11 Ide Usaha Modal 1 Juta di Kampung, Dijamin Untung!

Anisa 11 Sep 2023 5 Menit 0

ADVERTISEMENT

Anda tinggal di desa atau di perkampungan dan ingin membangun bisnis dengan modal sedikit? Tenang, kami akan memberikan beberapa rekomendasi ide usaha modal 1 juta di kampung yang cukup menguntungkan.

Anda bisa mendirikan usaha tersebut di rumah dengan beberapa strategi bisnis yang maksimal. Bahkan dengan uang satu juta rupiah, Anda bisa mendapatkan laba dua kali lipatnya.

Namun, perlu diingat bahwa setiap usaha tidak ada yang instan. Anda harus melalui prosesnya secara bertahap.

Nah, apa saja ide usaha dengan modal 1 juta di desa yang cocok bagi pemula? Temukan jawabannya di artikel ini.

ADVERTISEMENT

11 Ide Usaha Modal 1 Juta di Kampung

Kira-kira apa peluang usaha modal 1 juta rupiah di kampung yang paling laris dan digemari oleh warga sekitar?

ADVERTISEMENT

1. Jajanan Anak-Anak

Usaha dengan modal 1 juta

Anak-anak lumayan suka dengan cilok karena lezat dan gurih

Anak-anak di desa biasanya suka jajan sepulang sekolah. Mereka kerap membeli camilan seperti cilok, cilor, siomay, telur gulung, sosis bakar, dan sebagainya.

Nah, jika di kampung Anda banyak anak kecil yang gemar jajan, Anda bisa membuka warung berisi jajanan anak-anak seperti itu. Lengkapi juga warung tersebut dengan snack ringan, minuman, dan sebagainya.

Modal untuk membuka warung jajanan anak-anak umumnya memerlukan modal 500.000-800.000 ribu. Bagaimana, apakah Anda berminat dengan ide jualan anak sekolahan ini?

ADVERTISEMENT

2. Warung Sarapan Pagi

Ide usaha modal 1 juta di kampung berikutnya yang laris manis dan disukai oleh warga adalah warung sarapan pagi.

Usaha ini sangat recommended mengingat modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Dengan 1 juta, Anda sudah bisa menyediakan nasi, aneka lauk, serta sayur, dan kerupuk.

Namun pastikan Anda berjualan sarapan sesuai dengan budaya kuliner setempat ya. Misalnya sarapan pagi di tempat A mayoritas diisi oleh nasi rames, nasi kuning, nasi liwet, nasi uduk, dan sebagainya. Nah, mungkin di tempat Anda lebih terbiasa dengan nasi rawon, nasi sayur biasa, atau nasi soto.

Agar warung sarapan nasi ramai, Anda bisa gunakan strategi pemasaran produk makanan melalui broadcast WhatsApp kelompok RT, dari mulut ke mulut, dan pasang papan menu di depan rumah.

ADVERTISEMENT

3. Jualan Sayur

Jualan sayur memang tidak menghasilkan banyak keuntungan dalam waktu yang relatif singkat karena sifat sayur mudah layu dan busuk, sehingga tidak bisa diretur.

Namun, jika Anda pandai membaca pasar dan peluang, usaha ini bisa menjadi sumber pemasukan yang menjanjikan.

Bagaimana cara memulai bisnis sayuran agar tidak banyak rugi? Anda dapat melengkapi jualan sayur tersebut dengan jajanan tradisional, camilan, dan menjajakannya dengan berkeliling menggunakan motor.

Cara ini bisa mengurangi jumlah sayur yang kemungkinan masih belum terjual, sehingga Anda dapat memaksimalkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

ADVERTISEMENT

4. Berdagang Jajanan Pasar Tradisional

Ide usaha modal 1 juta

Contoh jajanan pasar tradisional yang paling disukai masyarakat

Selain berjualan sayur dan sarapan pagi, Anda juga dapat berdagang jajanan pasar tradisional. Peluang usaha jajanan tradisional cukup besar di desa karena bisa jadi perbekalan anak sekolah, para pekerja di sawah, pekerja kantor, dan lain-lain.

Modalnya tidak terlalu banyak, karena dengan uang 800-1 juta saja, Anda sudah bisa menyediakan 15-20 jenis jajanan pasar.

Selain itu, Anda juga tidak perlu repot-repot membuatnya sendiri, karena Anda bisa mengambilnya dari beberapa pembuat kue atau jajanan tradisional secara langsung (penjual pertama).

ADVERTISEMENT

5. Sedia Snack

Jika masyarakat desa di zaman dulu gemar mengonsumsi camilan tradisional seperti ubi, singkong, kentang rebus, kini beberapa di antaranya, terutama kalangan anak muda lebih suka ngemil makanan ringan atau snack.

Hal ini dikarenakan snack tidak langsung membuat perut terasa kenyang, sehingga cocok untuk menemani aktivitas sehari-hari. Khususnya ketika meonton film atau pertandingan bola.

Apalagi jenis snack saat ini sudah jauh lebih bervariasi.

6. Budidaya Ikan Lele/Nila/Patin/Gurame/Bandeng

Ide usaha modal 1 juta di kampung yang bisa menjadikan Anda seorang pengusaha sukses yakni membangun budidaya ikan seperti lele, nila, patin, gurame, mujaer, dan bandeng.

Dengan modal satu juta rupiah, Anda bisa membeli peralatan untuk membuat kolam buatan dan membeli benih lele berkualitas.

Setelah beberapa bulan hingga saatnya panen, Anda siap menjual lele segar tersebut langsung ke tetangga/penjual pihak kedua (penjual ikan di pasar)/pembeli akhir seperti pemilik resto, penginapan, rumah makan, dan sebagainya.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *