Advertisement

Apa itu Drop Point Shopee Express dan J&T? Gimana Sistem Kerjanya?

Diterbitkan pada
17 Januari 2022
Waktu membaca
4 Menit

J&T dan Shopee Express merupakan jasa ekspedisi pengiriman yang menyediakan sistem drop point. Tapi, apakah kamu tahu apa itu drop point?

Jadi, singkatnya drop point adalah suatu tempat untuk menghubungkan kurir dan penerima paket.

Perlu diketahui, sistem ini akan berbeda antara ekspedisi satu dengan yang lainnya. Nah, kali ini kami akan memberikan penjelasan sistem dari drop point Shopee Express dan J&T.

Penasaran kan? Yuk, langsung saja simak dibawah ini. Check it out…

Apa itu Drop Point?

Drop point sebenarnya adalah istilah dalam bahasa inggris yang artinya “titik penurunan”.

Untuk arti lebih jelasnya,

Drop Point adalah sebuah kantor cabang yang memberikan layanan drop off paket yang akan dikirimkan ke penerima. Jadi sekaligus berfungsi untuk penyambung antara kurir dan penerima paket.

Letak dari kantor ini biasanya berada di tiap kecamatan, kabupaten, hingga kota terpencil. Hal ini supaya bisa menjangkau layanan pengiriman yang lebih luas.

Cara kerja dan sistem suatu jasa kirim pasti berbeda-beda. Begitu juga dengan layanan drop poin di Shopee Express maupun di J&T.

Untuk tahu lebih lengkap kedua jasa kirim yang melayani sistem tersebut, yuk langsung saja simak pembahasan di part selanjutnya dibawah ini!

Drop Point Shopee Express

Shopee Express merupakan jasa kirim yang saat ini juga sedang marak digunakan. Bagaimana tidak? Banyak pilihan layanan dengan harga terjangkau.

Beberapa layanan misalnya seperti Shopee Express Instant, Hemat, Standard, dan lainnya.

Namun, jasa kirim ini hanya bisa melayani pengiriman untuk pembelian di aplikasi Shopee saja. Tapi, jangan khawatir saat ini banyak pengguna yang menggunakan aplikasi ini karena banyak sekali gratis ongkir dari Shopee.

Apa itu drop point Shopee Express?

Kalau di Shopee Express, maksud dari drop poin ini adalah suatu tempat yang digunakan untuk titik penurunan paket, checkpoint, atau bisa disebut titik pengiriman.

Istilah lain yang tidak asing bagi penjual di Shopee adalah drop off. Maksudnya, orderan paket Shopee yang masuk dari pembeli, akan langsung tertera nomor resinya.

Jadi, resi otomatis yang keluar bisa langsung di print atau ditulis kembali oleh penjual kemudian baru menyerahkan ke pihak Shopee Express.

Nah, istilah drop off ini adalah proses pemrosesan paket oleh penjual yang akan diserahkan kepada pihak ekspedisi.

Bagaimana cara kerjanya?

Drop off point pada Shopee Express ini tidak selalu berbentuk kantor ekspedisi. Bisa saja sebuah kios, warung, rumah, toko, dan lainnya.

Tentu saja layanan ini bisa dikelola perorangan. Namun, ada beberapa syarat dan ketentuan untuk melakukan pendaftaran menjadi mitra atau agen ini.

Sebenarnya, layanan ini sama halnya dengan kantor ekspedisi pada umumnya. Hanya saja, untuk drop off point Shopee hanya bisa melakukan penurunan paket dan tidak bisa untuk menerima pick up/ pengiriman barang.

Selain itu, layanan ini juga digunakan sebagai penyortiran. Jadi, barang akan dikategorikan sesuai jenis atau lokasinya sebelum diantar ke alamat tujuan. Hal ini dilakukan untuk memudahkan kurir.

Nah, kalau kamu berminat untuk menjadi agen drop off point Shopee ini, kamu bisa mendapatkan komisi Rp. 500, per paket yang dikirimkan. Pada postingan sebelumnya, kita sudah mengetahui cara menjadi agen drop point Shopee Express. Bisa di cek, ya!

Drop Point J&T Express

Siapa sih yang tidak tahu J&T? Ekspedisi ini merupakan salah satu layanan pengiriman barang terbesar di Indonesia. Bahkan saat ini telah mencapai 4.000 titik yang tersebar luas.

Tidak perlu repot lagi untuk mencari kantor J&T ini, di daerah pelosok dan kota terpencil pun tersedia jasa kirim ini.

Karena banyak pengguna yang mengirim barang lewat J&T, kini ekspedisi ini telah mempunyai kantor pusat, kantor cabang, hingga drop poin.

Mungkin kalau kantor pusat dan kantor cabang kita sudah tidak asing lagi. Nah, kalau drop point J&T artinya apa?

Jadi, untuk memudahkan pelanggan atau penjual dalam mengirim paket, maka diharuskan untuk menyerahkan ke J&T Express terdekat.

Layanan J&T ini juga melayani paket drop off dari penjual sebelum dikirim ke ekspedisi dan sebagai tempat penurunan paket sebelum diantar kurir ke alamat tujuan.

Di J&T kamu juga ada layanan untuk penjemputan paket, jadi kamu tidak perlu untuk datang langsung ke kantor. Biasanya pelanggan setia di J&T dan kurir akan berkomunikasi dengan WhatsApp.

Tidak usah khawatir, biaya untuk penjemputan ini gratis kok.

Namun, ada sedikit perbedaan antara layanan drop point Shopee Express dengan J&T Express.

Bedanya, kalau di Shopee Express membuka peluang usaha untuk para agen dan mitra yang akan mendaftarkan diri untuk menjadi tempat penurunan paket. Jadi, bisa dimiliki perorangan.

Sedangkan di J&T Express ini sifatnya tidak perorangan atau kemitraan, namun sistemnya yaitu sentralisasi.

Dengan sistem sentralisasi ini, maka jam operasional tiap tempat kantor yaitu sama dan bisa melayani pada saat hari libur nasional atau saat tanggal merah.

Bagaimana alur kerjanya?

Berikut alurnya :

  • Pengirim menyiapkan, memeriksa, mengecek, dan mengemas paket.
  • Kemudian pengirim menyerahkan paket ke pihak drop poin J&T Express.
  • Pada saat menyerahkan paket bisa dijemput oleh kurir atau diantar sendiri oleh pengirim.
  • Selanjutnya, akan diberikan bukti kwitansi yang berisi nomor resi, alamat penerima, dan detail informasi lainnya yang nantinya bisa digunakan untuk cek resi J&T.
  • Dari tempat drop poin ini, paket akan dikirimkan ke warehouse sesuai kota tujuan penerima.
  • Barang akan di sortir pada saat tiba di warehouse dan dikirimkan menuju drop point J&T Express sesuai daerah tujuan.
  • Jika telah tiba, maka kurir akan langsung mengirimkan barang ke alamat tujuan.

Jam kerja kantor J&T Express ini beroperasi mulai pukul 08.00-20.00 WIB. Jadi, jika melewati jam tersebut maka kemungkinan paket akan dikirimkan keesokan harinya.

Penerima juga bisa langsung datang ke kantor jika ingin mengambil paketnya sendiri. Namun, pastikan membawa nomor resi, ya.

FAQ

Dari pembahasan di atas, ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna layanan ekspedisi J&T dan Shopee Express.

Untuk itu, sudah kami rangkum beberapa pertanyaan sekaligus jawabannya pada sesi FAQ ini. Semoga membantu, ya~

  • Apa arti paket telah sampai di drop point?

Artinya adalah paket telah tiba di drop poin daerah tujuan penerima dan akan segera dikirim oleh kurir.

  • Setelah drop point kemana?

Setelah barang sampai di drop poin, selanjutnya akan dikirim ke Warehouse sesuai kota tujuan

  • Berapa lama proses drop point J&T?

Tergantung layanan pengiriman. Biasanya lama pengiriman ini 2-5 hari kerja.

  • Apa itu gateway J&T?

Arti dari gateway J&T adalah sebuah kode lokasi sesuai kantor cabang. Misalnya saja JOG_GATEWAY, artinya paket telah sampai di gudang sortir kantor J&T Jogjakarta (JOG).

Penutup

Bagaimana sampai disini sudah cukup paham kan? Kamu bisa memanfaatkan layanan ini untuk mengirimkan barang. Selain mudah, tentu cepat dan aman.

Demikianlah pembahasan mengenai drop point. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, ya.

Jika masih ada pertanyaan, bisa tulis di “kolom komentar” atau diskusi langsung dengan kami di Instagram @Pintarjualan.id. Jangan lupa untuk follow, ya.

Ikuti terus postingan menarik kami hanya di Pintarjualan dan bagikan juga ke teman-teman kalian, ya. Siapa tahu bisa membantu mereka.

Sekian dari kami, terimakasih sudah membaca. See you 🙂

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *