Advertisement

Tidak Bisa Belanja di TikTok Shop Ini Solusinya

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
28 Juni 2022
Waktu membaca
4 Menit

TikTok kini menyediakan fitur baru yang memungkinkan penggunanya supaya belanja di tiktok shop. Meski begitu, banyak penggunanya yang mengeluhkan tidak bisa belanja di TikTok Shop.

Sebelumnya, kita pernah membahas hal serupa, yaitu keranjang atau troli belanja TikTok Shop tidak muncul.

Di artikel ini, kami akan membahas kemungkinan penyebab tidak bisa belanja di TikTok Shop. Dari beberapa penyebab ini, ada beberapa solusi yang bisa kamu coba.

Penyebab Tidak Bisa Belanja di TikTok Shop

Tidak bisa mengakses TikTok Shop ini tentunya hal yang sangat menyebalkan. Apalagi setelah melihat penawaran menarik dan diskon yang cuma tersedia di TikTok, eh tapi mau dibeli tidak bisa.

TikTok sendiri memang membatasi pengguna yang bisa mengakses TikTok Shop. Regulasi ini dibuat supaya belanja bisa lebih aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Langsung saja, berikut beberapa peyebab TikTok Shop tidak tersedia.

  1. Belum Cukup Umur

    Salah satu penyebab yang paling sering muncul adalah umur yang masih di bawah batas. Ini banyak dijumpai, mengingat banyak pengguna TikTok sebenarnya adalah pelajar. Perlu diketahui, TikTok Shop memiliki syarat umur minimal 18 tahun.

    Jika mencoba masuk ke halaman TikTok Shop akna muncul notifikasi:

    “Tanggal Lahir yang Anda bagikan menjunjukkan bahwa Anda tidak emmenuhi persyaratan usia untuk melakukan pembelian”.

    Ini untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan. Contohnya, anak anak masih perlu pendampingan orang tua untuk membeli barang tertentu.

  1. Pernah Melanggar Regulasi

    Coba refleksi ke belakang, pernah melanggar aturan tiktok? jika kamu pernah melanggar regulasi TikTok, ini bisa membuat akunmu masuk black list. Contohnya, data alamat yang tidak sesuai.
    selain itu juga terlalu sering cancel pembelian, atau menolak COD juga bisa membuat akunmu diblokir dari TikTok Shop.

  2. Belum Konfirmasi Email

    Email yang belum terkonfirmasi menimbulkan kecurigaan. TikTok ingin penggunanya adalah benar benar orang yang autentik, sehingga kamu perlu mengkonfimrasi pendaftaran tiktok yang dikirmkan ke email.
    Cek inbox di emailmu dan temukan email dari TikTok. biasanya kmu juga bisa meminta tiktok untuk memperbarui akun atau mengirim ulang email konfirmasi email.

  1. Update Aplikasi

    kemungkinan lain adalah aplikasi tiktokmu yang belum update. Untuk bisa menjalankan fiturnya dengan baik, TikTok Shop sebaiknya diupdate ke versi terbaru. Versi tiktok ini bisa di cek di Google Playstore.

  2. Maintenance Server

    untuk mengelola data dan berbagai layanan di dalamnya, TikTok akan melakukan perbaikan rutin. Perbaikan ini terkadang membuat akses ke fitur tiktok jadi terganggu. Jadi harap bersabar, karena update maintenance biasanya tidak terlalu lama.

Bagaimana Agar Bisa Belanja di Tiktok

Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang kmu bisa menyelidiki yang mana yang menjadi penyebab akunmu tidak bisa bilanja di TikTok Shop. Berikut langkah-langkah supaya pengguna TikTok bisa mengakses TikTok Shop.

  1. Pastikan Sudah Menjalankan TikTok Versi Terbaru

Pertama, pastikan sudah menggunakan akun TikTok versi terbaru. Ini bisa dicek melalui google playstore. Caranya, Buka google playstore dan temukan aplikasi tiktok. cek apakah sudah menggunakna terbaru atau meminta untuk diupdate. Jika belum update saja.

  1. Gunakan Jaringan Internet yang Baik

Pastikan paket data atau wifi bisa digunakan untuk mengakses internet. Terkadang, TikTOk masih menyimpan video yang sebelumnya sudah dibuka. Tetapi untuk membuka halmaan lain dan fitur tiktok shop, membutuhkan akses internet yang baik.

  1. Pasatikan Sudah Verifikasi e-mail

Seperti yang sudah disebutkan diatas, verifikasi email menunjukkan jika email kamu adalah autentik. Untuk konfirmasi email, TikTok akan mengirimkan email yang berisi kode verifikasi yang berupa 6 digit angka. Angka ini nantinya bisa dimasukkan ke TikTok untuk memastikan email yang kamu gunakan.

  1. Update Umur Sudah di Atas 18 Tahun

Buka profil dan pengaturan. Update informasi umur, dan centang pernyataan bahwa kamu benar benar berumur di ataas 18 tahun. Jika ini tidak berhasil, ksmu bisa mencoba cara di bawah.

Cara Mengubah Umur di Atas 18 Tahun Melalui Pusat Bantuan TikTok Shop

Karena banyak yang akun yang berbohong mengenai umurnya, TikTok terkadang tidak percaya dengan akunmu. Jadi kenapa tidak bisa mengubah tanggal lahir di tiktok? Mungkin kamu terlalu sering mengubah tanggal lahir akunmu.

Tetapi tidak perlu khawatir, ad acara supaya kamu bisa mengubah umur di akun tiktok agar bisa berbelanja di TikTok Shop. Caranya adalah dengan menghubungi Customer Service TIkTOk Shop. Berikut caranya.

  1. Masuk ke profil akun
  2. Masuk ke pengaturna dan privasi
  3. Masuk ke pusat Pusat bantuan
  4. Masuk ke Dukungan
  5. laporkan masalahmu

Disini kamu bisa mengeluhkan masalahmu. Contoh kalimat untuk disampaikan ke pusat bantuan tiktok shop seperti ini:

“halo admin tiktok shop, saya mau belanja di tiktok shop tapi tidak bisa. Mohon di bantu ya. Saya sudah lebih dari 18 tahun. Berikut buktinya.”

Jangan lupa sertakan bukti berupa foto KTP. Dengan begitu, keluhanmu bisa diproses oleh team TikTok Shop. Tunggu hinga 1-3 hari, cek email untuk mengikuti follow up dari TikTok Shop.

Cara Mengatasi Percobaan Terlalu Banyak Coba Lagi Nanti

Terkadang, ketika mau melakukan pembelian, muncul pesan “Percobaan terlalu banyak. Coba lagi nanti”. Akhirnya, jadi gagal melakukan pembelian.

Jika muncul pesan diatas, salah satu penyebab yang sering ditemui adalah penggunaan kupon yang sudah tidak valid atau sudah tidak berlaku lagi. Untuk melepas kupon tersebut, ikuti langkah berikut.

  1. Masuk ke profil
  2. Tekan symbol menu di kanan atas > pengaturan dan privasi
  3. Masuk ke pesanan > kupon anda
  4. Cek kupon yang digunakan, lepas kupon yang sudah tidak berlaku.
  5. Selesai, coba ulangi belanja lagi.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *