Cara Membuat Nama Toko Online Beserta Contoh

Hanif 08 Jun 2022 4 Menit 0

Membuat nama toko online yang baik sering kali disepelekan oleh penjual. Padahal, nama toko sendiri merupakan strategi branding yang bisa memikat pembeli.

Di zaman yang serba digital, jual-beli pun juga bergeser melalui internet, toko online pun semakin banyak yang bermunculan.

Untuk mendapatkan recognition atau pengenalan dari pelanggan, salah satu strategi yang bisa digunakan adalah penggunaan nama toko online. Jadi, ketika membuat toko online, gunakanlah nama toko yang bagus.

Dengan nama toko online yang baik ini pelanggan bisa dengan mudah menemukan tokomu di internet bahkan merekomendasikan tokomu. Dengan nama toko online yang baik, ini adalah nilai plus yang bisa membuat calon pembeli percaya dengan toko online mu.

Jadi simak artikel berikut dan buat nama toko online yang memikat.

1. Nama Toko yang Bermakna

Menurut pepatah, nama adalah doa. ini juga bisa berlaku untuk toko online. Kamu bisa memilih nama toko yang membawa berkah. Selain menjadi dorongan positif, ini juga bisa menjadi daya Tarik tersendiri.

Dengan memakai nama yang memiliki makna, pembeli bisa mengingat nama toko dari makna yang terkandung di dalamnya. Selain itu, ini juga bisa membantu menjelaskan nilai-nilai dari toko atau produkmu.

Untuk mendapatkan nama toko yang bermakna, bisa menggunakan nama asing, bahasa lokal, seperti Bahasa sanskerta. Ini akan membuat nama toko di Shopee dan platform lain menjadi bagus.

Contoh:

  • “Shubha” dalam Bahasa sanskerta berarti baik dan menguntungkan
  • “Hasanah” dalam Bahasa Arab berarti baik
  • “Forte” dalam Bahasa italia artinya kuat
  • “ambara” dalam Bahasa sanskerta artinya angkasa
  • “amreta” dalam Bahasa sanskerta aritinya air kehidupan

2. Nama Toko yang Aesthetic

Membuat nama toko online yang memiliki keindahan tentu akan menarik pengunjung. Selain itu, ini juga bisa menjadi refleksi dari toko online mu sendiri.

Misalnya toko online mu memiliki nama yang elegan, ini akan melekat ke benak pealnggan bahwa produk yang dijual juga elegan.

Agar tokomu aesthetic, bisa emnggunakan istilah lokal atau istilah asing yang jarang digunakan. Ini adalah slah satu cara membuat nama toko yang bagus.

Contoh:

  • “Loire Valley”
  • “Alamanda”
  • “Alyssum”
  • “Anemone”
  • “Ivy”
  • “Lily”
  • “Estrella”
  • “Aurum”
  • “Fiona”
  • “Thalia”
  • “Akira”
  • “Orion”
  • “Aloha”

Nama toko

3. Ambil Nama Produk

masih bingung menentukan nama toko? Comot saja nama produk dan tambahkan kata dibelakangnya. Atau, kamu juga bisa memplesetkan nama produkmu. Ini tentunya akan memudahkan pelanggan mengignat nama tokonya.

Jadi, kamu bisa menggunakan nama produk untuk Membaut nama toko makanan.

Contohnya:

  • “Mie Petir”
  • “Merapi Fried Chicken”
  • “Kebab Adana”
  • “Donat Crispy”
  • “Prayoga Laptop”

4. Ambil Nama Tempat

kmau bisa mengambil nama produkmu kemudian tambahkan nama daerahmu.

Kombinasi ini memudahkan pelanggan mengingat dan menemukan nama toko. Palagi, banyak calon pembeli yang menggunakan mesin pencari seperti google untuk menemukan produk dan penjual dari suatu produk.

Contohnya

  • “Jember Jilbab”
  • “Semarang Kerudung”
  • “Bandung Hijab”

 

5. Nama Toko dari Nama Penjual

ini adalah cara termudah untuk membuat nama online shop. Ambil saja namamu lalu tambahi shop dibelakang. Misalnya Andi’s Shop.

Ini bisa bagus jika kamu memiliki personal branding atau banyak dikenal. Ketika orang mengingatmu, mereka juga kan mengingat tokomu.

  • Mas Kobis
  • Pakde Emha
  • Mbah Doel

Ciri-Ciri Nama Toko Online yang Bagus

Setelah mencoba menemukan nama toko online, kamu bisa merefleksikan nama tersebut dan cek apakah nama tersebut memenuhi ciri-ciri berikut. Tapi ini tidak paten ya, kamu tidak harus mengikuti seluruh ciri berikut. Ini hanya sekedar rekomendasi untuk membuat nama toko online.

Istilah dalam online shop

  • Original

Ciri pertama adalah original atau asli. Maksudnya adalah jangan sampai nama toko online mu sama dengan toko orang lain. Ini bisa membingungkan konsumen.

Selain itu, dengan nama yang original juga bebas dari plagiat. Sehingga kamu bisa mendaftarkannya ke HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual).

Jadi, hindari juga nama plesetan yang terlalu mirip. Kamu juga bisa cek dan cari apkah nama yang kamu inginkan sudah diambil orang.

  • Unik

Ciri kedua adalah unik. Dengan nama yang tidak terpikirkan sebelumnya, ini bisa lebih mudah terngiang-ngiang di benak konsumen.

Selain itu, nama yang unik juga bisa menambah rasa penasaran calon pembeli. Ini menambah kesempatan calon pembeli mengeklik dan melihat lihat toko kamu.

Contohnya adalah “hijup”.

  • Mudah dibaca

Nama toko yang mudah dibaca akan memudahkan calon pembeli untuk mengenal toko mu. Jika nama mu terlalu sulit dibaca, calon pembeli bisa jadi tidak membaca tokomu dan melewatkannya begitu saja.

Selain itu, jika tokomu mudah dibaca, tentu akan mudah diketikkan kembali. Ini akan menguntungkan ketika pengunjung harus mengetikkan nama tokomu di kolom pencarian.

Agar nama tokomu mudah dibaca, gunakan nama yang singkat dan sederhana. Selain itu, hindari penggunaan simbol yang tidak umum.

  • Deskriptif

Seperti yang sudah dituliskan di atas, kamu bisa menggunakan nama toko yang mencerminkan nama produk, nama tempat, atau nama pemilik toko.

Ini akan membantu pelanggan untuk mengingat tokomu. Dengan begitu, jika pembeli mau repeat order dia bisa dengan mudah menemukan tokomu.

  • Konsisten

Jangan terlalu sering mengganti nama toko, tetap gunakan nama yang sama jika memang nama tersebut sudah bagus. Jika mengganti nama, pelanggan lama bisa bingung.

Selain itu, jika membuat nama toko di Shopee samakan dengan toko online di tempat lain juga. Samakan juga nama toko dengan yang tercantum di media sosial seperti Instagram jika ada.

Begitu juga dalam deskripsi produk maupun foto produk, jika mencantumkan toko, pastikan nama tokonya sama.

Ini menunjukkan bahwa tokomu profesional.

  • Tone yang sesuai

Nama yang kmau pilih bisa memiliki tone tertentu. Contohnya “forte” berarti kuat, sementara “rose” memiliki arti mawar dan membawa kesan cantik. Ini menunjukkan bahwa kata yang kmau pilih bisa memiliki kesan dan karakteristik khusus.

Untuk mengoptimalisasi nama toko, hindari penggunaan kata yang menimbulkan kesan negatif.

Penutup

Begitulah beberapa cara menentukan atau membuat nama toko online. Jadi, jangan meremehkan pemilihan toko online lagi ya. Dengan nama online yang bagus, kamu bisa mendapatkan brand recognition.

Kamu bisa menggunakan tips diatas untuk membuat nama toko online di tokopedia ataupun bukalapak. Selain itu, mintalah feed back dari orang disekelilingmu mengenai nama toko.

Jadi, sebisa mungkin terapkan cara diatas untuk membangun brand toko yang menarik. Ini tentunya bisa berdampak positif terhadap penjualan toko.

Setelah nama toko yang bagus, kamu juga bisa menggunakan deskripsi produk serta foto yang menarik untuk menggaet lebih banyak pelanggan, loh.

Semoga bermanfaat. Jika masih ada yang mau ditanyakan terkait nama toko bisa ditanyakan di kolom koentar.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *