Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup Terbaru 2022 (Android, iPhone, dan Web)

Anisa Juniardi 21 Nov 2022 4 Menit 0

Usai merilis fitur baru berupa polling, sekarang pengguna bisa mengadakan vote dengan mudah. Cara membuat polling di WhatsApp Grup cukup dengan beberapa klik saja lho!

Polling dapat dibuat oleh seluruh anggota tanpa terkecuali, bukan admin saja. Namun sebelum melakukannya, pengguna harus tahu cara bikin grup WhatsApp, baru mengadakan voting.

Lewat vote tersebut, setiap pengguna bisa memilih jawaban yang paling relevan dan cocok dengan opininya.

Adakah syarat untuk setiap pungutan suara di grup WA? Baca dulu yuk beberapa hal menarik tentang fitur baru WhatsApp satu ini!

Apa itu Polling di Grup WhatsApp?

Polling WhatsApp merupakan fitur yang dirilis meta bagi para pengguna untuk mengadakan dan membuat pilihan (pungutan) suara lewat grup serta personal chat (antar pengguna secara privat).

Daftar pilihan atau jumlah opsi yang tersedia minimal 2 dan maksimal 12. Sedangkan jumlah kata untuk setiap kolom opsi minimal 1 dan maksimal 99-100 karakter.

Itu artinya pengguna tidak bisa memberikan pilihan jawaban lebih dari 12 opsi dan setiap kolomnya juga tidak boleh diisi melebihi 99 karakter.

Selain itu, WhatsApp akan memberikan warning atau semacam pemberitahuan yang menandakan bahwa pengguna harus mengubah daftar opsi dalam polling apabila list pilihan yang dimasukkan sama.

Pembuatan polling kali ini juga berbeda dengan cara broadcast WhatsApp ke banyak kontak ya, jangan sampai terbalik dengan penyebutan keduanya!

Cara Bikin Polling di Grup WhatsApp

Bagaimana cara membuat polling di WhatsApp Grup untuk pengguna android dan iOS yang paling cepat, anti ribet, serta bisa menjangkau seluruh anggota di dalamnya?

  1. Buka grup WA di android atau iOS
    Tutorial bikin polling wa
  2. Klik ikon tautan (attach file) kemudian pilih Polling
  3. Pada kolom pertanyaan isilah dengan pertanyaan yang akan diajukan ke anggota di grup. Misalnya “Manakah anime terbaik sepanjang sejarah?”
    Tips buat polling di whatsapp
  4. Selanjutnya pada kolom pilihan, silakan tambah beberapa daftar opsi yang menjawab pertanyaan tersebut. Contoh: Naruto, One Piece, Yugi-Oh, Bleach, Inuyasha, dan lainnya.
    Hasil polling di grup whatsapp
  5. Klik kirim dan polling pun akan muncul otomatis di grup

Catatan Penting:Ketika kamu membuat sebuah polling dan belum selesai, tetapi ingin keluar atau tiba-tiba berubah pikiran untuk mengadakan pilihan suara, maka perubahan yang sudah dibuat tidak akan disimpan.

Cara membuat polling di whatsapp grup

Perlu diketahui juga bahwa, pengguna yang mengadakan vote dapat melihat siapa saja yang telah memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut, jadi kalau ada anggota lain yang belum memberikan suaranya, kamu bisa mention atau menyebut namanya di grup.

Jika kemarin polling grup WA baru bisa diaplikasikan ke android dan iOS, sekarang pengguna bisa melakukan hal yang sama melalui WhatsApp Web.

Cara Membuat Polling di Grup WhatsApp Web

Begini cara membuat polling di WhatsApp Grup melalui Web atau PC.

Silakan buka WhatsApp Web, terlebih dahulu. Cara menggunakan WhatsApp Web masih sama seperti biasanya, yakni dengan scan barcode yang muncul.

Cara bikin polling whatsapp web

Setelah itu, buka grup untuk membuat sebuah polling dan klik ikon attach file > pilih opsi teratas yakni Polling.

Cara buat pertanyaan pakai polling whatsapp

Ajukan pertanyaan yang diperlukan. Sama halnya di HP, kamu juga dapat menyisipkan emoji WhatsApp dan artinya.

Setelahnya, tambahkan daftar opsi jawaban yang sekiranya akan menjawab pertanyaan tersebut. Umumnya jawaban yang ditambahkan 2 atau maksimal 12 tergantung banyaknya minat anggota pada suatu hal.

Kemudian klik Kirim atau ikon sent dan polling akan muncul di dalam grup.

Hasil polling di whatsapp web

Untuk mengetahui jumlah vote dan siapa saja yang sudah memberikan suara/jawabannya, kamu bisa klik “View Vote” atau “Lihat Suara”.

Fyi, setiap anggota bisa memilih lebih dari satu suara apabila ada 4 hingga 12 opsi yang tersedia, jadi selama jawaban mereka sesuai dengan pemikiran, pengalaman, dan opininya maka sah-sah saja.

Kecuali dalam satu grup tersebut telah disetujui bahwa setiap pengguna hanya bisa memilih satu opsi atau hanya terdapat dua opsi saja.

Keuntungan Menggunakan Fitur Polling WhatsApp

Pengguna tidak hanya bisa menambahkan tulisan atau teks tebal, miring, berwarna di WhatsApp, tetapi juga banyak keuntungan lainnya setelah memanfaatkan fitur anyar dari Beta ini.

Halaman Selanjutnya
1. Menghemat Biaya...

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Anisa Juniardi
Ditulis oleh

Anisa Juniardi

I love being I am. Menulis dan membaca pada ruang yang telah disediakan oleh Tuhan. Iya. Saya seorang content writer SEO dan yeaah.. here we go

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com