Banyak online shop yang memanfaatkan fitur Highlight atau Sorotan di Instagram untuk menarik para pembeli, karena di sanalah tempat untuk memasang unggahan daftar menu, cara order, dan lain-lain. Nah, bagaimana cara membuat sorotan di IG? Ternyata mudah saja.
Fitur Sorotan atau Highlight ini berfungsi untuk menyematkan segala unggahan Story yang dianggap sangat penting dan harus dilihat oleh banyak orang.
Jika kamu punya usaha makanan dan kuliner, produk berupa layanan atau jasa, dan bisnis-bisnis lainnya, cobalah gunakan fitur Sorotan untuk memudahkan pelanggan menemukan apa yang mereka butuhkan.
Untuk membuat dan menambahkan sorotan di IG, kamu bisa simak panduan lengkapnya di bawah ini.
1. Apa itu Highlight atau Sorotan Instagram?
Highlight atau sorotan Instagram adalah fitur yang berguna untuk menyimpan unggahan Story secara permanan di halaman profil IG, sehingga viewers atau pengikut dapat melihatnya setiap waktu.
Berbeda dengan Story yang akan hilang setelah 24 jam berlalu, fitur Highlight atau Sorotan justru sebaliknya, karena akan membuat unggahan Story (baik berupa foto, video, atau boomerang) seolah menjadi album yang dapat dilihat oleh followers maupun nonfollowers kapan pun mereka mau.
Lewat fitur Highlight atau Sorotan ini, pengguna dapat melakukan beberapa tindakan seperti:
- Membuat judul Sorotan untuk mendeskripsikan isi dari unggahan di dalamnya
- Mengunggah cover atau foto judul Sorotan supaya Profil Instagram tampak rapi serta aesthetic
- Mengisi Highlight dengan puluhan unggahan Story
- Menghapus Sorotan karena suatu hal (Misalnya menu sudah berganti)
Bagi kamu yang punya usaha dan ingin jualan di Instagram makin laris, fitur Sorotan akan membantu bisnis kamu kian berkembang dan dikenal banyak orang.
Misalnya, kamu membangun usaha kedai mie ramen dan sebagai salah satu trik pemasarannya adalah membuat Sorotan IG berisi daftar menu lengkap dengan harga, kemudian gambar ramainya kedai ramen, juga testimoni dari pelanggan.
Melihat isi Story melalui Highlight tersebut, tentunya akan membuat mereka tertaik untuk menjajal dan mendatangi kedai mie ramen kamu, bukan?
Makanya, yuk simak tata cara membuat sorotan di IG untuk menggaet para pelanggan di media sosial!
2. Cara Membuat Highlight atau Sorotan di IG
Cara membuat sorotan di IG cukup mudah yakni pengguna harus terlebih dahulu membuat Story, barulah menambahkannya ke fitur Highlight.
Saat ini, kamu dapat membuat Highlight melalui dua cara yakni lewat Story langsung atau melalui menu Profil.
Mau tahu selengkapnya cara membuat highlight di IG? Simak sampai selesai ya.
Baca Juga
ADVERTISEMENTS
2.1. Cara Membuat Sorotan di IG via Profil
- Buka akun Instagram kamu
- KlikProfil
- Kemudian klik New pada Story Highlights
- Pilih beberapa unggahan Story yang mau dijadikan Sorotan
- Lalu klik Next
- Kemudian klik Edit Cover untuk mengunggah foto utama Sorotan
- Klik ikon picture atau gambar jika ingin menggunakan foto lain di galeri HP dan klik Done
- Tulis judul Highlight. Contohnya “Jualan Sayur”
- Terakhir klik Done
- Selesai deh!
Highlight atau Sorotan baru sudah berhasil ditambahkan. Selain dari menu Profil, kamu juga dapat membuat Highlight dari Story secara langsung lho!
ADVERTISEMENTS
2.2. Cara Membuat Highlight di IG via Story
- Buka Story Instagram kamu
- Unggah Story terlebih dahulu
- Kemudian klik fitur Highlight
- Klik New untuk bikin Highlight atau Sorotan IG
- Lalu tulis judul Highlight
- Lalu klik Add atau Tambahkan
- Highlight sudah berhasil dibuat dan ditambahkan ke menu Profil
Untuk menyunting atau edit Sorotan, kamu bisa klik Sorotan tersebut kemudian klik More > pilih Edit Highlight untuk memperbarui cover atau pun judul.
Tutorial di atas berlaku untuk Instagram pribadi maupun Instagram Bisnis untuk mempromosikan jualan ya
ADVERTISEMENTS
3. Manfaat Highlight Instagram untuk Bisnis
Sebenarnya apa sih manfaat Highligt atau Sorotan di Instagram untuk Bisnis? Rupanya salah satu fitur Instagram ini cukup membantu sebuah usaha untuk promosi produk agar dilirik warganet.
Makanya, menambahkan Highlight atau Sorotan IG dengan tepat akan memberikan manfaat:
ADVERTISEMENTS
3.1. Memperkenalkan Produk
Highlight atau Sorotan di Instagram sangat berguna bagi online shop baru, terutama yang bergerak di bidang kuliner, bisnis perlengkapan rumah tangga, bisnis perlengakapan ibu & anak, bisnis fesyen, bisnis pelayanan atau jasa (barbershop, jasa bersih-bersih, dan lain-lain), serta masih banyak lagi.
Dengan menambahkan daftar produk/daftar menu lengkap dengan harganya/daftar layanan/paket bundling/cara memesan, dan sebagainya di Sorotan IG, maka akan memudahkan pembeli mengenali produk sekaligus toko kamu.
Apalagi biasanya beberapa pembeli baru gemar bertanya melalui kolom komentar konten kamu, jadi daripada menjelaskannya secara berulang, bisa kamu arahkan untuk membuka Sorotan atau Highlight tersebut.
3.2. Menaikkan Engagement
Mengatur agar engagement selalu naik dan stabil tidaklah mudah, karena setiap pemilik akun harus membuat gebrakan baru dan unggahan yang konsisten. Tak terkecuali bagi kalangan UMKM dan UKM.
Oleh karena itu, salah satu strategi pemasaran UMKM dan UKM yang dapat menaikkan engagement akun adalah dengan membuat Highlight atau Sorotan berisi informasi produk, testimoni dari pelanggan, kode promo, dan sebagainya.
3.3. Memperkuat Brand Awareness...
Artikel yang sangat bermanfaat
jasa penanganan korosi