Belajar dari Kasus Penipuan Beli Genteng, Begini Tips Belanja Online yang Aman di Tokopedia!

Anisa 03 Mar 2023 2 Menit 0

ADVERTISEMENT

Beberapa waktu yang lalu, publik sempat dihebohkan oleh pengakuan dari seorang wanita bernama Anita Feng yang membeli genteng senilai Rp28,7 juta di Tokopedia.

Meskipun dirinya sudah membayar lunas pesanan tersebut, rupanya genteng yang dibeli tak kunjung tiba hingga akhirnya membuat kasus ini makin ramai jadi perbincangan di kalangan warganet.

Sampai akhirnya pihak Tokopedia pun melalukan investigasi mendalam untuk memecahkan masalah yang sedang menimpa pelanggannya tersebut. Setelah melalui beberapa proses, Tokopedia menemukan bahwa pihak penjual menggunakan jasa kurir pengiriman barang yang tidak terhubung langsung dengan sistem marketplace.

Dengan kata lain, penjual tidak menggunakan jasa ekspedisi yang sudah terdaftar di sistem Tokopedia untuk mengirim genteng-genteng pesanan pelanggan.

Buntut dari kasus ini berujung pada penonaktifan toko online penjual genteng oleh Tokopedia secara permanen karena dianggap telah menyalahi aturan serta kebijakan yang berlaku.

Anita Feng merupakan pengguna Diamond karena telah melakukan transaksi belanja online lebih dari 1200 kali dan pertama kali mengunggah keresahannya melalui akun LinkedIn pada Senin (20/2).

Bagaimana cara belanja yang aman di tokopedia

Source: tokopedia. Com

Bagaimana cara belanja online tetap aman di Tokopedia meskipun harga produk bernilai tinggi?

  • Carilah nama-nama toko online yang berstatus aktif dan sudah pernah menjual produk pada customer
  • Pilih toko dengan rating tinggi. Mulai dari 4.1 ke atas dan hindari toko dengan bintang 1 hingga 3 karena agak mengkhawatirkan
  • Pastikan toko online yang dipilih sudah punya reputasi di Tokopedia. Misalnya Power Merchant, Pro, dan Bronze, Gold, Silver, dan Diamond
  • Baca review atau ulasan dari pembeli lain untuk melihat pelayanan dan produk yang dijual
  • Baca deskripsi produk yang ditulis oleh penjual; apakah spesifik atau hanya sekadar tulisan formalitas
  • Perhatikan kualitas foto barang. Jika tampak buram dan resolusinya pecah, kemungkinan palsu atau gambar tersebut mengambil dari sumber lain
  • Chat penjual untuk memastikan apakah produk ready atau sudah kedaluwarsa
  • Cek harga di pasaran untuk memeriksa kesesuaian produk (wajar atau tidak harga barang tersebut)
  • Segera ajukan komplain sebelum mengkonfirmasi penerimaan barang
  • Laporkan kendala ke Tokopedia Care sesegera mungkin
  • Jika harga produk cukup tinggi bahkan di atas Rp10 juta, utamakan opsi COD agar tidak tertipu oleh oknum yang turut andil di dalamnya
  • Pastikan sebagai pembeli bisa melakukan refund dan retur barang jika produk tidak sesuai dengan pesanan
  • Saat paket sudah sampai, usahakan selalu rekam saat sejak pertama kali membuka packing barang
  • Gunakan pengiriman barang instant courier dan sameday apabila harga produk tinggi dan sangat dibutuhkan saat itu juga
  • Selalu lacak resi pengiriman barang secara berkala untuk memantau posisi paket

Penipuan bisa saja terjadi ketika pelaku menemukan celah dan kesempatan yang memungkinkan untuk berbuat jahat, sehingga sebagai pembeli harus lebih waspada terhadap modus penipuan paket terbaru saat ini.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar marketplace dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber:

  • Tips Belanja Aman dan Nyaman di Tokopedia – https://www.tokopedia.com/help/article/apa-saja-tips-belanja-aman-dan-nyaman-di-tokopedia
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *