Cara Membuat Google Form untuk Segala Kebutuhan (Kuesioner, Ujian, Polling)

Ifan Prasya 24 Aug 2022 3 Menit 0

Kita semua tau.. jika ingin membuat kuisioner, formulir pendaftaran, atau jajak pendapat; Google Form adalah pilihan yang tepat. Namun, banyak yang masih bingung bagaimana cara membuat Google Form.

Tapi tenang saja, kami akan kasih tau caranya berupa panduan langkah demi langkah mengenai:

  • Pengenalan antarmuka dan tombol fungsi
  • Cara membuat formulir dari nol hingga siap edar
  • Cara membagikan formulir kepada audiens
  • Menutup formulir dan melihat hasil respon audiens

Plus, kami juga akan kasih bonus video cara membuat kuesioner, soal ujian, dan polling menggunakan Google Form. Karena itu, tekan tombol bookmark dan scroll artikel ini sampai bawah, ya. Mari kita mulai.

 

Pengenalan Google Form

Sebelum memulai, kita coba jelaskan terlebih dulu tentang apa itu Google Form.

Dulu, sebelum menjadi aplikasi resmi, Google Form merupakan tools yang ada di Google Sheets untuk membuat formulir dan membagikannya di halaman terpisah.

Melihat pengguna yang makin antusias, akhirnya Google memutuskan untuk membuat aplikasi sendiri pada 2016 silam. Jadilah aplikasi baru bernama Google Formulir.

Sekarang kita coba masuk ke Google Formulir. Ssaat membukanya lewat Desktop, akan muncul tampilan seperti berikut:

Pengenalan google form

  1. Judul file
  2. Opsi tampilan
  3. Pratinjau
  4. Setelan
  5. Kirim form
  6. Opsi lainnya (undo/redo, menambah kolaborator, membagikan link, cetak form)
  7. Akun yang dipakai
  8. Judul formulir
  9. Deskripsi formulir
  10. Pertanyaan
  11. Isi pertanyaan
  1. Opsi tambahan
  2. Menyalin pertanyaan
  3. Menghapus pertanyaan
  4. Pertanyaan wajib dijawab
  5. Opsi lain pertanyaan (acak, deskripsi)
  6. Jenis lembar jawaban
  7. Menambah pertanyaan
  8. Impor pertanyaan
  9. Tambah judul & deskripsi
  10. Tambah gambar
  11. Tambah video
  12. Tambah halaman baru

Cara Membuat Google Form

[su_note]Catatan: Sebelum membuat google form, kamu wajib punya akun Google (Gmail).[/su_note]

ADVERTISEMENTS

1 — Buka Situs Google Formulir

Untuk membukanya, silakan klik link berikut: https://docs.google.com/forms

Atau kamu juga bisa membukanya lewat Google Drive > + Baru > Google Formulir.

ADVERTISEMENTS

2 — Buat Formulir Kosong

Pada halaman utama, klik tombol ” + ” untuk membuat formulir baru dari awal. Seperti tanda merah berikut ini:

Membuat form baru

Jika ingin membuatnya dengan template, silakan klik Galeri Template. Di situ telah tersedia beberapa template yang bisa kamu pakai. Kategorinya juga lumayan komplit, meliputi:

  • Personal (undangan, info kontak, menentukan jadwal, pendaftaran acara)
  • Pekerjaan (form order, masukan acara, permintaan cuti, lamaran kerja)
  • Pendidikan (kuis soal tanya jawab, penilaian, lembar kerja, evaluasi)

Dengan catatan, template tersebut biasanya sangat umum dan butuh di-edit lagi. Jadi saran kami, pilih formulir kosong saja.

ADVERTISEMENTS

3 — Lengkapi Judul & Deskripsi

Berikutnya, beri judul pada formulir kamu. Sesuaikan dengan jenisnya, misalkan kuesioner tingkat pengaruh iklan saat membeli produk secara online. Atau, soal ulangan harian kelas 8 SMP. Dan seterusnya.

Setelah judul, lengkapi juga bagian deskripsi. Hal ini bisa berisi peraturan dalam menjawab pertanyaan, informasi singkat mengenai survei, atau bahkan kontak untuk dihubungi.

Contohnya seperti ini:

Judul formulir

ADVERTISEMENTS

4 — Isi Pertanyaan & Opsi Jawaban

Setelah judul, isikan pertanyaan dan opsi jawaban. Untuk menambah pertanyaan, tekan tombol ” + ” yang ada pada toolbar sebelah kanan.

Untuk pertanyaan tidak ada variasi, namun untuk opsi jawaban variasinya cukup banyak. Meliputi:

  • Jawaban singkat
  • Paragraf
  • Pilihan ganda
  • Ceklis
  • Menu (drop-down)
  • Skala
  • Upload file
  • Kisi pilihan ganda
  • Petak kotak centang
  • Tanggal dan waktu

5 — Simpan & Kirim Formulir

Jika sudah selesai, klik tombol Kirim di pojok kanan atas. Maka akan muncul pop-up seperti ini:

Halaman Selanjutnya
...

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ifan Prasya
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *