Tingkatkan Penjualan melalui WhatsApp CRM: Maksimalkan Potensi Bisnis Kamu

Anisa 22 Dec 2023 5 Menit 0

Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness di tengah masyarakat adalah menggunakan WhatsApp CRM. Apa itu?

WhatsApp CRM adalah sistem penggabungan atau integrasi antara aplikasi WhatsApp Business dengan layanan CRM untuk mengatur, memantau, dan mengelola aktivitas yang berkaitan dengan layanan pelanggan, pemasaran, kampanye, dan lain-lain.

Keberadaan WhatsApp CRM dinilai cukup ampuh untuk mengoptimalkan potensi suatu bisnis, terutama bagi perusahaan yang menggunakan media sosial sebagai alat untuk marketing.

Contoh nyata bisa kamu lihat sekarang, betapa banyaknya aplikasi bisnis online shop yang diintegrasikan dengan sistem CRM karena cukup berhasil untuk mencapai target penjualan dalam rentang waktu tertentu.

Mau tahu bagaimana WhatsApp CRM sangat berpengaruh terhadap prospek perusahaan? Temukan jawabannya di artikel ini!

1. Bagaimana Bisnis yang Potensial Itu?

Cara mengoptimasi potensi bisnis dengan whatsapp crm
Apa itu whatsapp crm

Tujuan utama menjalankan bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dengan mengorbankan berbagai sumber daya. Namun, apakah bisnis semata-mata hanya untuk memperoleh keuntungan saja? Tentu tidak.

Dapat dikatakan berjalan dengan baik jika suatu bisnis memiliki prospek yang menjanjikan atau bisa disebut dengan bisnis yang potensial.

Nah, apa itu bisnis potensial? Bisnis potensial adalah yang bisnis dapat bertahan lama (sustainable) dan mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi sampai kapan pun.

Namun seperti yang kamu ketahui bahwa untuk menjalankan suatu bisnis yang berkelanjutan tentu tidak mudah. Diperlukan berbagai usaha dan strategi bisnis yang tepat serta menghasilkan dampak positif bagi perusahaan ke depannya.

1.1. Cara Memaksimalkan Potensi Bisnis

Untuk memaksimalkan potensi bisnis suatu perusahaan, pelaku bisnis harus menyusun strategi dengan tepat dan relevan.

Salah satunya adalah menggunakan dukungan teknologi yang mumpuni seperti WhatsApp CRM yang dapat digunakan untuk mengukur dan menganalisis seberapa efektif dan berhasilnya kampanye yang dilakukan oleh perusahaan.

WhatsApp CRM sendiri memberikan dua manfaat sekaligus dalam memaksimal potensi bisnis, yaitu:

  • Membantu meningkatkan jumlah penjualan.
  • Mengembangkan pemasaran yang lebih efisien dan efektif. 

Agar potensi bisnis jadi lebih optimal, memperluas jangkauan pasar lewat pemasaran digital sangatlah penting dan dibutuhkan untuk saat ini.

Sebab, dengan memaksimalkan jangkauan pasar dapat meningkatkan brand awareness atau kesadaran akan suatu merek, sehingga konsumen dapat mengenali apa yang ditawarkan oleh pelaku bisnis pada mereka.

Strategi ini juga akan jadi lebih efisien jika menggunakan fitur omnichannel yang ada pada WhatsApp CRM.

Selain itu, pelaku bisnis juga harus selalu menjaga kepuasan konsumen, karena usaha yang menghasilkan keuntungan besar sekali pun bisa runtuh jika tidak menjaga kepuasan pelanggan.

Artinya, jika perusahaan dapat menjaga tingkat kepuasan pelanggan, maka mereka sebagai konsumen juga tidak akan segan-segan untuk merekomendasikan produk yang digunakannya kepada orang lain. Dengan kata lain, kepuasan konsumen merupakan hal yang krusial bagi ketahanan bisnis. 

Singkatnya integrasi Whatsapp CRM dapat memaksimalkan potensi bisnis, tetapi semua strategi dan teknologi tersebut perlu diimbangi dengan konsistensi dan keuletan, sehingga bisnis dapat berjalan dengan optimal. 

ADVERTISEMENTS

1.2. Karakteristik Bisnis di Era Digital

Berkembangnya dukungan teknologi di era digital memberikan peluang pada bisnis untuk berproses dengan baik.

Nah, potensi bisnis memiliki beberapa karakteristik dengan ciri-ciri umum seperti berikut:

  • Pertama, pastikan keberlangsungan bisnis punya jangka waktu yang lama, artinya bukan bisnis musiman yang dijalankan di waktu tertentu saja. Untuk menciptakan bisnis yang bertahan lama juga perlu didukung dengan konsumen yang loyal. Dengan demikian, bisnis harus selalu meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. 
  • Kedua, bisnis yang berpotensi pasti punya prospek keuntungan yang signifikan. Keuntungan ini selain ditentukan oleh tingkat penjualan yang tinggi, juga ditentukan oleh peluang yang dimiliki; apakah bisa terus berkembang secara luas atau tidak. Keuntungan juga perlu diimbangi dengan ide inovatif yang memiliki nilai jual tinggi. 

ADVERTISEMENTS

2. Bagaimana Peran WhatsApp CRM Memaksimalkan Potensi Bisnis?

Cara menggunakan whatsapp crm

Membangun bisnis diperlukan channel atau saluran pemasaran digital yang mampu menghubungkan ke segala aspek, mulai dari brand partner hingga konsumen.

Selain itu, membangun bisnis juga perlu dukungan teknologi yang baik agar strategi pemasaran dan penjualan bisa berjalan secara efektif. Salah satunya aplikasi yang mampu mendukung banyak hal. 

Salah satu aplikasi yang saat ini paling banyak digunakan untuk mengembangkan bisnis adalah Whatsapp Business. Mulai dari bisnis kecil skala rumahan, UMKM, hingga perusahaan skala besar menggunakan saluran ini karena fitur yang ditawarkan terbilang lengkap.  

Ditambah lagi pada Whatsapp Business dilengkapi fitur yang bisa memaksimalkan potensi bisnis serta meningkatkan penjualan seperti: 

  • Memiliki fitur whatsapp status dan broadcast message yang efektif sebagai alat pemasaran. 
  • Bisa diintegrasikan dengan CRM untuk proses penjualan otomatis yang lebih efisien. 

Untuk lengkapnya, kamu bisa simak penjelasan lengkapnya di pembahasan di bawah ini.

ADVERTISEMENTS

2.1. Ragam Fitur Whatsapp CRM untuk Meningkatkan Penjualan

Whatsapp Business yang diintegrasikan dengan CRM sudah dilengkapi dengan berbagai fitur mutakhir yang bisa menunjang tim penjualan. Misalnya jika WA Business biasa hanya bisa digunakan oleh beberapa user saja, whatsapp CRM dapat digunakan oleh banyak user.

Jadi tentunya akan sangat membantu tim penjualan atau divisi marketing untuk selalu terhubung dan berkomunikasi dengan pelanggan. 

Whatsapp CRM juga menyuguhkan fitur lead management, yakni untuk membuat calon pelanggan tertarik dan berminat pada produk yang ditawarkan ketika mereka berada di tahap belum ingin membelinya.

Lead management nantinya yang akan memberikan arahansesuai jenis interaksi, maupun riwayat transaksi. Bahkan beberapa provider CRM dapat membagi leads berdasarkan kategori proses penjualan.

ADVERTISEMENTS

2.2. Tips bisnis menjadi top sales dengan Whatsapp CRM

Menjadi top sales adalah tujuan setiap perusahaan agar menghasilkan keuntungan besar dan menjaga eksistensi binis. Namun untuk berada di tahap top sales, setiap bisnis harus merancang strategi dengan efektif dan efisien berdasarkan riset serta analisis yang dilakukan sebelumnya.

Terutama di tengah-tengah arus teknologi seperti sekarang setiap perusahaan harus dengan cerdas melihat peluang dan memanfaatkan kesempatan yang muncul.

Oleh karena itu penting bagi suatu perusahaan untuk menggunakan dan memanfaatkan whatsapp CRM, kemudian menerapkannya agar bisa mencapai penjualan yang tinggi.

Misalnya saja menyediakan fitur menerima dan melacak pengiriman pesanan melalui Whatsapp secara otomatis menggunakan layanan chatbot.

Selain itu, tawarkan pula upselling dan cross-selling terhadap produk yang diminati pelanggan, sehingga mereka merasakan pengalaman belanja online layaknya di toko fisik.

Manajemen pelanggan yang baik dapat membawa bisnis meraih gelar top sales.

3. Strategi Marketing untuk Potensi Bisnis yang Maksimal

Kelebihan whatsapp crm untuk bisnis

Dalam dunia bisnis, strategi marketing pastinya akan mempengaruhi tingkat penjualan.

Jadi, kalau mau menaikkan nilai penjualan, berarti harus diikuti juga dengan peningkatan kualitas pemasaran.

Apa saja tips agar efisiensi marketing mampu meningkatkan penjualan?

3.1. Perluas Jangkauan Bisnis dengan Omnichannel

Bisnis yang potensial harus bisa menjangkau pasar yang luas dan mencapai target (pelanggan) baru yang sebelumnya tidak mengetahui produk dari bisnis tersebut.

Untuk sampai di tahap tersebut, pastinya dibutuhkan channel pemasaran seperti WhatsApp CRM agar peluang yang datang dari konsumen semakin besar. Sebab dengan WA CRM, pemilik bisnis dapat menghubungkan WA Business dengan berbagai media sosial yang digunakan.

Integrasi tersebut nantinya mampu memicu datangnya tawaran dan kesempatan dari berbagai iklan di media sosial.

3.2. Automasi Pesan untuk Dukungan Konsumen

Cepatnya respon dari tim Customer Service perusahaan dalam menangani masalah customer dapat memberikan kesan dan pengalaman yang baik bagi mereka berbelanja.

Pengalaman yang baik, positif, dan tidak mengecewakan bakal menjaga loyalitas pelanggan untuk terus menggunakan produk maupun layanan dari perusahaan. Terlebih pelanggan yang loyal kemungkinan mau merekomendasikan produk yang sering dibelinya pada teman, keluarga, dan masyarakat di media sosial.

Jadi, tidak ada ruginya bagi bisnis untuk terus memperbaiki dan menjaga layanan dukungan konsumen sebagai bentuk peningkatan kualitas marketing.

Bagaimana cara menjaga hubungan yang baik dan responsif terhadap pelanggan dalam waktu 24 jam dalam 7 hari? Cobalah gunakan Whatsapp CRM.

Penerapan WhatsApp CRM dapat menjadi langkah penting dalam memaksimalkan potensi bisnis dan meningkatkan penjualan. 

Jadi secara umum, WhatsApp CRM berperan pentin bagi perusahaan karena:

  • Memungkinkan bisnis untuk membangun dan mengelola hubungan dengan pelanggan secara lebih efisien.
  • Menciptakan pengalaman yang lebih baik di mata pelanggan, sehingga mampu meningkatkan loyalitas mereka terhadap suatu brand dan memperluas pangsa pasar. 
  • Membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan
  • Dengan memanfaatkan data dengan tepat, maka dapat membantu perusahaan untuk meraih kesuksesan jangka panjang.
  • Dengan terus mengikuti perkembangan teknologi dan mengadopsi strategi yang inovatif, perusahaan dapat memastikan bahwa mereka tetap kompetitif dan relevan dalam lingkup bisnis yang terus berubah seiring berjalannya waktu.

Kesimpulan

Salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis atau perusahaan adalah mampu melihat peluang dan menggunakan strategi pemasaran yang tepat, sehingga tujuan dapat dicapai sesuai dengan rencana.

Nah, salah satu rahasia pemasaran yang diadopsi oleh banyak perusahaan adalah menggunakan WhatsApp CRM yang mampu diintegrasikan dengan platform media sosial apa pun.

Dengan begitu perusahaan dapat mengukur dan menganalisis performa kampanye yang dilakukan secara online.


Artikel ini dipublikasikan pada 22/12/2023

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *