Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate, Begini yang Disenangi HRD

Mufid Hanif 11 Okt 2022 6 Menit 0

Setelah menempuh pendidikan, sekarang waktunya untuk melamar pekerjaan. Tapi bagaimana contoh surat lamaran kerja fresh graduate yang baik?

Surat Lamaran kerja ini menjadi salah satu pertimbangan utama ketika HRD menyeleksi calon karyawannya. Makannya, perhatikan surat lamaran kerja yang baik dan benar supaya HRD mempertimbangkan kalian sebagai pekerja.

Langsung saja ini dia contohnya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

Ada beberapa format surat lamaran kerja yang bisa digunakan. Sebenarnya, baik lamaran kerja yang diprint, di body email, ataupun ditulis tangan tidak jauh berbeda. Umumnya, perbedaan ada di penyebutan nama kota dan tanggal.

Kamu bisa mengikuti contoh di bawah untuk membuat surat lamaran kerja sesuai dirimu dan posisi yang dilamar.

Contoh Surat Lamaran Kerja Print

Surat lamaran kerja yang dicetak/di-print, biasanya harus mencantumkan nama tempat dan tanggal. Ini karena surat tidak mencantumkan jam dan tanggal pengiriman seperti e-mail.

Surakarta, 11 Oktober 2022

Hal : lamaran pekerjaan

Kepada Yth. Bpk / Ibu Personalia Jl. DahliaTengah No. 23 Surabaya

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Estrellamour yang saya dapatkan dari harian Merdeka pada tanggal 5 Oktober 2022. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Marketing dengan kode (MG) di perusahaan PT. Estrellamour.

Berikut ini adalah data singkat saya :

  • Nama : Topo Sutopo
  • Tempat / tgl. Lahir : Salatiga/ 13 Maret 1998
  • Pendidikan Terakhir : S1
  • Alamat : Jl. Ahmad Yani No.121, Surakarta
  • Telepon (HP) : 081567527537
  • Status : Lajang

Dan saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan dapat berbahasa Inggris dengan fasih baik aktif maupun pasif. Kejujuran selalu saya utamakan dan latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan komputer baik itu Google Docs, Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

  • Daftar Riwayat Hidup
  • Foto copy ijazah S1
  • Foto copy transkrip nilai
  • Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
  • Pas foto yang terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini, Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu personalia. Hormat saya Ida Farida

 

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Email

Di surat lamaran kerja via email, tanggal pengiriman biasanya tidak perlu dituliskan lagi, karena sistem email biasanya suah mencantumkan waktu pengiriman.

Dengan Hormat
Kepada Yth. HRD TonjooSaya mendapatkan informasi dari Facebook Ads pada tanggal 6 April 2022 mengenai penawaran posisi Social Admin Intern.Dengan ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan sebagai Social Admin Intern di Tonjoo

Untuk itu perkenankan saya:

Nama : Ardita Pradita
Alamat : Perum Anggora Permai 68
Umur : 26
Pendidikan : D3 Bahasa Inggris

Untuk menyampaikan lamaran untuk posisi Social Admin Internship di perusahaan Anda, Tonjoo. Saat ini saya dalam kondisi sehat jasmani maupun rohani dan siap bekerja sesegera mungkin.

Dalam email ini, saya lampirkan CV dan sertifikat saya di bawah. Besar harapan saya untuk bisa bekerja di Tonjoo.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

 

Horma saya,

Ardita Pradita

 

 

Contoh Surat lamaran Kerja Tulis Tangan

Sebenarnya Surat lamaran kerja tulis tangan tidak jauh berbeda dengan surat lamaran kerja yang dicetak. Kamu bisa menggunakan contoh di bawha untuk membuat surat lamaran kerja tulis tangan. Kalau perlu, buat beberapa kali sampai tulisan terlihat jelas, indah, dan rapi.

Surat lamaran kerja akuntansi

Via: contohsurat. My. Id

Berkas Lampiran Lamaran Kerja Fresh Graduate

Ketika melamar kerja, HRD biasanya memnita pelamar atau kandidat pekerja untuk menyertakan beberpaa berkas di surat lamaran kerjanya. Ketentuan ini bisa berbeda-beda untuk setiap pekerjaan.

Tapi secara umum, berikut berkas yang biasa disiapkan ketika melamar kerja.

  • Surat Lamaran

Jika surat dikirim secara fisik, seperti dititipkan ke satpam, resepsionis, atau dikirim lewat pos, maka Surat lamaran seperti yang tercantum di atas adalah hal wajib yang tidak boleh terlewatkan.

Tetapi jika menggunakan email, biasanya isi email sudah dianggap sebagai surat lamaran kerja sendiri, jadi tidak perlu diketik ulang. Jika perlu, cantumkan saja Cover Letter

  • Cover Letter / Motivation Letter

Di sini, kamu bisa menceritakan hal yagn menjadi motivasimu untuk melamar pekerjaan. Oh iya, meskipun alasan sebenarnya kamu melamar pekerjaan adalah untuk mencari uang, hal tersebut tidak perlu dituliskan secara langsung, ya.

Alih-alih, ceritakan saja hal yang kamu senangi dari pekerjaan tersebut. Bisa juga menyertakan pengalaman dan pencapaian di bidang organisasi atau tugas kampus yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut.

Jadi, tidak harus memiliki pengalaman pekerjaan, kamu bisa ceritkan pengalaman organisasi dan tugas di kampus yagn berhubungan.

  • Daftar Riwayat Hidup (CV) / Resume

Satu hal yang tidak boleh terlewat di lamaran kerja adalah CV. Biasanya CV atau resume ini berisikan riwayat pendidikan dan riwayat pekerjaan atau organisasi. Tidak sedikit fresh graduate yang bingung mau mengisi epngalaman.

Akhirnya, ada fresh graduate yang mengisikan riwayat pendidikan hingga SD bahkan TK, padahal ini tidak perlu. Sertakan riwayat pendidikan 5-7 tahun terakhir, jadi paling tidak SMA/SMK atau SMP saja.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Mufid Hanif
Ditulis oleh

Mufid Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.