Advertisement

Cara Komplain Lazada Express untuk Paket yang Bermasalah (Hilang / Rusak)

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
27 April 2021
Waktu membaca
5 Menit

Beberapa cara komplain Lazada Express (LEX ID) bisa kamu coba; apabila paket belanja mengalami kendala saat proses pengiriman. Misalkan saja barang tidak kunjung sampai rumah, padahal sudah melebihi estimasi pengiriman.

Untuk itu, kamu perlu melakukan tindakan, yakni menghubungi pihak Customer Service dari Lazada. Supaya mendapat solusi praktis agar masalah bisa lekas selesai. Dalam konten ini akan dibahas beberapa hal, di antaranya:

  • Mengenal layanan Lazada Express dan kelebihannya,
  • Langkah mudah untuk ajukan keluhan ke CS Lazada.

Namun sebelum itu, ketuk Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar sewaktu-waktu bisa diakses kembali. Jika sudah, mari kita mulai dari yang paling simpel: mengenal LEX ID.

 

Apa itu Lazada Express?

Lazada Express (atau yang biasa disebut LEX ID) adalah layanan ekspedisi milik Lazada untuk mengirim paket ke alamat rumah pelanggan. Layanan ini hanya dapat dinikmati oleh pengguna yang membeli barang di marketplace Lazada.

logo ekspedisi lazada express

Keunggulan utama yang ditawarkan oleh Lazada Express adalah metode pembayaran COD. LEX termasuk salah satu pionir untuk sistem pembayaran praktis ini.

Sejauh ini, sudah ada >50 kantor cabang di Indonesia. Namun jika nantinya pengiriman tidak dapat dijangkau oleh LEX ID, maka jangan khawatir.

Karena, Lazada sudah menggandeng beberapa partner resmi, seperti:

  • JNE Express,
  • SiCepat Ekspres,
  • Ninja Xpress,
  • GrabSend (khusus pengiriman dalam kota),
  • GoSend (khusus pengiriman dalam kota).

Jika barang pembeli tidak terjangkau LEX ID, maka akan diteruskan ke ekspedisi-ekspedisi di atas untuk dikirimkan ke alamat penerima. Jadi tidak ada penolakan pesanan apabila belum ada jangkauan.

Dengan ini, tidak heran apabila Lazada tetap mendapat tempat bagi pengguna di Indonesia. Menurut iPrice.co.id, Lazada menempati peringkat ke-4 untuk ecommerce terbesar di Indonesia.

Menurut asumsi kami, hal ini juga tak lepas dari kemudahan berbelanja lewat fitur COD dari LEX ID. Namun, kemudahan ini tidak lepas dari beberapa kendala: pengiriman terlambat, barang rusak, atau bahkan hilang.

Untuk itu, kamu bisa ajukan komplain ke pihak Customer Care Lazada. Lihat sesi di bawah untuk penjelasan selengkapnya.

Baca juga:
Cara Cek Resi Pengiriman LEX ID Lazada Express [Praktis & Cepat]

Cara Komplain Lazada Express

Langkah-langkah untuk mengajukan komplain ke Customare Care Lazada Express (LEX ID) bisa bermacam-macam, di antaranya:

  • Call center (berbayar),
  • Akun Twitter resmi,
  • Fitur live chat,
  • Email resmi.

Berikut penjelasan selengkapnya.

Melalui Call Center

Apabila kamu menginginkan respon yang cepat dan tidak ingin menunggu lama, maka bisa menelepon CS Lazada.

Dengan catatan, kamu perlu menyiapkan biaya untuk telepon (pulsa prabayar). Sejauh ini kami belum menemukan informasi terkait berapa Rp/menit untuk biaya telepon ke nomor resmi Lazada Indonesia.

Namun kalau kamu ingin mencoba, maka bisa menghubungi nomor di bawah ini.

  • Call center Lazada Indonesia: (021) 8064-0090
  • Jam kerja hari Senin s/d Minggu: 09.00 – 17.00 WIB

Kelebihan cara ini, tentunya respon CS Lazada akan jauh lebih cepat dibanding media-media lainnya. Jangan lupa untuk sertakan nomor resi LEX ID sekaligus sampaikan keluhan yang kamu alami, ya.

Melalui Twitter

Belum lama ini (Januari 2021), Lazada meluncurkan sebuah akun Twitter khusus untuk menanggapi keluhan dari pengguna.

Akun tersebut sudah dicantumkan dalam bio akun resmi Lazada di @LazadaID. Jadi, tidak perlu diragukan untuk keasliannya, meski baru dibuat beberapa bulan.

Berikut tangkapan layar dari akun Twitter Lazada:

twitter lazada care

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

36 Comments

  1. Yudhistira Eka Irawan berkata:

    Ingin menyampaikan kepada pihak lazada, dari tanggal 4 Juli 2021 dan tgl 5 pagi saya transfer pembayaran via alfamart, tapi sampai sekarang blum ada kabar. Sy chat pihak teseller tidak ada jawaban

    1. Ifan Prasya berkata:

      Silakan ajukan komplain kepada pihak Lazada (bukan justru ke kami ya 😊 karena kami tidak berafiliasi dengan Lazada) jika melebihi estimasi, panduannya sudah kami jelaskan di atas, ya, Kak. Terima kasih

  2. Niko febrian berkata:

    Saya mau komplain kenapa paket saya ga sampe2 saya pesen dari tanggal 15juni sampe sekarang belum ada kabar distatus akan dikirim tapi udah 5 hari gitu2 aja mohon infonya

    1. Ifan Prasya berkata:

      Silakan ajukan komplain kepada pihak Lazada (bukan justru ke kami ya 😊 karena kami tidak berafiliasi dengan Lazada) jika melebihi estimasi, panduannya sudah kami jelaskan di atas, ya, Kak. Terima kasih

  3. Sutrisno berkata:

    Bpk/ibu yg bertugas d lazada mhon d bntu sya.. Pembelian cip sya tlah d curangi pihak toko yg brgabung d lazada,,, sya sdah melakukan pngiriman atau tf uang,, tpi pesanan saya tdk ad d antar atau d konfirmasi..

    1. Ifan Prasya berkata:

      Silakan ajukan komplain kepada pihak Lazada (bukan justru ke kami ya 😊 karena kami tidak berafiliasi dengan Lazada) jika melebihi estimasi, panduannya sudah kami jelaskan di atas, ya, Kak. Terima kasih

  4. Sutrisno berkata:

    Ini no toko yg brgabung d lazada. 083189974445,,,dan ini no wa sya 083183343315…mhon d bntu bpk / ibu…

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      mohon maaf ya pak/bu, silahkan hubungi langsung ke pihak lazada ya

  5. Tri Dwi lestari berkata:

    Saya ingin membatalkan pesanan saya karena terlalu lama pengirimnya
    Dengan nomor resi : LXAD-2333285546

    1. Ifan Prasya berkata:

      Silakan ajukan komplain kepada pihak Lazada (bukan justru ke kami ya 😊 karena kami tidak berafiliasi dengan Lazada) jika melebihi estimasi, panduannya sudah kami jelaskan di atas, ya, Kak. Terima kasih

  6. nico Priyo Yudyanto berkata:

    Menyampaikan keluan barang yg dikirim …tidak sampai . Kurir tidak menelpone .tapi distatus pengiriman barang sudah diterima …kurir tidak ada no telpone … Email support@lazada.co.id tidak sampai telpone tidak bisa selalu sibukk ..
    LXAD-2370115504. Kurir Ivan winaldo pengiriman Lex ID

    1. Naufal nizar berkata:

      Bu komplain langsung melalui bantuan nanti bakal ada pertanyaan dr ladzada . Nah disitu ibu bisa ajukan untuk consultasi dengan costumer service . Maka ibu bisa mengadukan secara langsng . Disitu ibu akan di bantu sy pun begitu Bu

      1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

        terimakasih atas bantuan jawabannya ya kak

    2. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Sudah mencoba menghubungi call canter lazada kak?

  7. Dini berkata:

    Udah 2x pesanan saya selalu di batalkan expedisi dengan alasan alamat tidak sesuai,dan tdk ada konfirmasi dari kurir nya pdahal no hp ada untuk via wa dan alamat sya tdk berubah,saya belanja di lazada bukan pertama kali sebelum pake expedisi lex id pesanan sya selalu sampai.

    1. Naufal nizar berkata:

      Bu komplain langsung melalui bantuan nanti bakal ada pertanyaan dr ladzada . Nah disitu ibu bisa ajukan untuk consultasi dengan costumer service . Maka ibu bisa mengadukan secara langsng . Disitu ibu akan di bantu sy pun begitu Bu

      1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

        terimakasih atas bantuan jawabannya ya kak

    2. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Kakak bisa komplain ke call center lazada atau menghubungi pihak kurirnya yaa

  8. Benci aturan berkata:

    Serba lambat belanja di lazada ini,,kurir nya sih pulih yg super lelet,,

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Sabar ya kak, mungkin sedang overload jadi banyak barang yang terlambat

  9. Ana purba berkata:

    Barang yang saya beli tidak sesuai dengan yang sampai gimana sih pihak lazada ini masih mau memberikan peluang bagi penjual yang tidak memiliki etika dagang

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Hallo kak, kami hanya menyampaikan informasi ya. Bukan dari pihak lazada atau kurir. Jika mengalami kendala, bisa komplain langsung dengan cara diatas kak. Terimakasih 🙂

  10. Icha berkata:

    Kurir yg bernama Enjang itu sya sangat2 tidak suka ,knpa kurir y kasar ngmong y tidak sopan , bnr2 saya kesel bgt sakit hati bgt

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Waduh, yang sabar ya kak

  11. Nita berkata:

    Tlg dong uang sya balikin,, pesen lemari DTG cm kertas ,, di batalin dr toko nya tp smpa skrg g d di balikin tu duit …. Mana tanggung jwb nya

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Hallo kak, kami hanya menyampaikan informasi ya. Bukan dari pihak lazada atau kurir. Jika mengalami kendala, bisa komplain langsung dengan cara diatas kak. Terimakasih 🙂

  12. Ivone Widjaya berkata:

    Saya sudah bayar pakai dana, setelah paket di kirimkan ke alamat yg sesuai, kurir bilang hrga pesanan ke mami saya, karena mami saya tidak tau, maka mami saya bayar seharga yg kurir sampaikan, mohon kembalikan uang saya, biar tidak seberapa itu bukan hak nya. Kurirnya tidak jujur.

    1. Ivone Widjaya berkata:

      Kurir a/n Niko Setiawan ICFT
      No resi : LXAD-2459735106
      Jasa pengiriman : LEX ID

      1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

        Hallo kak, kami hanya menyampaikan informasi ya. Bukan dari pihak lazada. Jika mengalami kendala, bisa komplain langsung dengan cara diatas kak. Terimakasih 🙂

    2. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Hallo kak, kami hanya menyampaikan informasi ya. Bukan dari pihak lazada atau kurir. Jika mengalami kendala, bisa komplain langsung dengan cara diatas kak. Terimakasih 🙂

  13. Wisnuaditya berkata:

    Kak bagaimana caranya membatalkan paket yang sudah dikirimkan

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Bisa hubungi langsung ke penjual melalui chat ya

  14. BUANA berkata:

    Aduh kalau mau komplain Lazada kan ada nomor telepon yang di infokan ..

    Telepon aja langsung ke nomor telepon
    02180640090 untuk jam operasionalnya Senin s/d Jumat 09.00 Wib s/d 17.00 Wib

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      terimakasih atas tambahan informasinya kak

  15. Alfi berkata:

    Tolong dong untuk kurir nya .. klo paket ke tujuan jangan di titip2kan . Itu namanya bukan ke alamat tujuan . Mana gak ada pemberitahuan dari wa ato via telepon . Main asal titip2 aja

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Hallo kak, kami hanya menyampaikan informasi ya. Bukan dari pihak lazada atau kurir. Jika mengalami kendala, bisa komplain langsung dengan cara diatas kak. Terimakasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *