7 Strategi Pemasaran Bisnis Sewa Apartemen, Tingkatkan Occupancy Rate

Hanif 10 Sep 2024 3 Menit 0

Bagaimana strategi pemasaran bisnis sewa apartemen? Modal bisnis apartemen tidak hanya materi properti, tapi juga soft-skill untuk menggaet penyewa apartemen.

Tempat tinggal menjadi kebutuhan utama setiap orang, jadi tidak heran jika industri properti terus berkembang dengan cepat, apalagi dengan pertumbuhan kota yang pesat.

Seiring kemajuan teknologi, calon tenant sekarang banyak yang mencari apartemen secara online.

Ini menjadi salah satu strategi pemasaran bisnis sewa apartemen yang tidak boleh terlewatkan. Apa saja strategi marketing sewa apartemen? Simak tipsnya di bawah.

1. Daftarkan Apartemenmu di Situs Listing Properti

Kalau cari kos-kosan ada Mamikos, untuk cari apartemen ada jendela360.com. Platform listing apartemen ini membantu mempertemukan antara pemilik apartemen dan penyewa apartemen.

Melalui situs listing apartemen, calon tenant bisa dengan mudah mencari dan menemukan apartemen berdasarkan kriteria yang mereka inginkan.

Strategi pemasaran bisnis sewa apartemen

Misalnya di Jendela360 kamu bisa mendapatkan informasi lokasi, fasilitas, deskripsi, foto, dan harga per bulan. Tidak ketinggalan, ada fitur untuk penjadwalan survey unit serta filter untuk menemukan apartemen yang sesuai dengan kriteria dan kebutuhan calon tenant.

Selain Jendela360, ada juga OLX dan Rumah123 yang bisa digunakan untuk menjangkau lebih banyak calon penyewa.

2. Manfaatkan Media Sosial untuk Jangkau Calon Tenant

Media sosial menjadi tempat banyak orang menghabiskan banyak waktunya di Internet.

Media sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok, dan Twitter juga menjadi platform untuk sharing pengalaman, ulasan, dan pendapat mengenai apartemen. Tidak heran, media sosial ini adalah salah satu bagian internet marketing yang selalu diandalkan.

Strategi pemasaran bisnis sewa apartemen

Sebagai pemilik ataupun agen usaha apartemen, kamu bisa posting foto-foto dan melakukan interaksi terhadap calon pembeli. Termasuk juga dengan iklan berbayar di media sosial, jangkau audiens yang lebih luas.

Di sini kamu juga bisa menjelaskan berbagai fasilitas dan fitur yang dimiliki dari apartemen. Termasuk juga menjabarkan aturan apartemen.

Tidak ketinggalan, tentunya sesuaikan konten media sosial dengan target audience dan target marketmu juga.

ADVERTISEMENTS

3. Buat Tur Virtual dan Video Biar Tenant Yakin

Strategi pemasaran bisnis sewa apartemen

Banyak orang tidak memiliki waktu untuk mengunjungi apartemen secara langsung. Karenanya, tur virtual melalui foto 360 atau video 360 bisa menghadirkan perspektif bagi calon penyewa mengenai kondisi dan fasilitas apartemen.

Keuntungan lainnya, kamu sebagai pemilik properti juga tidak harus sering-sering menerima calon penyewa yang akan melakukan pengecekan.

ADVERTISEMENTS

4. Tawarkan Promo dan Diskon Yang Bikin Tenant Gak Bisa Nolak

Strategi bisnis sewa apartemen selanjutnya adalah menawarkan diskon untuk penyewaan jangka panjang atau diskon bulan pertama.

Ini menjadi salah saatu strategi untuk meningkatkan daya tarik dan mendorong calon pembeli untuk membuat keputusan lebih cepat.

Strategi pemasaran bisnis sewa apartemen

Manfaatkan musim liburan atau awal tahun ajaran baru dengan menawarkan diskon khusus yang sesuai dengan waktu tersebut. Termasuk juga diskon untuk fasilitas tambahan kepada penyewa seperti akses gym juga bisa membuat calon penyewa tertarik.

ADVERTISEMENTS

5. Perkenalkan Apartemenmu di Acara Lokal dan Komunitas

Menghadiri pameran properti dan acara komunitas adalah cara yang efektif untuk memperkenalkan apartemen kamu kepada calon penyewa secara langsung.

Bertemu langsung dengan calon penyewa memungkinkanmu untuk menjawab pertanyaan mereka secara real-time dan membangun hubungan personal.

Strategi pemasaran bisnis sewa apartemen

Buat stand yang menarik dengan desain yang profesional dan informasi yang lengkap tentang apartemen kamu.

Sediakan brosur, flyer, dan kartu nama yang mudah diakses oleh pengunjung.

ADVERTISEMENTS

6. Kolaborasi dengan Agen Properti

Untuk memperluas jangkauan pemasaran, kolaborasi dengan agen properti bisa menjadi strategi yang sangat efektif.

Agen properti memiliki akses ke database calon penyewa yang luas, yang dapat meningkatkan eksposur apartemen.

Strategi pemasaran bisnis sewa apartemen

Tawarkan komisi yang menarik untuk agen properti yang berhasil menyewakan apartemenmu.

Jaga komunikasi yang baik dan transparan dengan agen properti untuk memastikan kerjasama yang lancar.

7. Jangan Lupakan Promosi dari Mulut ke Mulut

Selain strategi promosi di atas, jangan lupakan strategi lain seperti promosi mulut ke mulut. Strategi ini mungkin tidak secara langsung menghasilkan deal, tetapi juga bisa meningkatkan jangkauan pemasaran ke orang yang tidak terduga.

Meskipun terkadang dipandang sebelah mata, tapi tidak jarang perkataan langsung dari penghuni dan kasak-kusuk warga sekitarlah yang menjadi penentu bagi calon tenant untuk memutuskan deal.

Strategi pemasaran bisnis sewa apartemen

Akhir Kata

Kalau sudah mengikuti strategi di atas, jangkauan pemasaran dan visibilitas apartemen semakin mantap. Dengan begitu, vacancy rate bisa ditekan dan occupancy rate bisa ditingkatkan, dan akhirnya modal bisnis apartemen bisa mencapai break-event point.

Menguasai tips di atas bakal dibutuhkan sebagai cara menjadi agen sewa apartemen maupun bagi kamu pemilik properti apartemen.

Perhatikan juga pelayanan dan kepuasan penyewa untuk mendapatkan ulasan positif dan rekomendasi yang dapat mendukung bisnis apartemen kamu.

Sekarang sudah tahu kan, apa saja yang bisa kamu lakukan untuk meraup keuntungan investasi dari aset propertimu? Selamat melakukan penawaran dan semoga sukses.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan di laman Plugin Ongkos Kirim agar mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya dari Hanif seputar Bisnis, dan lain-lain. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.


Apabila kamu menemui informasi yang kurang akurat, mohon tinggalkan komentar di bawah.

Bagikan ke:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *