Advertisement

Cara Buat Grup Whatsapp Mudah dan Cepat [Panduan Pemula]

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
24 Desember 2021
Waktu membaca
5 Menit

Ada banyak manfaat dari grup Whatsapp. Beberapa di antaranya adalah bisa untuk bertukar atau mendapatkan informasi dan sebagai media silaturahmi dan komunikasi. Oleh karena itu, kami akan memberikan langkah-langkah cara buat grup Whatsapp kali ini.

Artikel ini kami tujukan untuk para pemula yang benar-benar baru mengenal atau menggunakan Whatsapp. Oleh karena itu, kami akan memberikan informasi secara detail mulai dari awal. Seperti apa itu Whatsapp, grup Whatsapp, dan seterusnya.

Selain itu, di akhir artikel, seperti biasa, kami juga akan mencoba untuk menjawab beberapa pernyataan terkait dengan grup Whatsapp secara umum. Seperti menjawab pertanyaan, bagaimana cara membuat tautan grup. Oleh karena itu, simak artikel ini sampai selesai.

Apa itu Whatsapp?

Whatsapp adalah salah satu aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk mengirim pesan teks. Bahkan tidak saja untuk mengirim pesan teks. Akan tetapi juga bisa untuk mengirim foto, mengirim video, rekaman suara, dokumen, hingga lokasi.

Selain itu, kita juga membangikan momen sehari-hari kita dengan cara menggunakan salah satu fitur Whatsapp yang bernama Status. Whatsapp bisa dikatakan sebagai aplikasi yang banyak membantu kita serta bisa dipercaya karena keamannnya.

Bagi siapa saja yang sampai hari ini masih belum menggunakan Whatsapp dan ingin menggunakan Whatsapp bisa ikuti panduan kami di artikel tentang Cara Download Whatsapp. Ada juga artikel Cara Menggunakan Whatsapp Web dengan Mudah.

Apa Itu Grup Whatsapp?

Grup Whatsapp adalah fitur yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan banyak pengguna Whatsapp lainnya. Biasanya grup Whatsapp dibuat sebagai sarana berkomunikasi untuk keluarga yang sudah tinggal di luar kota, rekan kerja, atau sekedar lingkup pertemanan.

Selain itu, grup Whatsapp juga biasanya dibuat karena tujuan tertentu. Bisa untuk memudahkan koordinasi pekerjaan, media silaturahmi antar teman atau keluarga, atau sekadar untuk membahas suatu kegiatan komunitas tertentu.

Lebih dari itu, grup Whatsapp juga bisa dimanfaatkan sebagai media jual beli atau bertukar informasi. Maka jangan heran jika ada grup Whatsapp misalnya Jual Beli Buku Yogyakarta atau InfoLowongan Pekerjaan dan sebagainya.

Cara Membuat Grup Whatsapp Lewat Android

Cara membuat grup Whatsapp itu sangat mudah. Apalagi jika lewat HP android. Namun, jika masih ada pengguna android yang masih belum mengetahui caranya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat grup Whatsapp;

  1. Buka aplikasi Whatsapp;
  2. Klik ikon Titik Tiga yang ada di pojok kanan atas;
  3. Pilih New Group, klik saja pada tulisan tersebut;
  4. Pilih kontak yang akan dimasukkan ke grup. Setelah itu klik tanda Panah yang ada di pojok kanan bawah;
  5. Setelah memilih kontak, klik tanda panah yang ada di pojok kanan bawah;
  6. Beri nama grup, maksimal 25 karakter.
  7. Setelah membuat nama grup, klik tanda centang di pojok kanan bawah;
  8. Grup berhasil dibuat dan bisa langsung digunakan;
  9. Selesai.

Langkah-Langkah Cara Buat Grup Whatsapp

Selain cara tersebut, ada juga cara lain untuk membuat grup di HP android, yakni melalui ikon pesan yang ada di pojok kanan bawah. Simak langkah-langkahnya berikut ini;

  1. Buka aplikasi Whatsapp;
  2. Klik ikon Pesan di pojok kanan bawah;
  3. Pilih New Group dan klik saja pada tulisan tersebut;
  4. Pilih Kontak yang akan dimasukkan ke dalam grup;
  5. Setelah memilih kontak, klik Tanda Panah yang ada di pojok kanan bawah;
  6. Beri Nama Grup, maksimal 25 karakter.
  7. Setelah membuat nama grup, klik Tanda Centang di pojok kanan bawah;
  8. Grup berhasil dibuat dan bisa langsung digunakan;
  9. Selesai.

 

 

Cara Membuat Grup Whatsapp Lewat iOS

Tidak hanya pengguna HP android yang bisa membuat grup Whatsapp. Pengguna HP dengan sistem iOS juga bisa membuatnya. Berikut ini langkah-langkah cara membuat grup untuk para pengguna HP iOS atau iPhone;

  1. Buka aplikasi Whatsapp;
  2. Klik Chat yang ada di bagian bawah;
  3. Klik Create New Group yang ada pada bagian chat paling atas;
  4. Pilih Kontak yang akan dimasukkan ke grup;
  5. Setelah memilih kontak, klik Next yang ada di pojok kanan atas;
  6. Beri Nama Grup, maksimal 25 karakter;
  7. Setelah membuat nama grup, klik ‘Create’ yang ada di pojok kanan atas;
  8. Grup berhasil dibuat dan bisa langsung digunakan;
  9. Selesai.

Cara Membuat Grup Whatsapp Lewat Komputer

Selain menggunakan HP, grup Whatsapp juga bisa dibuat lewat komputer. Lebih tepatnya lewat Whatsapp Web atau Whatsapp for Desktop. Berikut ini langkah-langkah cara membuat grup lewat komputer/PC atau laptop (Whatsapp Web atau Whatsapp for Desktop);

  1. Buka aplikasi Whatsapp Web atau Whatsapp for Desktop;
  2. Klik ikon Titik Tiga yang sejajar dengan ikon + dan status;
  3. Pilih New Group dan klik tulisan tersebut;
  4. Pilih Kontak yang akan dimasukkan ke dalam grup;
  5. Setelah memilih kontak, klik TandaPanah yang ada di bawah;
  6. Beri nama grup, maksimal 25 karakter;
  7. Setelah memberi nama grup, klik TandaCentang di bagian bawah;
  8. Grup berhasil dibuat dan bisa langsung digunakan;
  9. Selesai.

Cara membuat grup lewat komputer, baik laptop atau PC (Whatsapp Web atau Whatsapp for Desktop) sebenarnya hampir sama dengan membuat grup lewat HP android. Hanya medianya yang berbeda.

 

 

Cara Membuat Tautan Grup Whatsapp

Terkadang, tidak sedikit orang yang meminta untuk bergabung ke dalam grup karena alasan tertentu. Jika jumlahnya banyak, admin grup bisa kewalahan. Salah satu alternatif agar lebih praktis adalah dengan membuat tautan untuk bergabung ke grup.

Tautan grup sendiri sebenarnya tidak perlu dibuat secara manual, karena sudah ada di info grup tersebut. Kita hanya tinggal membagikannya saja. Jika masih bingung, berikut langkah-langkah cara memasukkan anggota baru ke grup melalui tautan tersebut;

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *