Cara Broadcast Whatsapp ke Banyak Kontak dengan Mudah

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
23 Desember 2021
Waktu membaca
5 Menit

Masih tentang Whatsapp, pada tulisan kali ini kami akan memberikan langkah-langkah Cara Broadcast Whatsapp ke banyak kontak dengan mudah. Mungkin ada sebagian dari para pengguna Whatsapp yang jarang menggunakan fitur Whatsapp satu ini padahal sangat bermanfaat.

Di akhir artikel, seperti biasa, kami akan menjawab beberapa pertanyaan terakit dengan fitur broadcast Whatsapp secara umum. Seperti misalnya pertanyaan apa penyebab broadcast tidak sampai ke penerima atau centang satu, berapa maksimal kontak dalam sekali broadcast, dan seterusnya.

Jangan lupa, baca juga artikel lain dari kami terkait dengan Whatsapp. Seperti misalnya Cara Membuat Notifikasi Whatsapp Seperti Suara Google Tanpa Aplikasi dan Cara Download Nada Dering WA Lucu Terbaru dengan Gratis dan Aman.

Apa Itu Broadcast Whatsapp?

Broadcast artinya pesan siaran. Broadcast Whatsapp adalah salah satu fitur di Whatsapp yang dapat digunakan untuk mengirimkan pesan ke banyak kontak secara bersamaan. Dengan fitur ini, kita tidak perlu mengirimkan pesan satu per satu kepada kontak yang ingin kita tuju.

Sekali kita membuat broadcast, maka kita tidak perlu membuatnya lagi. Dengan catatan tidak ada kontak baru yang ditambahkan. Kita bisa mengirimkan pesan ke mereka tanpa harus membuatnya lagi sejak awal. Akan tetapi, cukup dengan broadcast yang sudah kita buat.

Mengirim pesan lewat broadcast jauh lebih praktis ketimbang mengirimnya satu per satu. Selain membutuhkan waktu yang lama, mengirim pesan satu per satu juga tidak praktis. Dengan begitu, memanfatkan broadcast bisa menghemat waktu dan membuat pekerjaan menjadi lebih parktis.

Kelebihan Broadcast Whatsapp

Selain memiliki kelebihan, fitur Whatapp yang satu ini juga memiliki kekurangan atau kelemahan. Berikut ini kami rangkumkan dari berbagai sumber kelebihan fitur broadcast pada Whatsapp.

1). kita tidak perlu menghabiskan waktu untuk copy-paste pesan yang akan kita kirim. Dengan boradcast kita cukup membuat pesan sekali lalu tinggal mengirimkannya saja.

2). Dapat menghemat waktu dan tenaga kita. Berapa waktu yang kita butuhkan untuk mengirim pesan ke 250 orang. Dengan fitur broadcast kita hanya butuh waktu kurang dari 5 menit.

3). Kita dapat dengan mudah mengubah daftar penerima pesan secara berkala, sesuai dengan yang kita butuhkan. Caranya tinggal add recipients kontak yang ingin ditambahkan.

4). Tampilan pesan yang dikirimkan lewat broadcast sama dengan tampilan pesan yang dikirimkan secara satu per satu. Cara itu lebih efektif ketimbang mengirim pesan lewat grup.

5). Kelebihan boardcast yang terakhir adalah kita dapat mengecek siapa saja kontak yang sudah menerima pesan yang kita kirimkan. Pesan tersebut sudah dibaca atau belum.

Broadcast Whatsapp untuk Bisnis

Fitur broadcast yang berarti dapat mengirimkan pesan ke banyak kontak secara bersamaan, menjadi salah satu kemudahan bagi para pelaku bisnis untukmempromosi produk-produk mereka.

Buat kamu yang sedang membangun bisnis, fitur seperti pesan broadcast mungkin layak untuk dicoba. Barangkali saja bisa menunjang bisnis yang sedang kamu bangun tersebut. Ada paling tidak 3 keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan fitur boardcast tersebut, yakni;

1). Broadcast bisa menjadi pengganti marketing yang andal. Dalam sebuah bisnis, kamu tentu butuh jasa seorang marketing. Broadcast bisa menjadi alternatif untuk marketing tersebut.

Fitur broadcast dapat membantu kamu untuk membagikan informasi ke banyak orang terkait produk-produk terbaru yang kamu miliki, harga, hingga voucher diskon yang dapat digunakan.

2). Menghemat tenaga dan waktu. Memasarkan produk tidak perlu lagi pamflet yang harus dicetak terlebih dulu saat ini. Kamu cukup menggunakan broadcast sebagai pengganti pamflet tesebut.

Jika kamu masih menggunakan pamflet, maka kamu harus membagikannya dengan cara turun langsung ke jalan. Sedangkan dengan broadcast, kamu hanya perlu duduk dan membagikan konten yang telah kamu buat. Dengan broadcast kamu bisa menghemat tenaga sekaligus waktu.

3). Dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan. Mereka yang menerima pesan broadcast dapat langsung membalas pesan tersebut. Jadi, penerima pesan yang hendak melanjutkan transaksi dapat langsung membalas pesan yang kita broadcast tanpa melibatkan orang lain.

 

 

Cara Broadcast Whatsapp di Android

Langkah-langkah cara broadcast yang pertama yang akan kami berikan broadcast di HP android. Agar bisa  melakukan broadcast ke banyak kontak di HP android, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Whatsapp;
  2. Klik tanda titik tiga yang ada di pojok kanan atas;
  3. Plih ‘New Broadcast’;
  4. Pilih Kontak yang akan dikirimi pesan. Batas maksimal 256 kontak.
  5. Setelah memilih kontak, klik ikon Centang yang ada di pojok kanan bawah.
  6. Jika sudah, akan dialihkan ke chat room pesan broadcast.
  7. Di laman chat room, ketik pesan yang diinginkan. Bisa juga menambahkan foto, video, kontak atau lokasi.
  8. Jika dirasa sudah selesai dan cukup, klik tombol send.
  9. Selesai.

Cara Broadcast Whatsapp - Langkah Singkat

Bukan pengguna HP android? Tenang saja. Setelah ini kami akan memberikan langkah-langkah broadcast di HP iOS. Simak terus artikel ini, jangan sampai ketinggal informasi sedikit pun.

Cara Broadcast Whatsapp di iOS

Meski agak berbeda dengan pengguna HP android, pengguna HP iOS juga dapat melakukan broadcast Whatsap. Agar bisa melakukan broadcast ke banyak kontak di HP iOS, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Whatsapp;
  2. Pilih ‘Broadcast Lists’ pada bagian kiri atas;
  3. Setelah itu klik ‘New List”;
  4. Pilih kontak yang mau dikirimi pesan;
  5. Setelah itu akan dialihkan ke chat room baru untuk mengetikkan pesan broadcast;
  6. Jika dirasa sudah selesai dan cukup, klik tombol send.
  7. Selesai.

Cara melakukan broadcast ke banyak kontak di HP iOS sebenarnya hampir sama dengan cara melakukan broadcast di HP android. Hanya tampilannya (interface) saja yang berbeda.

Cara Broadcast Whatsapp di Komputer

Dari beberapa sumber, kami menemukan bahwa broadcast Whatsapp bisa dilakukan lewat Whatsapp Web maupun Whatsapp for Desktop. Tutorial yang mereka berikan hampir sama atau mirip dengan cara membuat braodcast aplikasi Whatsapp yang ada di HP android atau iOS.

Hanya saja, sampai setidaknya tulisan ini kami buat, kami tidak menemukan cara atau tidak bisa membuat broadcast Whatsapp. Kami tidak menemukan adanya fitur ‘New Broadcast’ atau ‘Broadcast Lists’. Baik menggunakan Whatsapp Web maupun Whatsapp for Desktop.

 

 

Kekurangan Broadcast Whatsapp

Selain kelebihan yang dimiliki, broadcast Whatsapp juga memiliki keterbatas pada hal-hal tertentu. Berikut ini kami rangkumkan kekurangan yang ada pada broadcast Whatsapp.

1). Terbatas dapat mengirim ke 256 kontak.
2). Harus saling menyimpan kontak. Jika tidak maka pesan tidak bisa sampai.
3). Ada kemungkinan, pesan tidak terkirim di hari yang sama.

Sekedar catatan tambahan, kekurangan broadcast Whatsapp akhirnya dimanfaatkan oleh beberapa pihak untuk membuat aplikasi yang semacamnya namun jauh lebih baik. Seperti misalnya ada aplikasi yang bernama Whatsapp Blast yang bisa mengirim pesan ke lebih dari 256 kontak.

Selain itu, dengan Whatsapp Blast kita juga tidak harus saling menyimpan kontak agar pesan bisa sampai ke penerima. Namun, Whatsapp Blast bukan aplikasi resmi dari Whatsapp alias ilegal. Menggunakan aplikasi resmi jelas lebih baik dan mana meski dengan beberapa kekurangan.

FAQ

  • Mengapa broadcast Whatsapp tidak sampai pada penerima?

Salah satu penyebab tidak sampainya broadcast Whatsapp ke penerima adalah karena nomor kita belum disimpan oleh penerima. Dalam situs resmi Whatsapp juga disebutkan bahwa hanya kontak yang telah disimpan oleh penerima, yang akan menerima broadcast Whatsapp dari pengirim.

  • Berapa maksimal broadcast Whatsapp?

Tidak ada batasan untuk membuat broadcast Whatsapp. Hingga saat ini, Whatsapp hanya memberi batasan jumlah kontak yang dapat kita pilih, yakni sebanyak 256 kontak.

  • Mengapa broadcast Whatsapp centang satu?

Broadcast Whatsapp bisa saja hanya centang satu. Sebenarnya pesan tersebut sudah terkirim dan sampai di server Whatsapp. Hanya saja server Whatsapp belum dapat meneruskan pada penerima karena ponsel penerima sendiri sedang tidak terhubung dengan internet.

  • Bagaimana cara menghapus atau menarik pesan di Whatsapp?

Cara menarik pesan di Whatsapp sangat mudah. Pertama buka chat yang akan dihapus, kemudian klik dan tahan agak lama pada pesan yang akan dihapus. Lalu di bagian atas akan muncul ikon keranjang sampah. Klik ikon tersebut dan pilih ‘Hapus Untuk Semua Orang’.

 

Akhir Kata

Demikian informasi terkait cara broadcast Whatsapp ke banyak kontak secara bersamaan. Caranya sangat mudah dan memudahkan kita dalam urusan mengirim pesan secara praktif. Oleh karena itu, kita bisa memanfaatkan fitur Whatsapp yang satu ini seaktu-waktu jika diperlukan.

Akhir kata, terima kasih sudah berkunjung ke website kami dan membaca artikel ini sampai selesai. Jangan lupa, juga artikel kami terkait dengan Whatsapp. Seperti Cara Menggunakan Whatsapp Web atau Cara Video Call Whatsapp di Laptop atau PC/Komputer dan HP.

Satu lagi, jangan lupa juga untuk membagikan artikel kepada siapa pun. Barangkali saja ada yang sedang membutuhkan. Sekaligus memberitahu mereka bahwa Whatsapp memiliki fitur broadcast yang bisa dimanfaatkan untuk mengirim pesan ke banyak kontak dengan praktis.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *