7 Contoh Surat Keterangan Kerja & Pentingnya Bagi Karyawan

Anisa 28 Feb 2023 4 Menit 0

Surat keterangan kerja biasanya dimiliki oleh seseorang yang berstatus sedang mencari kerja dan diketahui masih aktif sebagai seorang karyawan di suatu perusahaan.

Umumnya surat ini sering disamakan dengan paklaring atau dokumen pendukung bagi karyawan yang hendak memasukkan surat lamaran kerja.

Namun tahukah kamu kalau masih banyak pekerja terutama fresh graduate belum mengetahui tentang surat ini?

Padahal keberadaan surat ini dapat menjadi salah satu faktor seseorang bisa diterima kerja,

Nah supaya lebih jelas lagi, simak dulu yuk pengertian, fungsi atau manfaat, dan contoh-contohnya!

Apa itu Surat Keterangan Kerja?

Adalah sebuah dokumen atau file yang menyatakan bahwa seseorang tersebut pernah dan sempat menjabat di sebuah perusahaan sebelumnya.

Surat ini berisi informasi-informasi yang menggambarkan performa, kinerja, tempo bekerja, jumlah gaji, dan lainnya.

Eits, akan tetapi jangan salah kaprah ya!

Surat ini berbeda dari dokumen pengunduran diri atau surat rekomendasi lainnya.

Umumnya berasal dari perusahaan yang kemudian akan diserahkan pada karyawan dalam waktu satu bulan usai resmi mengajukan resign.

Diharapkan dengan adanya surat tersebut, mantan karyawan dapat menggunakannya untuk melamar pekerjaan di tempat serta lingkungan baru yang ia kehendaki.

Fungsi dan Manfaat Surat Keterangan Kerja

Surat penjelas atau keterangan kerja tidak bisa dianggap remeh begitu saja.

Bahkan menurut sejumlah pengakuan, setiap karyawan yang mengantongi dokumen satu ini dapat diterima kerja dengan cepat.

Sebab, HRD di perusahaan baru tentu meyakini dan mengakui kinerjanya selama mengabdi sebagai staf atau karyawan.

Lalu, apa saja sih fungsi dan manfaatnya?

ADVERTISEMENTS

1. Untuk Melamar Pekerjaan

Seperti yang sudah pernah kami singgung sedikit pada paragraf-paragraf sebelumnya bahwa surat ini berfungsi sebagai syarat atau pendukung seseorang dalam mencari pekerjaan baru.

Biasanya beberapa perusahaan akan meminta para pelamar untuk mencantumkannya bila mereka memilikinya.

Untuk apa sih tujuannya? Tentu saja menguatkan posisi seseorang ketika melamar pekerjaan.

Mereka yang melamar dan membawa dokumen keterangan kerja dianggap lebih berpengalaman ketimbang yang belum memilikinya.

Maka dari itu, kemungkinan diterima kerja juga lebih besar.

Apalagi rata-rata perusahaan ingin memangkas biaya training atau pelatihan sehingga lebih efisien dan karyawan cepat bekerja sesuai ekspektasi.

Bagi temen-temen yang melamar pekerjaan secara online seperti lowongan kerja di Jooble , atau pun via mana pun, namun perlu dikonfirmasi dulu jika CV anda diterima untuk masuk wawancara, apakah butuh membuat surat lowongan pekerjaan atau tidak.

ADVERTISEMENTS

2. Sebagai Bukti Penguat CV

CV biasanya akan diperkuat dengan portofolio yang dimiliki oleh seorang pelamar bukan? Nah, ternyata hal tersebut belum cukup.

Bagi beberapa perusahaan besar, penguat CV ialah lembaran dokumen keterangan pernah bekerja.

Dengan begitu makin mengukuhkan bahwa karyawan tersebut memang pernah bekerja di perusahaan yang tercantum pada CV.

Selain itu, dengan membawa surat keterangan kerja, maka calon pelamar dianggap sudah layak dan memiliki segudang kemampuan yang perusahaan butuhkan.

Artinya, posisi pelamar tersebut bukan hanya diakui, tetapi juga dibutuhkan.

Sehingga terjadilah timbal balik antara kedua belah pihak.

ADVERTISEMENTS

3. Alat Pembuka Rekening Bank

Selain slip gaji karyawan, surat keterangan kerja juga berfungsi untuk membuka rekening baru di kota berbeda karena adanya tuntutan bekerja.

Para karyawan yang ber-KTP dengan domisili wilayah asal tentu tidak cukup memenuhi syarat jika dirinya membuka rekening di kota lain.

Maka jalan satu-satunya yakni membawa surat tersebut sebagai bukti bahwa perusahaan menginginkannya untuk menjadi nasabah dari bank itu.

Bukan hanya membuka rekening, mereka juga dapat memanfaatkan surat atau file keterangan kerja untuk mendapatkan berbagai program dan layanan bank.

Dari pihak bank sendiri, mereka akan menggunakan surat keterangan kerja untuk mengecek besaran gaji dan mengukur tingkat kesanggupan nasabahnya.

ADVERTISEMENTS

4. Menarik Dana BPJS Ketenagakerjaan

Bagi karyawan yang sudah terdaftar BPJS otomatis memiliki keinginan untuk mencairkan dana JHT (Jaminan Hari Tua) demi menyokong kondisi keuangan keluarga usai resign atau lainnya.

Apalagi jika memang dana tersebut merupakan hak pribadi.

Oleh karena itu, guna mengklaim JHT tersebut, maka nasabah juga perlu melampirkan surat keterangan kerja yang diterbitkan oleh perusahaan.

Jadi bukan hanya KTP, kartu peserta, KK saja yang ditunjukkan pada petugas.

5. Surat Pendukung Pembuatan Visa

Bagi para pekerja yang hendak ditugaskan ke luar negeri, pasti diminta untuk membuat visa.

Salah satu persyaratan dalam pembuatan visa yang mesti dipenuhi bagi mereka yang akan dinas ke luar negeri yakni melampirkan surat keterangan kerja.

Sebab biasanya via berlibur (holiday) dan bekerja itu berbeda.

Tergantung kebutuhan si pemohon atau pihak yang mengajukan.

Jika menggunakan dokumen keterangan kerja untuk legalisasi visa, berarti karyawan diharuskan segera kembali ke negara asal dan meninggalkan negara tujuan apabila urusannya selesai.

6. Sarana Mengajukan Beasiswa

Siapa sangka ternyata dokumen keterangan kerja mampu menjadi sarana bagi karyawan yang hendak mengajukan beasiswa profesional?

Baik itu lanjut ke jenjang S2 maupun S3.

Hanya dengan membawa surat tersebut, mereka para karyawan aktif dianggap memiliki alasan kuat untuk bisa menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

Entah itu beasiswa dari pemerintah langsung maupun berasal dari Swasta.

Melalui surat keterangan ini, mereka juga dianggap telah mendapat persetujuan dari pihak perusahaan yang bersangkutan.

Wah, keren banget ya!

Ternyata bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan!

Isi dan Format Surat Keterangan Kerja

Dalam dokumen atau file keterangan kerja, setidaknya ada beberapa bagian yang harus dicantumkan oleh perusahaan sebagai pihak pembuat.

Ya walaupun setiap perusahaan maupun agensi memiliki ciri khas mereka sendiri dalam menyusun formatnya.

Akan tetapi rata-rata akan mencantumkan kop urat yang dilengkapi dengan nama perusahaan, alamat, nomor telepon resmi, dan fax (jika ada).

Setelah itu, disusul dengan informasi lainnya berupa:

  • Nama lengkap karyawan
  • Posisi atau jabatannya
  • Identitas diri berupa KTP
  • NIK (Nomor Induk Kerja)

Setelahnya, perusahaan pun bakal memberikan keterangan bahwa karyawan yang bersangkutan memang benar pernah bekerja di tempat mereka.

Selain itu, berisi juga durasi waktu bekerja. Misalnya tiga hingga lima tahun.

Tak lupa, perusahaan juga akan menyertakan penilaian kinerja maupun performa karyawan selama menjabat.

Barulah diberikan informasi atau keterangan penutup.

Lalu dilengkapi tanda tangan oleh bagian HRD beserta cap resmi serta tempat, tanggal, dan tahun pembuatan surat sebagai bukti pengesahan.

Terakhir, perusahaan akan membuatkan salinan dan legalisir resmi agar dapat digunakan oleh calon mantan pekerja sebagaimana mestinya.

Supaya lebih jelas lagi, lihatlah contoh dokumen di pembahasan selanjutnya ya!

Contoh Terbaru Surat Keterangan Kerja

1. Contoh yang Simple

Surat keterangan kerja contoh word

Via: pt. Slideshare. Net

2. Contoh untuk Melamar Pekerjaan

Contoh surat keterangan kerja dari perusahaan

Via: pt. Slideshare. Net

3. Guna Membuka Rekening Bank

Surat keterangan kerja digunakan untuk apa

Via: scribd. Com

4. Pengajuan Pembiayaan

Surat keterangan kerja di luar negeri

Via: lokerjakarta. Id

5. Surat Keterangan Kerja Bahasa Inggris

Surat keterangan kerja dan paklaring

Via: id. Scribd. Com

6. Surat Keterangan Kerja untuk Pengajuan Visa

Download contoh surat keterangan kerja

Via: kibrispdr. Org

7. Demi Pencairan BPJS

Surat keterangan kerja untuk kpr

Via: lokerbali. Info

Penutup

Jika kamu sebagai karyawan tidak mendapatkan surat keterangan kerja, maka kamu masih bisa meminta surat rekomendasi dan paklaring dari perusahaan.

Atau bisa menanyakannya terlebih dahulu di awal masuk kerja sehingga kamu bisa memberikan value terbaik pada perusahaan hingga mendapatkan surat tersebut.

Semoga konten kali ini dapat menjawab berbagai pertanyaanmu seputar dunia kerja ya.

Dan jangan lupa share artikel-artikel kami dan ikuti terus pembahasannya melalui Instagram @pintarjualan.id.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *