Advertisement

Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee, Apakah Sudah Bisa?

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
22 Februari 2022
Waktu membaca
3 Menit

Bagaimana cara menghapus riwayat pesanan di Shopee? Sepertinya masih banyak para penggguna Shopee yang menanyakan hal tersebut hingga saat ini.

Selain menghapus riwayat pesanan, kamu juga bisa bisa menghapus produk di Shopee. Terbaru, Shopee juga punya fitur Katalog Saya agar para penggunanya bisa jadi reseller di Shopee.

Sebelum mengulas cara menghapus riwayat pesanan di Shopee, yuk simak dulu fitur pesanan di Shopee, cara membuat pesanan di Shopee dan melihat riwayat pesanan di Shopee.

Baca juga:

Fitur Pesanan di Shopee

Setelah mendaftar Shopee, kamu akan bisa memakai fitur Pesanan di Shopee. Fitur ini berisi seluruh transaksi yang pernah dilakukan di Shopee.

Ada enam fitur yang ada di pesanan Shopee, yaitu, Semua, Belum Bayar, Dikemas, Dikirim, Selesai, dan Dibatalkan hingga saat ini.

Fitur Semua adalah fitur yang bisa digunakan untuk melihat semua transaksi yang pernah dilakukan di Shopee. Baik itu pesanan yang selesai hingga pesanan yang dibatalakan.

Fitur Belum Bayar adalah fitur untuk melihat pesanan yang belum dibayar. Sedangkan fitur Dikemas adalah fitur untuk melihat pesanan yang sedang dikemas.

Sementara fitur Dikirim adalah fitur untuk melihat pesanan yang sedang dikirim. Adapun fitur Selesai adalah fitur untuk melihat pesanan yang telah selesai dikirim dan tidak ada masalah.

Terakhir, fitur Dibatalkan adalah fitur untuk melihat pesanan-pesanan yang dibatalkan. Di Shopee kamu bisa membatalkan pesanan jika di rasa produk atau barang tidak sesuai.

Cara Membuat Pesanan di Shopee

Tanpa membuat pesanan, kamu tidak akan bisa menghapus riwayat pesanan di Shopee. Berikut cara membuat pesanan di Shopee dengan mudah dan cepat.

  1. Download aplikasi Shopee
  2. Buka aplikasi Shopee
  3. Buat akun Shopee
  4. Pilih produk yang mau dibuat pesanan
  5. Pilih Beli Sekarang
  6. Pilih Checkout
  7. Pilih Metode Pembayaran
  8. Pilih Buat Pesanan
  9. Selesai

Setelah menyelesaikan proses pembayaran, pesanan kamu akan masuk ke dalam fitur Dikemas pada fitur pesanan yang ada Shopee. Dengan begitu, kamu berhasil membuat pesanan.

Cara Melihat Riwayat Pesanan di Shopee

Cara melihat riwayat pesanan di Shopee sangat mudah. Cara ini juga dipakai jika kamu mau menghapus riwayat pesanan di Shopee selagi bisa. Berikut cara melihat riwayat pesanan di Shopee.

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Login
  3. Pilih Saya
  4. Pilih Pesanan Saya
  5. Selesai

Semua riwayat pesanan akan terlihat dalam fitur pesanan saya. Baik pesanan yang sedang dikemas, sedang dikirim, pesanan selesai, bahkan hingga pesanan yang dibatalkan.

Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee

Lalu, benarkan ada cara yang bisa digunakan untuk menghapus riwayat pesanan di Shopee? Jawabannya, hingga saat ini tidak ada cara untuk menghapus pesanan di Shopee.

Meski dengan cara hapus data dan clear cache melalui managamen aplikasi yang ada di HP, riwayat pesanan tetap tidak akan terhapus karena sudah masuk ke database Shopee.

Cara tersebut hanya membuat aplikasi Shopee kembali seperti saat pertama kali didownload. Ketika kamu login dengan akun yang sama, maka riwayat pesanan akan tetap ada.

Semua pesanan yang telah dibuat tidak bisa dihapus. Shopee tidak memberikan fitur hapus riwayat hingga saat ini. Di dalam fitur pesanan saya hanya ada beberapa pilihan.

Seperti misalnya Chat,Kunjungi Toko, Beli Lagi, Hubungi Penjual, dan Tampilakan Penilaian Toko. belum ada pilihan hapus riwayat belanja di fitur pesanan saya.

Salah satu cara agar bisa menghilangkan riwayat pesanan adalah dengan ganti akun Shopee atau buat akun baru. Dengan begitu maka tidak ada pesanan di laman pesanan saya.

Lain halnya jika yang dihapus adalah notifikasi riwayat pesanan. Notifikasi riwayat pesanan tidak sama dengan riwayat pesanan sehingga bisa dihapus. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Buka menu Notifikasi
  3. Pilih dan tekan notifikasi yang mau dihapus
  4. Pilih Hapus
  5. Selesai

Dalam menu notifikasi tersebut, terdapat berbagai macam notifikasi. Dari notifikasi riwayat pesanan, notifikasi pembelian shopee food, dan seterusnya. Semuanya bisa dihapus.

FAQ

  • Apakah history pembelian Shopee bisa dihapus?

History pembelian di Shopee sebenarnya sama dengan riwayat pembelian di Shopee. Hanya bahasanya saja yang berbeda. Sehingga juga tidak dapat dihapus.

  • Bagaimana cara menghapus riwayat transaksi ShopeePay?

Sejauh yang kami tahu sama seperti riwayat pembelian di Shopee, riwayat transaksi ShopeePay juga tidak bisa dihapus hingga saat ini. Baik transaksi (dana) masuk maupun keluar.

Baca juga:

Akhir Kata

Jawaban sekarang sudah jelas. Belum ada cara untuk menghapus pesanan di Shopee hingga saat ini. Semua pesanan, bahkan yang dibatalkan juga tidak bisa dihapus.

Akhir kata, terima kasih telah berkunjung ke website kami PintarJualan.id dan membaca tulisan cara menghapus riwayat pesanan di Shopee ini sampai selesai, semoga bermanfaat…

Satu lagi, jangan lupa juga untuk share tulisan ini 😄

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *