Cara cetak resi pengiriman SiCepat sama halnya dengan tutorial cetak label pengiriman JNE di Shopee.
Penjual atau pemilik online shop hanya perlu melakukan beberapa langkah saja untuk bisa mencetak dokumen atau lembar resi pengiriman SiCepat (REG, HALU, dan GOKIL).
Syaratnya harus ada komputer atau laptop, serta printer thermal atau jenis printer pada umumnya serta kertas A4-A6 atau ukuran yang paling dianjurkan.
Tahukah kamu? Pencetakan resi secara otomatis mampu mengurangi beberapa kesalahan dalam pengiriman, terutama untuk pemula hingga e-commerce skala besar.
Langsung saja yuk mari dijajal tutorial berikut!
Cara Cetak Resi Pengiriman SiCepat lewat Shopee
Untuk bisa mencetak label pengiriman SiCepat di Shopee, pastikan komputer dan printer sudah terhubung ya!
Selain itu, sediakan pula kertas dalam jumlah banyak. Minimal tidak akan cepat habis sekali proses pencetakan agar pekerjaan cepat selesai.
- Buka akun Shopee dan masuk ke Shopee Seller Centre
- Pilih Pengiriman Saya atau Pengiriman Massal (sesuaikan dengan kebutuhan)
- Pilih pesanan berdasarkan jasa kurir di Indonesia yang dipilih pembeli. Di sini, pilih saja SiCepat
- Beri centang pada pesanan yang memilih pengiriman SiCepat
- Atur pengiriman. Misalnya pilih Atur Pickup dan proses pengaturan pengiriman pun berhasil
- Selanjutnya atur jadwal kurir SiCepat mengambil paket ke rumah, tambahkan alamat toko kamu dengan jelas dan klik Konfirmasi
- Nomor kode booking resi pun akan muncul secara otomatis dan tutup halaman dan kembali ke halaman pengiriman saya atau pengiriman massal
- Pada panel sebelah kanan, klik Daftar Proses Pengiriman
- Nah, di menu pop up Riwayat Pengaturan Pengiriman, silakan klik Buat
- Resi pun muncul dan tinggal klik Cetak Dokumen
- Setelah itu, kamu bisa menempelkan dokumen resi tersebut ke paket/barang
Catatan untuk penjual atau pemilik usaha:Saat mengklik Atur Pengiriman, akan ada dua opsi yang bisa dipilih. Pertama, Atur Pickup yang berarti kurir akan menyambangi dan mengambil paket ke alamat toko/rumah penjual. Kedua,Atur Antar ke Counter yang artinya penjual atau admin online shop harus mengantarkan paket-paket tersebut seorang diri ke kantor cabang SiCepat terdekat daerah Jakarta Barat misalnya.
Cara Memproses dan Mencetak Label Pengiriman SiCepat Manual
Kamu tidak punya printer untuk mencetak pesanan yang masuk di akun Shopee milikmu? Tenang saja, masih bisa kok pakai cara manual kok!
Bahkan banyak seller di Shopee yang memilih secara manual karena jumlah order tidak terlalu banyak dan malas buka laptop maupun komputer.
- Buka akun Shopee melalui aplikasi. Klik Saya dan masuk ke Toko Saya
- Kemudian klik opsi Perlu Dikirim pada menu Penjualan Saya
- Pilih paket yang hendak diproses dengan mengklik gambar produk
- Klik Atur Pengiriman
- Pilih metode yang diinginkan. Misalnya Antar ke Counter dan klik konfirmasi
- Nomor resi pun muncul secara otomatis
- Setelah itu, kamu bisa mencatat nama pembeli disertai nomor resinya, kemudian ditempelkan ke paket
- Barulah antar paket tersebut ke kantor SiCepat
Cara cetak resi pengiriman SiCepat yang satu ini dinilai lebih efisien dan cepat apabila jumlah repeat order hanya 1-7 paket saja.
Sedangkan cetak resi otomatis biasanya diperuntukkan bagi e-commerce, dan nama-nama toko online yang terbiasa closing orderan per hari 20-1000 barang.
Tidak mungkin kan karyawan harus menulisnya satu-satu pakai bulpen? Pasti capek banget!
ADVERTISEMENTS
Langkah-Langkah Cetak Resi SiCepat (Massal)
Baca Juga
Selain memilih Pengiriman Saya, penjual di Shopee juga dapat menggunakan Pengiriman Massal apabila banyak pesanan masuk dari permintaan jasa ekspedisi kirim barang yang berbeda .
Contoh:Pada tanggal 23 November, penjual mendapat pesanan sebanyak 30 paket. 20 paket dari SiCepat, 5 Paket dari Anteraja, dan 5 Paket dari J&T.
Nah, ketika berada dalam situasi seperti itu, penjual sebaiknya memilih opsi Pengiriman Massal agar proses shipment lebih efektif dan efisien.
Bagaimana cara cetak resi pengiriman SiCepat secara massal?
- Buka akun Shopee lewat komputer atau laptop dan masuk ke Seller Centre Shopee
- Klik Pengiriman Massal dan centang semua pesanan yang masuk
- Atur pengiriman. Contoh: Atur Pickup agar paket diambil oleh kurir SiCepat
- Kemudian tentukan jadwal penjemputan paket oleh kurir. Misalnya Rabu 23 November 2022, waktu 13:00:00 – 17:59:59 yang berarti paket akan diambil sebelum pukul 18.00 sore.
- Klik konfirmasi dan rincian resi pengiriman pun muncul
- Kembali ke halaman utama Pengiriman Massal, kemudian klik Daftar Proses Pengiriman di panel sebelah kanan.
- Klik Buat untuk memunculkan dokumen resi pengiriman dan klik Cetak Dokumen
- Seluruh resi pun tercetak dan kamu bisa menempelknnya satu per satu ke paket.
Mudah bukan langkah-langkah di atas jika diikuti secara saksama?
ADVERTISEMENTS
FAQ
Q: Apakah print resi Shopee di SiCepat?
A: Penjual dapat mencetak label pengiriman SiCepat dari Shopee ke counter SiCepat secara langsung dengan menuliskan nomor resi terlebih dahulu secara manual dan nanti karyawan counter SiCepat akan mencetak resi tersebut untuk ditempelkan ke paket.
Q: Bagaimana cara cek resi SiCepat?
A: Baik penjual maupun pembeli (penerima paket) dapat mengecek resi SiCepat melalui website resmi SiCepat di https://www.sicepat.com/checkAwb atau langsung mengetikkan kata kunci di kolom pencarian Google “cek resi SiCepat”
ADVERTISEMENTS
Akhir Kata
Demikian cara cetak resi pengiriman SiCepat melalui marketplace seperti Shopee.
Apabila ada perubahan terkait tutorial dan informasi di atas, kami akan segera memperbarui sekaligus memperbaikinya.
Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar marketplace dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.
Sumber:
- Memproses dan Mencetak Pesanan dengan Resi Otomatis – https://seller.shopee.co.id/edu/article/1983