50+ Ide Nama Usaha Cemilan yang Unik, Aesthetic, dan Menarik

Anisa 12 Jul 2023 4 Menit 0

Salah satu strategi pemasaran produk makanan ringan atau camilan adalah menyiapkan ide nama usaha cemilan yang unik serta mudah diingat oleh para pembeli.

Hal ini akan menciptakan branding yang kuat dan melekat di pikiran mereka. Apalagi jika produk yang dijual juga lezat dan nagih, maka peluang menjadi pebisnis sukses kian dekat.

Namun untuk menciptakan sebuah nama apalagi untuk branding produk tidak boleh asal-asalan. Jangan sampai menyamai dengan brand tertentu yang sudah mengantongi Hak Paten.

Nah, apa saja contoh nama usaha camilan yang unik, mudah dihafal, serta aesthetic? Berikut contohnya!

1. Cara Membuat Nama Usaha Camilan Sendiri

Untuk membuat nama usaha camilan kamu bisa menggunakan beberapa cara seperti di bawah ini:

  • Menggunakan nama anak dan menggabungkannya dengan nama sendiri
  • Mengambil nama singkat dari nama produk dan mencampurkannya dengan istilah tertentu
  • Menggunakan nama kota tempat produk dibuat dan menggabungkannya dengan nama orangtua
  • Mencari inspirasi di internet dan mengubahnya sedikit
  • Memberi nama dengan harapan-harapan yang kamu inginkan pada bisnis yang dijalankan

Setelah mengetahui beberapa trik di atas, inilah deretan ide nama usaha cemilan yang bisa kamu jadikan inspirasi.

2. Daftar Ide Nama Usaha Cemilan Unik

Kamu bisa memilih beberapa ide nama usaha cemilan di bawah ini dan gunakan aplikasi desain grafis AI untuk membuat logo maupun katalognya.

ADVERTISEMENTS

2.1. Ide Nama Usaha yang Aesthetic

Ide nama usaha cemilan pisang

Contoh nama toko snack yang estetik

  • Spaicilok (Spicy-Cilok)
  • Cookiesweet+
  • Potatoolove
  • Bananaget (nugget pisang)
  • Basrengring
  • Snackoew
  • Cokelat x Cho
  • Makaronich
  • Kripik Buah Haha
  • Rumah cemal cemil comel

ADVERTISEMENTS

2.2. Ide Nama Usaha yang Unik

Ide nama usaha cemilan basreng

Contoh nama toko camilan yang unik di tokopedia

  • Kentang Yahud(a)
  • Dapurlamamama
  • Gudang Roti Roti
  • Jajanan Jauh di Sini
  • Omah Kripick up
  • Pusat cemilan Aja
  • Pusat oleh-oleh Ibu Saya

ADVERTISEMENTS

2.3. Ide Nama Usaha Kekinian

Ide nama usaha cemilan pedas basreng

Contoh penggunaan nama toko yang kekinian atau modern

  • Chicken Wingsfud
  • Teman Nyemilikin Kamu
  • Kripik Pedas Nyata
  • Jasukey
  • Dessert & Chill
  • Kanan-Kiri Ceker
  • Bakpao Baobei
  • Singkong Kejujuran
  • Bola Bola Ubi Abi
  • Hihang Hoheng Aheng

ADVERTISEMENTS

2.4. Ide Nama Usaha Cemilan Arab

Ide nama usaha cemilan islami

Contoh nama usaha cemilan yang berasal dari arab

  • Arabian S:nack
  • Berkah Krispi
  • Aala Snack Now
  • Aaseyah Food
  • Toko cemilan Ringan Baba Zewad
  • Ahlan Wa Sahlan Jajananku
  • Markaz Snack Fedas
  • Stick Mahala
  • Depot camilan Abi Naya
  • Kreasi Umi-Q

2.5. Ide Nama Usaha Cemilan yang Singkat

Ide nama usaha cemilan mochi

Contoh penggunaan nama usaha yang sangat singkat dan mudah dihafal

  • P.JJ-nan
  • Cemilanisti
  • Ngunyahyuk
  • Cemalcemilin
  • Mamamsnek
  • Kripik S.S.
  • Rotiati
  • Lanting ting
  • Krezzh.ID
  • Sweetbite Nih
  • Cotton Candyxz
  • Makan-Asik
  • Gurihloh
  • Renyahan Rehan

Nah, itulah contoh ide nama usaha cemilan yang bisa kamu tiru atau modifikasi sendiri.

Jika kamu mau membuat nama untuk produk, usaha, kedai, dan bertujuan membangun branding pada masyarakat, usahakan menerapkan beberapa tips di bawah ini.

3. Tips Membuat Nama untuk Usaha Cemilan

Tahukah kamu? Membuat nama untuk sebuah usaha memang tidak boleh asal dan harus mencakup beberapa aspek.

Apalagi jika kamu ingin daftar sertifikasi halal, maka nama produk juga akan menjadi penilain tim Halal MUI.

Apabila nama makanan atau produk tidak memenuhi persyaratan, maka sulit bagi kamu untuk mendapatkan sertifikasi halal tersebut.

Nah, bagaimana cara membuat atau memilih nama untuk usaha cemilan yang benar?

3.1. Mengandung Makna yang Positif

Setiap nama mengandung doa dan harapan pemiliknya, maka buatlah nama yang mengandung makna positif. Baik itu dari bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, dan lain-lain.

Harapannya agar produk dan usaha yang kamu jalankan akan memberikan dampak yang baik di kehidupan.

Sebaliknya, hindari pemberian nama yang mengandung keburukan, penghinaan, SARA, ejekan, sumpah serapah, dan sejenisnya. Contoh: ceker setan, ceker iblis, snack jin, dan lain-lain.

3.2. Hindari Pengucapan yang Sulit

Pengucapan dan tulisan yang sulit akan membuat pembeli sulit menghafal maupun mencarinya di media sosial.

Peristiwa tersebut berakibat pada turunnya jumlah pencarian produk di media sosial dan platform digital, sehingga berpengaruh pula pada jumlah penjualan produk.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu agar membuat nama yang mudah dihafal, diucapkan, dan diketik agar membentuk branding yang melekat di kepala konsumen.

3.3. Jangan Gunakan Karakter Terlalu Banyak

Sama halnya ketika membuat nama toko online yang akan dipakai sebagai brand, sebaiknya utamakan pakai huruf secara dominan.

Boleh menambahkan karakter, tetapi usahakan tidak mendominasi nama ya. Ini akan membantu kamu ketika membuat akun di media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan lain-lain.

Contoh ide nama usaha cemilan yang menggunakan karakter terlalu banyak antara lain:

  • ___jajanan..
  • *dxx*&
  • #sna###

Gunakan karakter sewajarnya dan secukupnya agar tidak menyulitkan pembeli ketika mencarinya di marketplace maupun media sosial.

3.4. Jangan Pakai Nama yang Sama dengan Brand Lain

Walaupun mungkin banyak nama yang sama di dunia ini, tetapi dalam dunia bisnis agaknya kamu harus hati-hati.

Pasalnya menggunakan nama yang sama dengan brand lain yang sudah memiliki Hak Kekayaan Intelektual akan menimbulkan masalah.

Seperti yang terjadi pada merek Geprek Bensu beberapa tahun lalu, di mana Ruben Onsu melayangkan gugatan pada rival bisnisnya karena dianggap memiliki nama merek serupa.

Walaupun gugatan ditolak oleh hakim, akan tetapi peristiwa tersebut menimbulkan polemik dan kerugian yang tak sedikit bagi pihak-pihak yang berseteru.

Jadi, usahakan saat membuat nama usaha, kamu mencari tahu dulu di internet atau media sosial dengan mengetikkan nama yang ingin kamu bikin ya.

Tujuannya untuk memastikan bahwa benar-benar tidak ada nama usaha yang sama dengan yang kamu miliki.

3.5. Mempresentasikan Usaha yang Dijalankan

Tips membuat ide nama usaha cemilan yang kelima adalah mempresentasikan atau menggambarkan usaha yang kamu jalankan.

Karena produk yang kamu jual masuk dalam kategori makanan, maka gunakan nama-nama yang juga berkaitan dengan bisnis makanan dan kuliner.

Sebaliknya, hindari menggunakan nama yang jauh dari usaha atau produk kamu. Misalnya kamu menjual makanan pedas yang gurih dan renyah. Maka tidak mungkin kan, kamu membuat nama usaha tersebut ‘Bengkel Cinta?’

Jadi, harus dipikirkan matang-matang ya!

FAQ

Bagaimana cara memilih nama yang baik untuk usaha camilan?

Membuat nama usaha camilan dapat diperoleh dengan menggabungkan antara nama produk yang dijual, nama pembuat, dan tahun berdiri, sehingga menghasilkan nama yang autentik.

Apa nama yang dilarang untuk branding sebuah produk maupun usaha?

Setiap pengusaha yang ingin mengajukan sertifikasi halal, maka wajib menyertakan nama produk maupun nama usaha yang bermakna baik, berkonotasi positif, dan tidak menggunakan nama-nama yang dilarang seperti iblis, setan, bernada umpatan, dan sejenisnya.

Akhir Kata

Dari lima puluh nama ide usaha cemilan di atas, kamu masih bisa menggabungan atau mix and match untuk mendapatkan nama yang paling cocok.

Ingat, gunakan nama yang baik dan positif ya.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar bisnis dan peluang dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber: Pemaparan di atas diperoleh melalui riset yang dilakukan oleh penulis melalui media sosial dan penggabungan beberapa nama yang ada di marketplace

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *