudah terbiasa belajar internet marketing, maka tidak sulit mengoperasikan ChatGPT sebagai alat untuk memaksimalkan peluang bisnis yang ada sekarang.
Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar ekpedisi khususnya Shopee Express Standard dan Instant dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.
Sumber:
- Tulisan di atas merupakan hasil uji coba dan riset penulis dengan memanfaatkan ChatGPT demi menghasilkan artikel yang insightful bagi pembaca.