Advertisement

Cara Menjadi Reseller Shopee, Tanpa Modal untuk Para Pemula

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
22 Februari 2022
Waktu membaca
3 Menit

Buat yang ingin berjualan tapi takut rugi, kamu bisa jadi reseller Shopee. Masih tidak tahu caranya? Tenang saja, kali ini kami akan memberi tahu cara menjadi reseller Shopee.

Menjadi reseller bisa jadi peluang usaha mahasiswa sekaligus peluang usaha rumahan yang cukup menjanjikan lho. Pasalnya, kamu hanya butuh sedikit modal dan kuota saja.

Sebelum membahas cara menjadi reseller di Shopee, yuk simak dulu informasi seputar apa itu reseller dan keuntungan jadi reseller di Shopee.

Apa itu Reseller?

Singkat saja, reseller adalah salah satu cara berjualan dengan hanya membeli barang atau produk tertentu untuk dijual kembali ketika ada yang mau membelinya.

Oleh karena itu, menjadi reseller memang butuh sedikit modal karena harus membeli barang atau produknya lebih dulu. Sampai di sini, sudah cukup jelas ya 😁

Jika dirasa masih kurang jelas, kamu bisa mampir dulu ke tulisan Apa itu Dropshipper, Reseller, dan Supplier?.

Keuntungan Jadi Reseller Shopee

Menjadi reseller memang butuh modal karena harus membeli barang atau produknya lebih dulu. Tapi jangan salah, dibalik itu semua, ada beberapa keuntungan menjadi reseller.

1. Bisa Mengetahui Kualitas Produk

Dengan membeli produknya lebih dulu, seorang reseller bisa tahu apakah kualitas barang atau produk yang mau dijual kembali benar-benar baik atau tidak.

Dengan begitu, seorang reseller tidak perlu lagi khawatir pelanggan setianya akan kecewa. Malah justru sebaliknya, para pelanggan akan merasa senang karena kualitas produknya baik.

2. Dapat Diskon Lebih

Menjadi resller biasanya akan mendapat diskon lebih ketimbang dropshipper. Diskon yang didapat seorang reseller biasanya berjenjang. Mulai dari 25%, 30%, hingga 45%.

3. Promosi Lebih Mudah 

Promosi adalah hal yang harus dilakukan ssat berjualan. Saat barang tiba, seorang reseller bisa membuat foto atau mereview barang tersebut sehingga promosi bisa jadi lebih mudah.

4. Shopee itu Markeplace Besar

Shopee Raih Peringkat Pertama di Persaingan E-commerce 2021 belum lama ini. Dengan begitu, artinya peluang produk atau barang terjual juga semakin tinggi,

Menurut data yang kami dapat, Shopee mempunyai jumlah Daily Active User atau pengunjung aktif harian mencapai 33,27 juta. Hampir empat kali lipat dari pesaingnya Tokopedia.

Cara Jadi Reseller Shopee

Salah satu cara agar bisa jadi reseller Shopee meski tanpa modal adalah dengan memanfaatkan fitur Katalog Saya. Begini cara menjadi reseller dengan fitur tersebut.

  1. Buat Akun Shopee
  2. Buka aplikasi Shopee
  3. Cari Produk yang mau dijual
  4. Pilih ikon Share, ada di kanan atas
  5. Pilih Katalog
  6. Ubah Nama Produk dan Deskripsi Produk
  7. Pilih Daftar di Katalog
  8. Selesai

Bagaimana? sangat mudah bukan jadi reseller Shopee meski tanpa modal. Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah mengganti nama produk dan deskripsi produk.

Belum tahu cara daftar Shopee? Cara daftar Shopee sangat mudah. Kunjungi saja laman resmi Shopee (shopee.co.id). Setelah itu pilih daftar, ada di kanan atas.

Kamu bisa daftar dengan nomor HP, Facebook, Google, dan Apple. Jika daftar pakai nomor HP, masukkan nomor HP kamu yang aktif lalu pilih berikutnya dan ikuti proses selanjutnya.

Tips Jadi Reseller Sukses

Agar bisa menjadi reseller sukses, ada beberapa hal yang musti diperhatikan. Terutama terkait cara membaca kebutuhan pasar dan strategi penjualan yang tepat.

1. Lakukan Riset Pasar

Riset pasar adalah hal penting yang harus kamu perhatikan dalam perencanaan bisnis. Dengan cara itu, kamu bisa tahu produk atau barang apa yang saat ini sedang banyak dicari.

2. Pilih Supplier Terpercaya

Setelah menentukan produk apa yang akan dijual, kamu perlu memilih dan memilah supplier yang terpercaya di Shopee. Toko yang bagus di Shopee biasanya terdapat tanda seperti “Star”.

3. Lakukan Branding

Menjadi tugas seorang reseller untuk melakukan sesuatu yang kreatif dan inovatif dalam membranding produk atau barang yang dijualnya agar bisa menarik para pelanggan.

FAQ

  • Bisakah jualan di Shopee tanpa stok barang?

Bisa, jualan di Shopee bisa tanpa stok barang. Kamu bisa menawarkan produk atau barang lebih dulu. Setelah ada yang membeli baru kamu membeli produk atau barang tersebut.

  • Bisakah menjadi reseller Shopee ke Shopee?

Sejauh yang kami tahu, Shopee bar bisa untuk menjadi dropshipper dari Shopee ke Shopee. Jika kamu tertarik, kamu bisa membaca tulisan Cara Dropship dari Shopee ke Shopee.

  • Bagaimana cara join reseller Shopee? 

Buat Akun Shopee lalu manfaatkan fitur Katalog Saya. Semudah itu join jadi reseller di Shopee. Setelah itu, kamu hanya perlu share produk yang ada di katalog saya.

Akhir Kata

Bagaimana? apakah kamu berminat menjadi seorang reseller di Shopee? Tidak ada salahnya juga untuk mencoba. Lumayan, bisa jadi alternatif pendapat tambahan.

Akhir kata, terima kasih telah berkunjung ke website kami PintarJualan.id dan membaca tulisan cara menjadi reseller Shopee ini sampai selesai, semoga bermanfaat…

Satu lagi, jangan lupa juga untuk share tulisan ini 😄

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *