RPX adalah perusahaan ekspedisi terbaik yang fokus pada pengiriman one step logistic terpadu di dalam negeri maupun internasional. Bagaimana cara cek resi RPX bagi pemula?
Ternyata tidak sulit. Hanya dengan melalui beberapa cara, pengguna sudah bisa melacak keberadaan paketnya.
Namun sebelum masuk ke pembahasan inti, kenali dulu yuk RPX dan kiprahnya sebagai pencetus pengiriman logistik!
Sebab, ternyata ada banyak hal yang harus diketahui sebelum menggunakan jasa pengiriman asal Indonesia yang satu ini!
Apa Itu RPX?
RPX (PT Repex Perdana International) awalnya didirikan untuk melayani pengiriman barang di wilayah Asia Tenggara atas usul Harsha Eddy Joesoef pada 13 April 1982.
Pendirian RPX sendiri tak dapat dilepaskan dari prinsipal City Link.
Setelah tiga tahun berselang, prinsipal RPX berganti menjadi Gelco International dan Federal Express Corporation (FedEx) pun membelinya.
Layanan RPX yang Bisa Digunakan
Beberapa tahun berdiri, RPX makin berkembang dengan membangun cabang atau unit bisnis yang mengurus pengiriman, khususnya menyangkut wilayah kepabean.
Sebut saja seperti penyediaan jasa forwarding layaknya beberapa layanan door to door untuk pengiriman barang, pergudangan, pengiriman domestik (Anteraja), manajemen properti, dan masih banyak lagi.
Dengan menggunakan layanan RPX, pengirim bisa menikmati dua jenis layanan yakni Express (dalam negeri) dan International Express (pengiriman barang ke luar negeri).
Support FedEx untuk RPX membuat perusahaan ini setara dengan DHL Express, yakni jasa pengiriman paket hingga ke berbagai negara di dunia.
Inilah unit bisnis lainnya yang dimiliki RPX:
- Jasa khusus Pergudangan (PT Wahana Dirgantara atau disebut juga RPX Warehouse)
- Jasa Kepabeanan (dipegang oleh PT.Sena Satwika atau RPX Clearance)
- Jasa Trucking (PT.Pelangi Semesta atau RPX Freight)
- Khusus penerbangan Airlines (PT Republic Express)
- Bidang pengelolaan bisnis properti (PT Sentra Banuadhi)
ADVERTISEMENTS
Kebijakan dan Aturan Mengirim Paket RPX
Sama halnya dengan perusahaan jasa pengiriman lainnya yang menetapkan kebijakan serta aturan bagi penggunanya.
RPX pun punya caranya sendiri dalam mengatur barang atau paket pelanggannya!
ADVERTISEMENTS
1. Mengganti Alamat Pengiriman
Setiap pengirim bisa mengganti alamat pengiriman pihak penerima atau dari pihak shipper itu sendiri.
Dengan catatan kalau paket belum diterima oleh penerima.
Dan setiap perubahan alamat atau lokasi tujuan tersebut, pengirim akan dikenakan biaya tambahan.
Besaran biaya akan disesuaikan dengan jarak atau muatan barang yang dikirim.
Untuk bisa mengubah alamat, pengirim dapat menghubungi call center atau layanan RPX agar segera diproses.
ADVERTISEMENTS
2. Ambil Paket Membawa Dokumen Resmi
Berbeda dengan aturan atau cara cek resi Anterajaâ yang ketika ingin mengambil paket, penerima hanya perlu membawa resi.
Sementara kebijakan dari RPX langsung, pihak penerima atau yang ingin mengambil paket ke kantor tujuan, maka harus membawa:
- Nomor resi atau invoice
- KTP asli
- Surat kuasa dari pihak pengirim bila yang mengambil bukan pemilik paket yang sebenarnya
Pengambilan paket secara langsung ke kantor hub RPX biasanya karena penerima sedang tidak berada di rumah, penerima ingin mengambil sendiri, dan sebagainya.
ADVERTISEMENTS
3. Data Paket Tidak Terdaftar
Bagi pihak penerima yang sudah mendapatkan nomor resi, akan tetapi setelah dicek ternyata paket tidak terdaftar, maka dapat menghubungi pengirim.
Tanyakan pada pengirim apakah nomor resi yang diberikan sudah benar dan kapan paket dikirim lewat RPX.
Apabila sudah lebih dari 24 jam, paket juga belum bisa dilacak padahal nomo resi yang dimasukkan sudah benar, maka baik pihak pengirim atau penerima dapat menghubungi tim Layanan RPX.
4. Lacak Lewat Super App
Pengirim dan penerima juga bisa menggunakan super App agar cara cek resi RPX dapat diproses dengan cepat.
RPX App dapat diunduh melalui Google Play Store.
Namun sepertinya aplikasi Kiriman Express RPX belum support untuk iOS karena sistem internal sedang berusaha mengembangkannya.
Cara Cek Resi RPX
Berikut beberapa cara untuk melacak paket melalui pemantauan nomor AWB atau resi RPX:
Baca Juga
1. Lewat Kolom Pencarian Google
- Masuk ke laman pencarian Google dan ketik “Cek resi RPX”
- Kemudian masukkan nomor resi atau AWB
- Klik “Lacak Paket”
- Setelah itu detail keberadaan paket akan muncul
2. Cek Nomor AWB Lewat Web RPX
- Masuk ke website resmi RPX
- Lalu masukkan nomor referensi atau nomor resi
- Klik “Cek Kode Pelacakan”
- Apabila muncul kode captcha, masukkan kode sesuai yang tertera dan klik “Cek Kode Pelacakan” kembali (Kalau tidak ada, silakan dilewatkan saja)
- Status pengiriman pun akan muncul dengan sendirinya
Dengan mengecek resi lewat website RPX, pengirim dan pengguna bisa memasukkan tiga nomor resi sekaligus lho!
Jadi tidak perlu mengecek satu per satu.
Nah, apabila nomor resi yang dimasukkan salah, maka akan keluar pemberitahuan:
“Sorry, we didn’t find any matches for shipment number” yang berarti “Maaf, kami tidak menemukan kecocokan atas nomor pengiriman tersebut”.
Banyak pengguna RPX yang menggunakan jasa ekspedisi ini karena pemantauan dapat dilihat melaui website secara real time.
Pengguna juga dapat mengecek ongkir dari Jakarta ke Surabaya, Bali, dan berbagai kota dan pulau di Indonesia.
3. Via Aplikasi SuperApp
- Download aplikasi super App dulu dan daftar atau langsung masuk ke akun masing-masing
- Klik “My Shipment” untuk melacak keberadaan paket
- Masukkan nomor AWB (nomor resi) lalu enter atau klik ikon kaca pembesar
- Kemudian detil pelacakan akan muncul dan bisa dipantau secarab berkala
Hasil dari pencarian juga bisa di-share atau dibagikan ke beberapa platfom atau pihak yang membutuhkan.
4. Manfaatkan Website Eksternal
Selain cara-cara di atas, pengguna juga dapat memanfaatkan website eksternal untuk mengecek nomor AWB RPX.
Apa saja website yang bisa digunakan untuk mengecek maupun resi RPX?
- Agogopost(dot)com
- Lacako(dot)com
- Trackingresi(dot)com
- Jagoresi(dot)com
Langkah-langkahnya pun sama dengan cara cek resi JNT yang tidak bergerak, sehingga diperlukan metode lain.
5. Hotline RPX
Ada beberapa masalah yang juga dialami oleh sebagian pelangan RPX.
Sebut saja seperti paket delay alias tidak bergerak, status tidak diperbarui oleh pihak ekspedisi, dan lainnya.
Sehingga pengguna harus bertindak dengan menghubungi hotline RPX.
âLayanan khusus bebas pulsa: 0 800 1 888 900
âNomor telp: (0217) 5911800
â Email: rpxsmile@rpx.co.id
â Facebook: facebook.com/RPXOneStopLogistics/
FAQ
Q: Berapa nomor resi RPX?
A: Jumlah angka atau nomor AWB (resi) RPX terdiri dari 12 digit angka.
Q: Berapa lama pengiriman menggunakan RPX?
A: Setiap pengguna memiliki pengalaman yang berbeda. Namun, umumnya estimasi pengiriman paket memakan waktu 3 hari. Bisa juga lebih lama sampai 6 hari tergantung jarak yang ditempuh oleh setiap agen maupun kurir RPX.
Q: Apakah RPX tersedia di berbagai e-commerce Indonesia?
A: Layanan RPX juga dapat ditemukan di berbagai marketplace yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk berbelanja. Salah satunya adalah Elevania.
Q: Apa kekurangan RPX daripada jasa pengiriman barang lainnya?
A: Sayangnya RPX masih belum tersebar merata di seluruh daerah di Indonesia seperti J&T.
Namun bisa ditemukan di berbagai kota besar di dalam negeri, terutama Jakarta.
Penutup
Jika pengiriman paket dan cara cek resi RPX menemui kendala, Anda bisa menghubungi pihak-pihak terkait.
Terutama bagian layanan RPX agar segera menemui titik terang.
Terima kasih telah menyimak artikel Pintarjualan.id dan jangan lupa bagikan konten ini ya!