Beberapa cara komplain Lazada Express (LEX ID) bisa kamu coba; apabila paket belanja mengalami kendala saat proses pengiriman. Misalkan saja barang tidak kunjung sampai rumah, padahal sudah melebihi estimasi pengiriman.
Untuk itu, kamu perlu melakukan tindakan, yakni menghubungi pihak Customer Service dari Lazada. Supaya mendapat solusi praktis agar masalah bisa lekas selesai. Dalam konten ini akan dibahas beberapa hal, di antaranya:
- Mengenal layanan Lazada Express dan kelebihannya,
- Langkah mudah untuk ajukan keluhan ke CS Lazada.
Namun sebelum itu, ketuk Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar sewaktu-waktu bisa diakses kembali. Jika sudah, mari kita mulai dari yang paling simpel: mengenal LEX ID.
Apa itu Lazada Express?
Lazada Express (atau yang biasa disebut LEX ID) adalah layanan ekspedisi milik Lazada untuk mengirim paket ke alamat rumah pelanggan. Layanan ini hanya dapat dinikmati oleh pengguna yang membeli barang di marketplace Lazada.
Keunggulan utama yang ditawarkan oleh Lazada Express adalah metode pembayaran COD. LEX termasuk salah satu pionir untuk sistem pembayaran praktis ini.
Sejauh ini, sudah ada >50 kantor cabang di Indonesia. Namun jika nantinya pengiriman tidak dapat dijangkau oleh LEX ID, maka jangan khawatir.
Karena, Lazada sudah menggandeng beberapa partner resmi, seperti:
- JNE Express,
- SiCepat Ekspres,
- Ninja Xpress,
- GrabSend (khusus pengiriman dalam kota),
- GoSend (khusus pengiriman dalam kota).
Jika barang pembeli tidak terjangkau LEX ID, maka akan diteruskan ke ekspedisi-ekspedisi di atas untuk dikirimkan ke alamat penerima. Jadi tidak ada penolakan pesanan apabila belum ada jangkauan.
Dengan ini, tidak heran apabila Lazada tetap mendapat tempat bagi pengguna di Indonesia. Menurut iPrice.co.id, Lazada menempati peringkat ke-4 untuk ecommerce terbesar di Indonesia.
Menurut asumsi kami, hal ini juga tak lepas dari kemudahan berbelanja lewat fitur COD dari LEX ID. Namun, kemudahan ini tidak lepas dari beberapa kendala: pengiriman terlambat, barang rusak, atau bahkan hilang.
Untuk itu, kamu bisa ajukan komplain ke pihak Customer Care Lazada. Lihat sesi di bawah untuk penjelasan selengkapnya.
Baca juga:
Cara Cek Resi Pengiriman LEX ID Lazada Express [Praktis & Cepat]
Cara Komplain Lazada Express
Langkah-langkah untuk mengajukan komplain ke Customare Care Lazada Express (LEX ID) bisa bermacam-macam, di antaranya:
- Call center (berbayar),
- Akun Twitter resmi,
- Fitur live chat,
- Email resmi.
Berikut penjelasan selengkapnya.
Melalui Call Center
Apabila kamu menginginkan respon yang cepat dan tidak ingin menunggu lama, maka bisa menelepon CS Lazada.
Dengan catatan, kamu perlu menyiapkan biaya untuk telepon (pulsa prabayar). Sejauh ini kami belum menemukan informasi terkait berapa Rp/menit untuk biaya telepon ke nomor resmi Lazada Indonesia.
Namun kalau kamu ingin mencoba, maka bisa menghubungi nomor di bawah ini.
- Call center Lazada Indonesia: (021) 8064-0090
- Jam kerja hari Senin s/d Minggu: 09.00 – 17.00 WIB
Kelebihan cara ini, tentunya respon CS Lazada akan jauh lebih cepat dibanding media-media lainnya. Jangan lupa untuk sertakan nomor resi LEX ID sekaligus sampaikan keluhan yang kamu alami, ya.
Melalui Twitter
Belum lama ini (Januari 2021), Lazada meluncurkan sebuah akun Twitter khusus untuk menanggapi keluhan dari pengguna.
Akun tersebut sudah dicantumkan dalam bio akun resmi Lazada di @LazadaID. Jadi, tidak perlu diragukan untuk keasliannya, meski baru dibuat beberapa bulan.
Berikut tangkapan layar dari akun Twitter Lazada:
Nah, untuk akun Lazada khusus dukungan pelanggan, kamu bisa Follow (👋) dan tanya-tanya langsung via DM di akun berikut:
Di sana kamu bisa langsung sampaikan kendalanya apa + nomor resi (AWB) yang tertera pada pesanan di dashboard Lazada. Setelah itu tinggal menunggu balasan dan saran dari CS Lazada.
Baca juga:
Cara Komplain JNE Express untuk Pengiriman Terlambat, Rusak, Hilang
Melalui Live Chat
Lazada Express juga memiliki fitur live chat untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang sering dialami oleh pengguna.
Masalah-masalah ini biasanya berkutat pada hal-hal berikut:
- Status pesanan,
- Pembatalan pesanan,
- Pengembalian barang.
Melalui fitur ini, semua masalah di atas dapat langsung teratasi. Nantinya akan ada jawaban chat yang memandu pengguna untuk melakukan tindakan tertentu.
Untuk lebih jelasnya, berikut rincian langkah-langkahnya.
1. Buka laman berikut: Live Chat Lazada.
2. Pada laman utama live chat Lazada, ketuk tombol “Chat with Customer Care” untuk mengajukan keluhan.
Caranya? Lihat gambar berikut:
3. Nantinya, akan muncul popup baru untuk login. Silakan masuk menggunakan email dan password akun Lazada kamu. Atau, bisa login via Google atau Facebook.
4. Setelah login, kamu bisa langsung ajukan pertanyaan via chat box. Pertanyaan ini dijawab otomatis oleh robot, sehingga bisa diakses selama 24 jam non-stop.
Berikut contoh tampilan live chat-nya:
Cara komplain via live chat ini memiliki kelebihan pada jam kerja yang tidak terbatas, alias bisa diakses kapan pun.
Namun juga punya kekurangan, yaitu terbatas pada masalah status pesanan, pembatalan pesanan, dan pengembalian barang & dana. Di luar masalah itu, kamu perlu menghubungi CS Lazada untuk tindakan lebih lanjut.
Baca juga:
Cara Mengajukan Komplain SiCepat (Pengiriman Terlambat, Rusak, Hilang)
Melalui Email
Cara terakhir yang bisa kamu coba adalah menghubungi lewat email resmi Lazada Indonesia. Cocok apabila kamu memiliki dokumen foto dan video, serta lebih nyaman menyampaikan keluhan lewat tulisan.
Berikut email resmi dari Lazada Indonesia:
- Email Lazada: support@lazada.co.id
Dalam email yang dikirim, kamu perlu menuliskan nomor resi + keluhan yang ingin disampaikan.
Sedangkan pada subjek email, bisa tulis dengan kalimat judul seperti ini: [Komplain] Pengiriman LEX ID Rusak – No AWB. xxxxx (isi nomor resi kamu)
Kelemahan menggunakan cara ini, tentu waktu balas yang tidak menentu. Bisa jadi cepat, bisa jadi fast response. Namun untuk jaga-jaga, kamu bisa menggunakan cara lainnya yang sudah disampaikan di atas tadi.
Rangkuman
- Lazada Express (LEX ID) hanya dapat dinikmati jika membeli barang lewat Lazada. Keunggulan utama yang dimiliki ialah ongkos kirim yang hemat dan bisa menggunakan metode pembayaran COD (bayar di tempat).
- Cara komplain ke Customer Care Lazada bisa melalui beberapa media: (1) Call center (021) 8064-0090, (2) Twitter @lazadacare_id, (3) Live chat, (4) Email support@lazada.co.id.
- Permasalahan pengiriman yang paling sering dialami oleh pengguna antara lain: (1) Cek status pesanan, (2) Pembatalan pesanan, (3) Pengembalian barang dan dana.
Bagaimana, cukup mudah dan praktis, bukan? Sekarang kamu sudah tidak perlu khawatir lagi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti misalkan, pengiriman terlambat atau barang yang diterima rusak/cacat.
Mungkin cukup sampai di sini dulu dari kami. Mudah-mudahan bisa membantu. Jika kamu suka konten seperti ini, silakan Follow IG (👋) kami di @PintarJualan.id. Karena di sana kami juga membuat konten serupa dan kamu bisa ikutan diskusi juga.
Silakan Bookmark (⭐) konten ini agar bisa diakses sewaktu-waktu nanti (karena kami akan perbarui secara berkala). Akhir kata, terima kasih sudah membaca sampai sini, yaa~ 🤗
Ingin menyampaikan kepada pihak lazada, dari tanggal 4 Juli 2021 dan tgl 5 pagi saya transfer pembayaran via alfamart, tapi sampai sekarang blum ada kabar. Sy chat pihak teseller tidak ada jawaban
Silakan ajukan komplain kepada pihak Lazada (bukan justru ke kami ya 😊 karena kami tidak berafiliasi dengan Lazada) jika melebihi estimasi, panduannya sudah kami jelaskan di atas, ya, Kak. Terima kasih
Saya mau komplain kenapa paket saya ga sampe2 saya pesen dari tanggal 15juni sampe sekarang belum ada kabar distatus akan dikirim tapi udah 5 hari gitu2 aja mohon infonya
Silakan ajukan komplain kepada pihak Lazada (bukan justru ke kami ya 😊 karena kami tidak berafiliasi dengan Lazada) jika melebihi estimasi, panduannya sudah kami jelaskan di atas, ya, Kak. Terima kasih
Bpk/ibu yg bertugas d lazada mhon d bntu sya.. Pembelian cip sya tlah d curangi pihak toko yg brgabung d lazada,,, sya sdah melakukan pngiriman atau tf uang,, tpi pesanan saya tdk ad d antar atau d konfirmasi..
Silakan ajukan komplain kepada pihak Lazada (bukan justru ke kami ya 😊 karena kami tidak berafiliasi dengan Lazada) jika melebihi estimasi, panduannya sudah kami jelaskan di atas, ya, Kak. Terima kasih
Ini no toko yg brgabung d lazada. 083189974445,,,dan ini no wa sya 083183343315…mhon d bntu bpk / ibu…
mohon maaf ya pak/bu, silahkan hubungi langsung ke pihak lazada ya
Saya ingin membatalkan pesanan saya karena terlalu lama pengirimnya
Dengan nomor resi : LXAD-2333285546
Silakan ajukan komplain kepada pihak Lazada (bukan justru ke kami ya 😊 karena kami tidak berafiliasi dengan Lazada) jika melebihi estimasi, panduannya sudah kami jelaskan di atas, ya, Kak. Terima kasih
Menyampaikan keluan barang yg dikirim …tidak sampai . Kurir tidak menelpone .tapi distatus pengiriman barang sudah diterima …kurir tidak ada no telpone … Email support@lazada.co.id tidak sampai telpone tidak bisa selalu sibukk ..
LXAD-2370115504. Kurir Ivan winaldo pengiriman Lex ID
Bu komplain langsung melalui bantuan nanti bakal ada pertanyaan dr ladzada . Nah disitu ibu bisa ajukan untuk consultasi dengan costumer service . Maka ibu bisa mengadukan secara langsng . Disitu ibu akan di bantu sy pun begitu Bu
terimakasih atas bantuan jawabannya ya kak
Sudah mencoba menghubungi call canter lazada kak?
Udah 2x pesanan saya selalu di batalkan expedisi dengan alasan alamat tidak sesuai,dan tdk ada konfirmasi dari kurir nya pdahal no hp ada untuk via wa dan alamat sya tdk berubah,saya belanja di lazada bukan pertama kali sebelum pake expedisi lex id pesanan sya selalu sampai.
Bu komplain langsung melalui bantuan nanti bakal ada pertanyaan dr ladzada . Nah disitu ibu bisa ajukan untuk consultasi dengan costumer service . Maka ibu bisa mengadukan secara langsng . Disitu ibu akan di bantu sy pun begitu Bu
terimakasih atas bantuan jawabannya ya kak
Kakak bisa komplain ke call center lazada atau menghubungi pihak kurirnya yaa
Serba lambat belanja di lazada ini,,kurir nya sih pulih yg super lelet,,
Sabar ya kak, mungkin sedang overload jadi banyak barang yang terlambat
Barang yang saya beli tidak sesuai dengan yang sampai gimana sih pihak lazada ini masih mau memberikan peluang bagi penjual yang tidak memiliki etika dagang
Hallo kak, kami hanya menyampaikan informasi ya. Bukan dari pihak lazada atau kurir. Jika mengalami kendala, bisa komplain langsung dengan cara diatas kak. Terimakasih 🙂
Kurir yg bernama Enjang itu sya sangat2 tidak suka ,knpa kurir y kasar ngmong y tidak sopan , bnr2 saya kesel bgt sakit hati bgt
Waduh, yang sabar ya kak
Tlg dong uang sya balikin,, pesen lemari DTG cm kertas ,, di batalin dr toko nya tp smpa skrg g d di balikin tu duit …. Mana tanggung jwb nya
Hallo kak, kami hanya menyampaikan informasi ya. Bukan dari pihak lazada atau kurir. Jika mengalami kendala, bisa komplain langsung dengan cara diatas kak. Terimakasih 🙂
Saya sudah bayar pakai dana, setelah paket di kirimkan ke alamat yg sesuai, kurir bilang hrga pesanan ke mami saya, karena mami saya tidak tau, maka mami saya bayar seharga yg kurir sampaikan, mohon kembalikan uang saya, biar tidak seberapa itu bukan hak nya. Kurirnya tidak jujur.
Kurir a/n Niko Setiawan ICFT
No resi : LXAD-2459735106
Jasa pengiriman : LEX ID
Hallo kak, kami hanya menyampaikan informasi ya. Bukan dari pihak lazada. Jika mengalami kendala, bisa komplain langsung dengan cara diatas kak. Terimakasih 🙂
Hallo kak, kami hanya menyampaikan informasi ya. Bukan dari pihak lazada atau kurir. Jika mengalami kendala, bisa komplain langsung dengan cara diatas kak. Terimakasih 🙂
Kak bagaimana caranya membatalkan paket yang sudah dikirimkan
Bisa hubungi langsung ke penjual melalui chat ya
Aduh kalau mau komplain Lazada kan ada nomor telepon yang di infokan ..
Telepon aja langsung ke nomor telepon
02180640090 untuk jam operasionalnya Senin s/d Jumat 09.00 Wib s/d 17.00 Wib
terimakasih atas tambahan informasinya kak
Tolong dong untuk kurir nya .. klo paket ke tujuan jangan di titip2kan . Itu namanya bukan ke alamat tujuan . Mana gak ada pemberitahuan dari wa ato via telepon . Main asal titip2 aja
Hallo kak, kami hanya menyampaikan informasi ya. Bukan dari pihak lazada atau kurir. Jika mengalami kendala, bisa komplain langsung dengan cara diatas kak. Terimakasih 🙂