Beberapa cara komplain Lazada Express (LEX ID) bisa kamu coba; apabila paket belanja mengalami kendala saat proses pengiriman. Misalkan saja barang tidak kunjung sampai rumah, padahal sudah melebihi estimasi pengiriman.
Untuk itu, kamu perlu melakukan tindakan, yakni menghubungi pihak Customer Service dari Lazada. Supaya mendapat solusi praktis agar masalah bisa lekas selesai. Dalam konten ini akan dibahas beberapa hal, di antaranya:
- Mengenal layanan Lazada Express dan kelebihannya,
- Langkah mudah untuk ajukan keluhan ke CS Lazada.
Namun sebelum itu, ketuk Bookmark (â) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar sewaktu-waktu bisa diakses kembali. Jika sudah, mari kita mulai dari yang paling simpel: mengenal LEX ID.
Apa itu Lazada Express?
Lazada Express (atau yang biasa disebut LEX ID) adalah layanan ekspedisi milik Lazada untuk mengirim paket ke alamat rumah pelanggan. Layanan ini hanya dapat dinikmati oleh pengguna yang membeli barang di marketplace Lazada.
Keunggulan utama yang ditawarkan oleh Lazada Express adalah metode pembayaran COD. LEX termasuk salah satu pionir untuk sistem pembayaran praktis ini.
Sejauh ini, sudah ada >50 kantor cabang di Indonesia. Namun jika nantinya pengiriman tidak dapat dijangkau oleh LEX ID, maka jangan khawatir.
Karena, Lazada sudah menggandeng beberapa partner resmi, seperti:
- JNE Express,
- SiCepat Ekspres,
- Ninja Xpress,
- GrabSend (khusus pengiriman dalam kota),
- GoSend (khusus pengiriman dalam kota).
Jika barang pembeli tidak terjangkau LEX ID, maka akan diteruskan ke ekspedisi-ekspedisi di atas untuk dikirimkan ke alamat penerima. Jadi tidak ada penolakan pesanan apabila belum ada jangkauan.
Dengan ini, tidak heran apabila Lazada tetap mendapat tempat bagi pengguna di Indonesia. Menurut iPrice.co.id, Lazada menempati peringkat ke-4 untuk ecommerce terbesar di Indonesia.
Menurut asumsi kami, hal ini juga tak lepas dari kemudahan berbelanja lewat fitur COD dari LEX ID. Namun, kemudahan ini tidak lepas dari beberapa kendala: pengiriman terlambat, barang rusak, atau bahkan hilang.
Untuk itu, kamu bisa ajukan komplain ke pihak Customer Care Lazada. Lihat sesi di bawah untuk penjelasan selengkapnya.
Baca juga:
Cara Cek Resi Pengiriman LEX ID Lazada Express [Praktis & Cepat]
Cara Komplain Lazada Express
Langkah-langkah untuk mengajukan komplain ke Customare Care Lazada Express (LEX ID) bisa bermacam-macam, di antaranya:
- Call center (berbayar),
- Akun Twitter resmi,
- Fitur live chat,
- Email resmi.
Berikut penjelasan selengkapnya.
ADVERTISEMENTS
Melalui Call Center
Apabila kamu menginginkan respon yang cepat dan tidak ingin menunggu lama, maka bisa menelepon CS Lazada.
Dengan catatan, kamu perlu menyiapkan biaya untuk telepon (pulsa prabayar). Sejauh ini kami belum menemukan informasi terkait berapa Rp/menit untuk biaya telepon ke nomor resmi Lazada Indonesia.
Namun kalau kamu ingin mencoba, maka bisa menghubungi nomor di bawah ini.
- Call center Lazada Indonesia: (021) 8064-0090
- Jam kerja hari Senin s/d Minggu: 09.00 – 17.00 WIB
Kelebihan cara ini, tentunya respon CS Lazada akan jauh lebih cepat dibanding media-media lainnya. Jangan lupa untuk sertakan nomor resi LEX ID sekaligus sampaikan keluhan yang kamu alami, ya.
ADVERTISEMENTS
Melalui Twitter
Belum lama ini (Januari 2021), Lazada meluncurkan sebuah akun Twitter khusus untuk menanggapi keluhan dari pengguna.
Akun tersebut sudah dicantumkan dalam bio akun resmi Lazada di @LazadaID. Jadi, tidak perlu diragukan untuk keasliannya, meski baru dibuat beberapa bulan.
Berikut tangkapan layar dari akun Twitter Lazada:
Nah, untuk akun Lazada khusus dukungan pelanggan, kamu bisa Follow (?) dan tanya-tanya langsung via DM di akun berikut:
Baca Juga
Di sana kamu bisa langsung sampaikan kendalanya apa + nomor resi (AWB) yang tertera pada pesanan di dashboard Lazada. Setelah itu tinggal menunggu balasan dan saran dari CS Lazada.
Baca juga:
Cara Komplain JNE Express untuk Pengiriman Terlambat, Rusak, Hilang
ADVERTISEMENTS
Melalui Live Chat
Lazada Express juga memiliki fitur live chat untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang sering dialami oleh pengguna.
Masalah-masalah ini biasanya berkutat pada hal-hal berikut:
- Status pesanan,
- Pembatalan pesanan,
- Pengembalian barang.
Melalui fitur ini, semua masalah di atas dapat langsung teratasi. Nantinya akan ada jawaban chat yang memandu pengguna untuk melakukan tindakan tertentu.
Untuk lebih jelasnya, berikut rincian langkah-langkahnya.
1. Buka laman berikut: Live Chat Lazada.
2. Pada laman utama live chat Lazada, ketuk tombol “Chat with Customer Care” untuk mengajukan keluhan.
Caranya? Lihat gambar berikut:
3. Nantinya, akan muncul popup baru untuk login. Silakan masuk menggunakan email dan password akun Lazada kamu. Atau, bisa login via Google atau Facebook.
4. Setelah login, kamu bisa langsung ajukan pertanyaan via chat box. Pertanyaan ini dijawab otomatis oleh robot, sehingga bisa diakses selama 24 jam non-stop.
Berikut contoh tampilan live chat-nya:
Cara komplain via live chat ini memiliki kelebihan pada jam kerja yang tidak terbatas, alias bisa diakses kapan pun.
Namun juga punya kekurangan, yaitu terbatas pada masalah status pesanan, pembatalan pesanan, dan pengembalian barang & dana. Di luar masalah itu, kamu perlu menghubungi CS Lazada untuk tindakan lebih lanjut.
Baca juga:
Cara Mengajukan Komplain SiCepat (Pengiriman Terlambat, Rusak, Hilang)
ADVERTISEMENTS
Melalui Email
Cara terakhir yang bisa kamu coba adalah menghubungi lewat email resmi Lazada Indonesia. Cocok apabila kamu memiliki dokumen foto dan video, serta lebih nyaman menyampaikan keluhan lewat tulisan.
Berikut email resmi dari Lazada Indonesia:
- Email Lazada: support@lazada.co.id
Dalam email yang dikirim, kamu perlu menuliskan nomor resi + keluhan yang ingin disampaikan.
Sedangkan pada subjek email, bisa tulis dengan kalimat judul seperti ini: [Komplain] Pengiriman LEX ID Rusak – No AWB. xxxxx (isi nomor resi kamu)
Kelemahan menggunakan cara ini, tentu waktu balas yang tidak menentu. Bisa jadi cepat, bisa jadi fast response. Namun untuk jaga-jaga, kamu bisa menggunakan cara lainnya yang sudah disampaikan di atas tadi.
Rangkuman
[su_note]- Lazada Express (LEX ID) hanya dapat dinikmati jika membeli barang lewat Lazada. Keunggulan utama yang dimiliki ialah ongkos kirim yang hemat dan bisa menggunakan metode pembayaran COD (bayar di tempat).
- Cara komplain ke Customer Care Lazada bisa melalui beberapa media: (1) Call center (021) 8064-0090, (2) Twitter @lazadacare_id, (3) Live chat, (4) Email support@lazada.co.id.
- Permasalahan pengiriman yang paling sering dialami oleh pengguna antara lain: (1) Cek status pesanan, (2) Pembatalan pesanan, (3) Pengembalian barang dan dana.
Bagaimana, cukup mudah dan praktis, bukan? Sekarang kamu sudah tidak perlu khawatir lagi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti misalkan, pengiriman terlambat atau barang yang diterima rusak/cacat.
Mungkin cukup sampai di sini dulu dari kami. Mudah-mudahan bisa membantu. Jika kamu suka konten seperti ini, silakan Follow IG (?) kami di @PintarJualan.id. Karena di sana kami juga membuat konten serupa dan kamu bisa ikutan diskusi juga.
Silakan Bookmark (â) konten ini agar bisa diakses sewaktu-waktu nanti (karena kami akan perbarui secara berkala). Akhir kata, terima kasih sudah membaca sampai sini, yaa~ ?
lex id ,,,,, saya kecewa dengan kurir yg nganter barang ,,,
saya nunggu sampe 24 jam di rumah ,,,
kurir ngga dateng …
tapi keterangan barang di kembalikan kepenjual …
apa anda sehat ?
Wah brati ga sehat tuh Kak. Brati ini kasusnya barang belum diterima tapi sudah diretur ke penjual ya kak? Langung ajukan protes atau komplain ke ekspedisinya kak biar ga terjadi pada pengguna lain.
Makasih untuk tips dan triksnya
jual container reefer