Bluebird Kirim: Jasa Pengiriman Barang Instan Rasa Sultan di Shopee

Anisa 15 Agu 2022 4 Menit 0

Selain jasa pengiriman instan milik Paxel Indonesia, tahukah Anda apa itu Bluebird kirim? Karena layanan ini telah bekerja sama dengan Shopee untuk memfasilitasi penjual dan pembeli.

Khususnya untuk mengantarkan paket logistik berbobot maksimal 200 kg ke beberapa kota di tanah air.

Para seller yang jualan barang di Shopee bisa menambahkan layanan Bluebird kirim bila di kota domisilinya tersedia opsi jasa ekspedisi tersebut.

Sebab sampai detik ini baru 16 kota yang memungkinkan untuk menggunakan fitur milik Bluebird Group.

Namun meski begitu, masyarakat berharap layanan Bluebird kirim mampu menjadi alternatif pilihan yang bisa membantu efisiensi pengiriman paket di wilayah nusantara.

Apa Itu Bluebird Kirim?

Mengenal lebih dekat bluebird kirim

Credit by bluebirdgroup. Com

Bluebird kirim adalah sebuah layanan yang dibentuk oleh Bluebird Group untuk memfasilitasi pengiriman barang bagi para penjual dan pembeli di seluruh Indonesia.

Terutama untuk layanan instan alias pengiriman paket dalam satu hari sampai.

Nah, sejak 2021 lalu, pihak Bluebird dan Shopee akhirnya bekerja sama meluncurkan program pemesanan by Taxi.

Yaitu layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengirim barang menggunakan transportasi Taxi dari marketplace Shopee.

Nama Bluebird sendiri terbilang masih baru karena sejak awal masyarakat mengenalnya dengan sebutan BirdKirim. Namun seiring berjalannya waktu, penguatan bisnis ini menunjukkan kemajuan yang cukup signifikan.

Deretan Wilayah Operasional Bluebird Kirim

PT Bluebird Tbk pun membuka layanannya di 16 kota lebih dalam negeri yang meliputi:

  • Yogyakarta
  • Semarang
  • Jabodetabek
  • Surabaya
  • Cilegon
  • Bandung
  • Bali
  • Pekanbaru
  • Medan
  • Palembang
  • Makassar
  • Padang
  • Pangkal Pinang
  • Pekanbaru
  • Lombok
  • Batam
  • Manado
  • Dll

Untuk bisa mengakses Bluebird Kirim secara pribadi, pengguna bisa mengunduh aplikasi MyBluebird lewat Google Play Store.

Namun bagi para seller di marketplace bisa mengaturnya dengan login Shopee via web maupun aplikasi dan masuk ke laman Seller Center.

Pengiriman Instan Bluebird di Shopee

Bluebird kirim shopee

Credit by bluebird on instagram

Pembeli bisa memanfaatkan fitur Bluebird kirim bila menginginkan pengiriman instan atau same day.

Namun, layanan instan hanya tersedia untuk pengiriman dalam kota serta bagi masyarakat di area Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

Pengguna pun bisa mengirimkan barang cair dengan berat maksimal 750 liter dan barang berkapasitas 200 kg.

Perlu diingat ya,cara mengirimkan barang cair harus memenuhi prosedur dan standar yang telah ditentukan, sehingga barang tidak rusak/bocor selama perjalanan.

Batas pick up barang juga harus diperhatikan, karena layanan ini hanya bisa melayani jemput paket dari pukul 08.00 pagi sampai 05.00 sore.

Kelebihan Bluebird Kirim bagi Customer

Sebelum memeriksa lebih jauh apa itu Bluebird kirim, kenali dulu yuk beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan secara langsung!

1. Barang Dihitung Menurut Jarak

Produk dari perusahaan Bluebird Group ini cukup berbeda dengan berbagai jasa kurir di Indonesia yang menetapkan tarif ongkir berdasarkan beban dan lokasi.

Yaps, program besutan Bluebird group owner ini hanya menentukan tarif berdasarkan jarak yang ditempuh.

Artinya, tidak peduli seberapa berat barang yang akan dikirim (selama tidak lebih dari 200 kg), maka hanya dihitung menurut jarak tempuh saja.

Untuk pengiriman paket dengan jarak 0 hingga 3 km, customer harus membayar sebesar Rp20.000,00 (dua puluh ribu rupiah).

Sedangkan jika pengiriman lebih dari 3 km, maka akan dikenakan biaya tambahan senilai Rp5.500,00 (lima ribu lima ratus rupiah) per km.

Nggak heran kalau banyak pengguna menjuluki Bluebird kirim sebagai layanan rasa sultan, tetapi fasilitas merakyat.

2. Pelayanan CS Cepat dan Solutif

Demi memperbaiki dan meningkatkan pelayanan secara masif bagi pelanggan, Customer Service milik Bluebird termasuk yang paling gercep, bahkan cepat tanggap.

Hal ini dapat dilihat dari cara mereka menangani pengaduan konsumen yang merasa kecewa terhadap driver Bluebird karena telah bertindak rasis.

Tanpa berbasa-basi dan ba-bi-bu, pihak CS pun meminta pengguna untuk menginformasikan nomor taksi yang telah dipesan sebelumnya guna menindaklanjuti serta memberikan sanksi secara tegas pada karyawan tersebut.

Anda pun bisa mengajukan laporan atau pun keresahan terhadap layanan Bluebird kirim dengan menghubungi CS mereka lewat media sosialnya langsung.

3. Cashback yang Tinggi

Bluebird kirim juga dikenal sebagai salah satu ekspedisi terbaik yang memberikan cashback ongkir lumayan tinggi di Shopee.

Rata-rata nilai cashback yang diberikan oleh Bluebird kirim ke pembeli sekitar 5%-30% tanpa syarat jarak dan muatan.

Maksudnya, pengguna yang memilih layanan pengiriman Bluebird bisa mendapatkan cashback tanpa diharuskan mengirim barang berbobot sepersekian kilogram.

Ketentuan tersebut berbeda ketika pembeli menggunakan layanan promo GoSend milik Gojek, maka akan mendapat cashback jika mengirimkan barang bermuatan minimal 20 kg dengan jarak tertentu.

4. Barang Lebih Aman

Paket bluebird aman

Credit by bluebird on instagram

Karena pengantaran paket menggunakan Taxi, maka kondisinya jauh lebih aman.

Terlindungi dari suhu panas, debu, serta air hujan yang bisa saja membuat kemasan menjadi lecek dan berantakan.

Selain itu, pengguna bisa mengirimkan berbagai jenis barang lewat Bluebird kirim.

  • Dokumen penting dan bersifat resmi
  • Perhiasan emas
  • Perlengkapan rumah tangga
  • Perlengkapan olahraga
  • Peralatan musik
  • Perlengkapan kamera
  • Alat-alat pertukangan
  • Tanaman
  • Aneka makanan, termasuk sayur dan buah-buahan
  • Memindahkan barang-barang dari kos ke rumah atau sebaliknya

Singaktnya, layanan Bluebird kirim sangat membantu bagi para pelaku UMKM, terutama para pemilik bisnis perlengkapan dan kebutuhan keluarga.

Kekurangan Bluebird Kirim

Meskipun Anda akan merasakan beberapa kenyamanan menggunakan Bluebird kirim, akan tetapi ada beberapa hal yang mungkin masih perlu dipertimbangkan.

Dan bisa jadi pengusaha di luar sana turut mengalami hal-hal kurang menyenangkan dengan layanan ini.

1. Layanan Terbatas

Tidak bisa dipungkiri kalau layanan Bluebird kirim masih sangat terbatas.

Keterbatasan ini diakibatkan oleh moda transportasi yang digunakan untuk megantar barang merupakan Taxi, meskipun pihak Bluebird juga menawarkan opsi lain.

Apalagi baru 20 kota yang menyediakan produk dari Bluebird Group, sehingga penyebarannya masih belum menyeluruh dan merata

2. Belum Support Seluruh Marketplace

Sayangnya Bluebird kirim masih belum terintegrasi atau belum menjalin kemitraan dengan seluruh marketplace yang beroperasi di tanah air.

Padahal dengan layanan VIP ala Sultan miliknya, kemungkinan customer dari marketplace lain juga membutuhkannya.

Ditambah lagi sering menawarkan promo dan diskon yang cukup besar.

3. Harga yang Masih Mahal

Layanan bluebird kirim

Credit by bluebird on instagram

Pengiriman barang dalam jumlah banyak dan nilai tinggi mungkin masih akan menguntungkan bila memanfaatkan Bluebird kirim.

Akan tetapi, pilihan tersebut kurang direkomendasikan untuk pemilik bisnis barang-barang ringan berharga murah.

Karena kemungkinan tarif ongkos kirimnya jauh lebih besar daripada harga barang.

Selain itu, sepertinya Bluebird kirim belum mendukung untuk bisnis maupun jualan frozen food karena ketiadaan ice cooler atau chiller untuk menyimpan makanan beku tersebut.

4. Tracking Paket Terbatas

Tidak seperti beberapa jasa pengiriman barang lainnya, pengguna layanan ini tidak bisa mengecek resi atau melacak paketnya lewat website eksternal.

Jadi, hanya bisa melalui aplikasi Shopee dan aplikasi MyBluebird saja.

FAQ

Q: Apa itu Bluebird kirim instan?

A: Bluebird pengiriman instan merupakan layanan antar paket yang dilakukan dalam waktu 4 jam sejak penjemputan barang dilakukan oleh driver. Dengan kata lain, barang akan sampai hanya dalam waktu satu hari saja.

Q: Bagaimana cara tracking Blubird Kirim?

A: Pengguna bisa melakukan pelacakan paket melalui aplikasi MyBluebird jika memesan di luar aplikasi Shopee.

Sementara bagi pengguna Shoppe yang memesan langsung dari marketplace tersebut, maka bisa melacak lewat menu “lacak pengiriman barang” lewat riwayat atau daftar pesanan.

Penutup

Setelah mengenal apa itu Bluebird kirim, apakah Anda mulai tertarik menggunakan layannya?

Pengguna bisa memilih berbagai metode pembayaran lho! Mulaid dari transfer bank langsung, credit card, LinkAja, GoPay, DANA, dan sebagainya.

Semoga artikel dari Pintarjualan.id ini membantu Anda dalam menanyakan sepak terjang Bluebird ya!

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *