Cara Membuat Sorotan di IG untuk Jualan dengan Mudah

Anisa 29 Sep 2023 4 Menit 1

Banyak online shop yang memanfaatkan fitur Highlight atau Sorotan di Instagram untuk menarik para pembeli, karena di sanalah tempat untuk memasang unggahan daftar menu, cara order, dan lain-lain. Nah, bagaimana cara membuat sorotan di IG? Ternyata mudah saja.

Fitur Sorotan atau Highlight ini berfungsi untuk menyematkan segala unggahan Story yang dianggap sangat penting dan harus dilihat oleh banyak orang.

Jika kamu punya usaha makanan dan kuliner, produk berupa layanan atau jasa, dan bisnis-bisnis lainnya, cobalah gunakan fitur Sorotan untuk memudahkan pelanggan menemukan apa yang mereka butuhkan.

Untuk membuat dan menambahkan sorotan di IG, kamu bisa simak panduan lengkapnya di bawah ini.

1. Apa itu Highlight atau Sorotan Instagram?

Highlight atau sorotan Instagram adalah fitur yang berguna untuk menyimpan unggahan Story secara permanan di halaman profil IG, sehingga viewers atau pengikut dapat melihatnya setiap waktu.

Berbeda dengan Story yang akan hilang setelah 24 jam berlalu, fitur Highlight atau Sorotan justru sebaliknya, karena akan membuat unggahan Story (baik berupa foto, video, atau boomerang) seolah menjadi album yang dapat dilihat oleh followers maupun nonfollowers kapan pun mereka mau.

Lewat fitur Highlight atau Sorotan ini, pengguna dapat melakukan beberapa tindakan seperti:

  • Membuat judul Sorotan untuk mendeskripsikan isi dari unggahan di dalamnya
  • Mengunggah cover atau foto judul Sorotan supaya Profil Instagram tampak rapi serta aesthetic
  • Mengisi Highlight dengan puluhan unggahan Story
  • Menghapus Sorotan karena suatu hal (Misalnya menu sudah berganti)

Bagi kamu yang punya usaha dan ingin jualan di Instagram makin laris, fitur Sorotan akan membantu bisnis kamu kian berkembang dan dikenal banyak orang.

Misalnya, kamu membangun usaha kedai mie ramen dan sebagai salah satu trik pemasarannya adalah membuat Sorotan IG berisi daftar menu lengkap dengan harga, kemudian gambar ramainya kedai ramen, juga testimoni dari pelanggan.

Melihat isi Story melalui Highlight tersebut, tentunya akan membuat mereka tertaik untuk menjajal dan mendatangi kedai mie ramen kamu, bukan?

Makanya, yuk simak tata cara membuat sorotan di IG untuk menggaet para pelanggan di media sosial!

2. Cara Membuat Highlight atau Sorotan di IG

Cara membuat sorotan di IG cukup mudah yakni pengguna harus terlebih dahulu membuat Story, barulah menambahkannya ke fitur Highlight.

Saat ini, kamu dapat membuat Highlight melalui dua cara yakni lewat Story langsung atau melalui menu Profil.

Mau tahu selengkapnya cara membuat highlight di IG? Simak sampai selesai ya.

ADVERTISEMENTS

2.1. Cara Membuat Sorotan di IG via Profil

  1. Buka akun Instagram kamu
  2. KlikProfil
    Cara membuat sorotan di ig dari galeri
  3. Kemudian klik New pada Story Highlights
    Cara membuat sorotan di ig tanpa membuat story 24 jam
  4. Pilih beberapa unggahan Story yang mau dijadikan Sorotan
    Cara membuat sorotan di ig aesthetic
  5. Lalu klik Next
  6. Kemudian klik Edit Cover untuk mengunggah foto utama Sorotan
  7. Klik ikon picture atau gambar jika ingin menggunakan foto lain di galeri HP dan klik Done
  8. Tulis judul Highlight. Contohnya “Jualan Sayur”
    Bagaimana cara membuat sorotan di instagram
  9. Terakhir klik Done
    Bagaimana cara buat sorotan di ig
  10. Selesai deh!

Highlight atau Sorotan baru sudah berhasil ditambahkan. Selain dari menu Profil, kamu juga dapat membuat Highlight dari Story secara langsung lho!

ADVERTISEMENTS

2.2. Cara Membuat Highlight di IG via Story

  1. Buka Story Instagram kamu
  2. Unggah Story terlebih dahulu
  3. Kemudian klik fitur Highlight
    Bagaimana cara membuat sorotan di ig tanpa membuat story
  4. Klik New untuk bikin Highlight atau Sorotan IG
    Cara membuat sorotan cerita di ig
  5. Lalu tulis judul Highlight
  6. Lalu klik Add atau Tambahkan
    Cara bikin cover sorotan di ig
  7. Highlight sudah berhasil dibuat dan ditambahkan ke menu Profil

Untuk menyunting atau edit Sorotan, kamu bisa klik Sorotan tersebut kemudian klik More > pilih Edit Highlight untuk memperbarui cover atau pun judul.

Tutorial di atas berlaku untuk Instagram pribadi maupun Instagram Bisnis untuk mempromosikan jualan ya

ADVERTISEMENTS

3. Manfaat Highlight Instagram untuk Bisnis

Sebenarnya apa sih manfaat Highligt atau Sorotan di Instagram untuk Bisnis? Rupanya salah satu fitur Instagram ini cukup membantu sebuah usaha untuk promosi produk agar dilirik warganet.

Makanya, menambahkan Highlight atau Sorotan IG dengan tepat akan memberikan manfaat:

ADVERTISEMENTS

3.1. Memperkenalkan Produk

Highlight atau Sorotan di Instagram sangat berguna bagi online shop baru, terutama yang bergerak di bidang kuliner, bisnis perlengkapan rumah tangga, bisnis perlengakapan ibu & anak, bisnis fesyen, bisnis pelayanan atau jasa (barbershop, jasa bersih-bersih, dan lain-lain), serta masih banyak lagi.

Dengan menambahkan daftar produk/daftar menu lengkap dengan harganya/daftar layanan/paket bundling/cara memesan, dan sebagainya di Sorotan IG, maka akan memudahkan pembeli mengenali produk sekaligus toko kamu.

Apalagi biasanya beberapa pembeli baru gemar bertanya melalui kolom komentar konten kamu, jadi daripada menjelaskannya secara berulang, bisa kamu arahkan untuk membuka Sorotan atau Highlight tersebut.

3.2. Menaikkan Engagement

Mengatur agar engagement selalu naik dan stabil tidaklah mudah, karena setiap pemilik akun harus membuat gebrakan baru dan unggahan yang konsisten. Tak terkecuali bagi kalangan UMKM dan UKM.

Oleh karena itu, salah satu strategi pemasaran UMKM dan UKM yang dapat menaikkan engagement akun adalah dengan membuat Highlight atau Sorotan berisi informasi produk, testimoni dari pelanggan, kode promo, dan sebagainya.

3.3. Memperkuat Brand Awareness

Pernahkah kamu melihat akun sebuah toko online di Instagram yang mengisi Sorotan atau Highlight IG dengan portofolio mereka?

Yups, beberapa toko bahkan memajang pencapaian penjualan, tingkat dan jenis pesanan yang berhasil diselesaikan, dan dekorasi yang dapat mereka buat.

Dengan memasang portofolio serta pencapaian penjualan akan meningkatkan brand awareness suatu bisnis menjadi lebih tinggi, dipercaya publik, serta mendapat pesanan dalam jumlah besar.

3.4. Mempermudah Mencari Riwayat Story

Walaupun mencari histori atau riwayat unggahan bisa dilakukan melalui fitur Arsip Instagran, tetapi akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Jadi, jalan pintas atau tercepat adalah membuka fitur Highlight atau Sorotan dan klik Browse.

Opsi ini tentu akan membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis suatu usaha manakala mereka melakukan evaluasi, entah memperbarui desain foto produk, memikirkan strategi baru, dan sebagainya.

3.5. Menaikkan Kunjungan Profil

Wah, kok bisa ya Highlight atau Sorotan di Instagram menaikkan kunjungan profil? Poin ini berkaitan erat dengan kasus lowongan penipuan, giveaway palsu, dan sejenisnya.

Tidak sedikit modus penipuan dan undian berhadiah palsu kerap bertebaran di dunia maya dengan mengatasnamakan brand tertentu.

Sebagai bentuk respon, brand tersebut pasti akan mem-posting Story berisi tanggapan serta imbauan bagi para followers mereka agar berhati-hati dan tidak tertipu oleh modus tersebut.

Story itu nantinya juga akan dijadikan Sorotan, sehingga bagi orang-orang yang sedang mencari tahu hal tersebut akan mengunjungi profil Instagram toko.

FAQ

Kenapa tidak bisa membuat sorotan di IG?

Pengguna tidak bisa membuat sorotan di IG jika belum memiliki unggahan Story yang tersimpan di arsip maupun Story baru. Penyebab lainnya adalah aplikasi Instagram belum diperbarui, Instagram down, dan lain-lain.

Apakah bisa membuat Highlight atau Sorotan di IG tanpa membuat Story?

Pada dasarnya pengguna tidak dapat membuat Sorotan atau Highlight di Instagram tanpa membuat Story terlebih dahulu, baik itu Story terbaru maupun Story lama yang tersimpan di dalam arsip.

Namun untuk membuat Sorotan atau Highlight IG tanpa Story baru, pengguna harus mengaktifkan pengaturan Pengarsipan dan Unduhan dengan menggeser tombol gulir ‘Save Story to archive’ ke kanan agar seluruh Story yang diunggah dapat tersimpan di arsip secara otomatis.

Dengan begitu pengguna dapat membuat dan menambahkan Story IG yang lama ke Sorotan.

Kesimpulan

Demikan panduan lengkap cara membuat Sorotan di IG bagi pemula yang ingin mengembangkan bisnis, menaikkan penjualan produk dan layanan, serta menarik target pasar.

Selain memanfaatkan fitur Highlight atau Sorotan IG, kamu juga bisa pasang iklan di Instagram Ads untuk mempromosikan bisnis kamu.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar ekpedisi khususnya Shopee Express Standard dan Instant dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber: Tutorial di atas diketik berdasarkan pengalaman pribadi penulis dalam mengoperasikan aplikasi Instagram untuk bermedia sosial setiap hari agar diperoleh hasil yang sesuai dengan kebutuhan pembaca.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

1 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *