Cara Transfer GoPay ke DANA, Juga Bisa Tanpa Update ke Premium Terbaru 2022

Mufid Hanif 14 Des 2022 4 Menit 0

Bagi pengguna GoJek, pasti merasa terbantu dengan hadirnya e-wallet GoPay yang bisa digunakan untuk transaksi di banyak merchant GoPay, termasuk juga belanja di Indomaret. Tapi gimana sih cara transfer GoPay ke DANA?

Sama-sama e-wallet yang banyak digunakan di Indonesia, DANA juga memiliki banyak keuntungan, seperti transfer ke bank gratis 10x.

Baikah, tanpa perlu basa-basi lagi, ini dia cara transfer GoPay ke DANA.

Cara Transfer GoPay ke DANA Secara Langsung

Sebelum melakukan top up Dana dari GoPay, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sobat Pintarjualan. Jika hal ini tidak dipenuhi, menu transfernya mungkin tidak muncul atau tidak bisa dibuka.

Sebelum transfer, ketahui dulu virtual number DANA. Virtual number DANA umumnya terdiri dari 8528+nomor telepon yang digunakan untuk daftar DANA. Virtual akun ini berlaku untuk pilihan bank Permata, ya.

Tentu saja, pastikan aplikasi GoJek yang digunakan adalah versi terbaru. Selain menggunakan aplikasi yang up to date, tipe akun yang digunakan juga perlu upgrade ke akun GoPay Plus.

Jadi, sebelum bisa melakukan transfer dari GoPay ke DANA, pastikan akunnya sudah upgrade versi premiumnya, yaitu GoPay Plus.

Dengan menggunakan akun GoPay Plus, transfer dari GoPay ke akun GoPay lain, DANA, hingga rekening bank jadi bisa dilakukan.

Buat kalian yang belum upgrade ke GoPay Plus, tidak perlu berkecil hati. Ada cara alternatif yang bisa digunakan untuk transfer dari GoPay ke DANA tanpa upgrade ke premiumnya, GoPay Plus.

Tapi sebelumnya kita bahas cara transfer GOPAY ke dana secara langsung.

  1. Buka Aplikasi GoPay
  2. Pilih “Bayar”
    Gopay - bayar
  3. Pilih Tambahkan Bank Lain
  4. Gopay - kirim ke bank
  5. Mengisi data penerima
  6. Masukkan Kode Virtual Dana

    Oh iya, perlu diketahui kode virtual DANA dari bank lain adalah “8528+nomor HP dana”

  7. Pilih Tanda Centang dan Simpan
  8. Mengisi nominal
  9. Lakukan Konfirmasi
  10. Masukkan PIN
  11. Selesai

Begitulah cara transfer dari GoPay ke dana secara langsung. cara ini bisa dilakukan jika kamu sudah menggunakan akun GoPay plus.

Sebenarnya ada alternatif lain, yaitu dengan menggunakan QRIS. Caranya, buka aplikasi DANA, lalu pilih menu “Top Up” dan Top Up dengan QRIS.

Namun, beberapa sumber menyebutkan kalau transfer QRIS ke DANA bisa dilakukan jika sudah menggunakan DANA bisnis.

Terus gimana kalau belum menggunakan akun GoPay premium? Mengingat syarat dan langah untuk membuat akun GoPay plus tidak mudah, mungkin banyak di antara kita yang tidak punya akun GoPay Plus.

Tidak perlu khawatir, sobat Pntarjualan bisa mengikuti cara alternatifnya di bawah.

Cara transfer dair Gopay ke Dana tanpa Update premium/Gopay plus

Tidak memiliki akun GoPay Plus yang merupakan versi premiumn ini bukan halangan untuk transfer ke DANA. Caranya adalah menggunakan pihak ketiga. Perantara pihak ketiga yang digunakan di sini adalah hotelmurah.com

Meskipun aslinya adalah aplikasi untuk booking hotel, tiket pesawat, dan pembelian voucher digital, tatapi situs ini juga bisa digunakan untuk transfer dari GoPay ke DANA, loh.

Kerennya lagi, cara daftarnya mudah, cukup gunakan nomor telepon aja tanpa perlu foto KTP.

Udah gitu, transfernya juga gampang. Gak perlu isi saldo atau transfer dari GoPay ke Hotelmurah, dulu. Cukup sekali proses transaksi saja, Hotelmurah akan secara otomatis meneruskannya ke DANA.

Caranya seperti ini nih.

  1. Buka browser
  2. Buka situs hotelmurah.com
  3. Pilih menu DANA
    Hotelmurah - dana
  4. Masukkan nomor hp yang terhubung di DANA
  5. Pilih nominal top up > tap “lanjut”
    Hotelmurah - masukkan nominal
  6. Pilih metode pembayaran
    Pada pilihan ini, pilih GoPay sebagai metode pembayaran.
    <tap lanjutkan pembayaran
  7. Tap bayar sekarang
  8. Akan dibawa ke aplikasi GoPay untuk pembayaran
    Tap konfirmasi dan bayar
  9. Masukkan pin
  10. Selesai

Begitulah cara transfer dari GoPay ke DANA dengan menggunakan perantara hotelmurah.com. dengan menggunakan cara ini, tidak perlu menggunakan akun GoPay Plus sekalipun, kini kamu bisa melakukan top up DANA dari GoPay.

Selain dalam bentuk website, hotelmurah.com juga hadir dalam bentuk aplikasi hyang bisa didownload di Google Play dan AppStore.

Catatan:

Ketika menggunakan hotel murah, ada biaya admin tambahan. Pertama, biaya admin Rp 1000 dari Hotelmurah. Kemudian ada lagi tambahan biaya admin 340 untuk proses pembayaran khusus GoPay. Jadi, total biaya adminnnya adalah 1340.

Jadi, total biaya yang dibutuhkan adalah 11340.

Halaman Selanjutnya
 ...

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Mufid Hanif
Ditulis oleh

Mufid Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.