Sociopreneur Adalah: Karakteristik, Manfaat, Contoh, dan Tokohnya

Anisa 14 Mar 2023 5 Menit 0

Apa itu Sociopreneur? Ternyata Sociopreneur adalah istilah yang ditujukan bagi para pebisnis karena memiliki visi, misi, tujuan, serta cita-cita ingin menjadi seorang agen perubahan di masa depan.

Bisa dibilang Sociopreneur termasuk ke dalam kelompok atau sosok pioneer yang ingin mendorong masyarakat agar berdampak bagi kondisi, sistem, serta perkembangan ekonomi di sekitarnya.

Jumlah para Sociopreneur di Indonesia sendiri yakni 300 ribu orang lebih yang bergerak di sektor bisnis.

Lalu, apa sejatinya Sociopreneur, contoh, karakteristik, bagaimana dengan para tokoh, dan lain-lainya?

1. Pengertian Sociopreneur

Istilah Sociopreneur berangkat dari kata ‘social’ yang berarti kemasyarakatan atau sosial dan pereneur yang mengacu pada enterpreneur yang dimaknai sebagai para pengusaha.

Jadi, pengertian sociopreneur adalah seorang pebisnis yang menjalankan bisnisnya sekaligus ingin memberikan dampak positif di lingkungan masyarakat.

Dengan kata lain, Sociopreneur ini tidak mengutamakan pada keuntungan atau pendapatan usaha, tetapi indikator kesuksesannya justru dilihat dari seberapa besar mereka mampu membawa perubahan baik nan positif ke lingkungan masyarakat umum.

2. Karakteristik Sociopreneur

Tahukah Anda, jika ada beberapa karakteristik Sociopreneur yang wajib diketahui?

Inilah karakteristik atau unsur-unsur sociopreneur yang ada saat ini:

2.1. Fokus Pada Misi dan Isu Sosial

Karakteristik pertama untuk menjalankan sociopreneur adalah menentukan visi serta misi sosial.

Tujuannya adalah agar mampu memberikan pengaruh positif bagi masyarakat dalam skala tertentu.

Hal ini penting agar UKM dan UMKM serta organisasi yang dibangun tetap pada jalan yang benar alias sesuai tujuan.

Contoh: Anda dan organisasi yang dibangun fokus untuk menolong korban gempa dan bencana alam dengan menggalang dana lewat platform terpercaya.

2.2. Punya Jiwa Empati yang Tinggi

Socioprenuer berbeda dengan bisnis online kekinian yang ada di Indonesia.

Sebab, hampir seluruh bidang kewirausahaan sosial akan dilandasi oleh perasaan simpati dan empati yang tinggi.

Oleh karena itu, untuk menghidupkan bisnis sociopreneur, maka seorang pebisnis paling tidak harus peka dengan kondisi di lingkungan sekitarnya.

2.3. Rasa Ingin Tahunya Tinggi

Selain memiliki jiwa empati yang tinggi, para pengusaha muda yang sukses juga rata-rata punya curiosity yang besar.

Curiosity atau rasa penasaran/keingintahuan yang tinggi terhadap masalah di sekitar akan membuat seseorang melihat dengan perspektif lebih luas.

Rasa kekepoan atau keingintahuan yang tinggi ini mampu menuntut seseorang untuk mendapatkan jalan keluar dalam menyelesaikan masalah.

2.4. Fleksibel dan Terbuka

Seorang socio enterpreneur juga harus bersifat fleksibel dan terbuka dalam mencermati masalah yang sedang coba dipecahkan.

Dengan begitu, solusi lebih mudah ditemukan dan proses dalam membantu masyarakat di juga jauh lebih cepat.

Sikap fleksibel dan terbuka akan membuat struktur organisasi usaha yang dibangun lebih kompak, inspiratif, serta maju.

2.5. Pandai Mengelola Sumberdaya

Dalam dunia sociopreneur, seorang pebisnis juga harus pandai dalam mengelola sumber daya.

Termasuk mengelola tim yang berperan di dalamnya dan mengatur keuangan dengan baik supaya bisa digunakan secara optimal.

Khususnya untuk kepentingan sosial.

2.6. Inovatif

Cara menjadi pengusaha yang sukses di bidang kewirausahaan sosial adalah mampu menciptakan pembaruan yang kreatif.

Misalnya mengeluarkan ide-ide yang out of the box, antimainstream, dan lain daripada lainnya tetapi dengan tujuan yang sama.

Contoh: Menambah anggota komunitas dengan melibatkan masyarakat secara langsung untuk menumbuhkan empati sosial bersama-sama.

2.7. Pragmatis dan Mudah Beradaptasi

Untuk menciptakan sebuah penemuan atau ide-ide besar, umumnya seorang enterpreneur harus mampu melakukan beberapa langkah kecil.

Dari hal-hal kecil akan tercipta sesuatu yang besar.

Seperti yang diketahui bersama bahwa aksi sekecil apa pun akan memerlukan tenaga, waktu, dan biaya.

Oleh karena itu, seorang sociopreneur harus cepat-cepat beradaptasi dengan perubahan dan melakukan beberapa aksi kecil sebagai cara untuk mencapai tujuan yang dikehendaki.

Apabila Anda sudah sedikit paham dengan unsur sociopreneur dalam berbisnis, mari cari tahu beberapa tokoh penting dalam industri ini!

3. Tokoh Sociopreneur Paling Inspiratif

Siapakah tokoh sociopreneur paling sukses dan inspiratif bagi Anda? Mungkin nama-nama di bawah ini termasuk salah satunya.

Menurut Investopedia, Sociopreneur terbaik jatuh pada beberapa nama berikut:

3.1. Shiza Shahid

Sebagai pendiri sekaligus duta besar tingkat Global, Shiza Shahid termasuk socio enterpreneur yang sukses karena mampu mengelola bisnis untuk Malala Yousafzai.

Siapa yang tak kenal Malala? Seorang anak perempuan yang berhasil memenangkan Nobel Perdamaian tahun 2014.

Shiza mendirikan Malala Fund untuk membantu pemberdayaan perempuan dan anak-anak perempuan dengan membekali mereka pendidikan yang seharusnya diperoleh.

3.2. Muhammad Yunus

Nama Profesor Muhammad Yunus makin populer usai diganjar hadiah Nobel karena mampu membangun dan membesarkan Grameen Bank, Bangladesh.

Perusahaan tersebut didirikan menggunakan prinsip kepercayaan serta solidaritas untuk memberdayakan kehidupan para penduduk desa melalui pendanaan agar mereka keluar dari jerat kemiskinan.

3.3. Rachel Brathen

Lewat buku ‘Yoga Girl’, Rachel Brathen sukses menginspirasi banyak orang melalui gerakan-gerakan dan pose yoga yang ia buat.

Rachel berharap dengan yoga tersebut mampu menghubungkan para pelatih/guru/dan orang-orang di komunitas online yang membutuhkan penyembuhan.

3.4. Muhammad Abdul Karim

Nama tokoh sociopreneur keempat adalah Muhammad Abdul Karim, seorang pemuda asal Tasikmalaya yang mendirikan komunitas online positif di kalangan masyarakat.

Nama komunitas tersebut yakni Sahabat Pulau, sebuah organisasi di bidang volunteering dan pembangunan komunitas yang bertujuan untuk merampungkan seluruh masalah pendidikan di kalangan anak muda Indonesia serta memberdayakan para wanita di wilayah pesisir.

3.5. Gendu Mulatif

Salah satu tokoh sociopreneur dari Indonesia yang sangat inspiratif juga pantas dialamatkan pada Gendu Mulatif.

Beliau merupakan pendiri sekaligus pemilik Yayasan Galuh, yakni sebuah tempat untuk menampung, merawat, dan menjadi hunian baru bagi pasien penderita gangguan jiwa, ODGJ, serta orang gila.

Karena jasa, tekad, dan keberaniannya, Gendu Mulatif bahkan menjadi panutan bagi anak dan keturunannya untuk meneruskan yayasan yang telah dibanggunya sejak 1984.

Gendu Mulatif bahkan mendapat julukan sebagai pahlawan bagi orang-orang gila.

4. Contoh Sociopreneur di Indonesia

Kira-kira apa saja ya contoh sociopreneur yang ada di Indonesia?

Nah, Anda dapat mempelajari beberapa nama organisasi atau yayasan yang akan kami cantumkan.

Ini dia contoh sociopreneur yang eksis dan berdiri kuat di tanah air!

4.1. Kitabisa.com

Sociopreneur artinya apa

Siapa sih yang belum pernah dengar nama Kitabisa.com? Platform donasi online yang satu ini sangat populer karena menjadi rumah bagi para penggalang dana di Indonesia.

Siapa pun bisa menggalang dana, menyelenggarakan kampanye kemanusiaan, gerakan membantu sesama, dan lain-lain.

Berkat adanya Kitabisa.com sebagai contoh sociopreneur, banyak masyarakat yang sudah merasakan manfaatnya.

4.2. Waste4Change

Sociopreneur di indonesia

West4Change adalah perusahaan yang fokus bergerak pada solusi pengelolaan limbah sampah (manajemen sampah) dan diubah menjadi barang serbaguna.

Banyak program dan produk yang berhasil ditorehkan oleh Waste4Change. Masyarakat bahkan bisa menjadi bagian dari perusahaan ini.

4.3. SukkhaCitta

Sociopreneur menurut para ahli

Satu lagi contoh sociopreneur adalah SukkhaCitta, yakni sebuah merek fesyen yang melahirkan ide-ide cermelang untuk memperbaiki ekonomi lewat para perempuan perajin serta petani yang berada di berbagai wilayah Indonesia.

Tujuannya adalah untuk memberdayakan perempuan serta mengatasi beragam masalah sosial yang lahir dari lingkungan itu sendiri.

SukkhaCitta juga disebut-sebut sebagai sekolah pertama bagi para perajin tekstil yang didirikan oleh Denica Flesch di Indonesia.

Selain ketiganya, masih ada beberapa contoh sociopreneur lainnya seperti Starnio Organik Indonesia, Du Anyam, Nazava Water Filters, LandX, WeCare.id, dan lain-lain.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan Sociopreneur?

Sociopreneur dapat diartikan sebagai suatu usaha yang dilakukan oleh para pebisnis atau pengusaha untuk menjalankan bisnisnya dengan tujuan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitarnya.

Kenapa Sociopreneur itu penting?

Sociopreneur dianggap penting karena mampu meningkatkan kepedulian sosial di kalangan masyarakat, membuat kesadaran masyarakat akan isu-isu lingkungan dan sosial juga lebih tinggi, menjadikan hidup lebih baik, menjaga kelestarian bumi, mengatasi masalah sosial, dan lain-lain.

Kesimpulan

Bisa disimpulkan bahwa Sociopreneur adalah seseorang yang bekerja dan menjalankan bisnisnya agar memberikan dampak serta perubahan berarti bagi masyarakat.

Setelah mengetahui pengertian di atas, siapkah Anda menjadi social enterpreneur?


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar marketplace dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Referensi:

  • What Is A Sociopreneur? Definition, Benefits + Examples – https://www.jakeyou.com/blog/what-is-a-sociopreneur-definition-benefits-examples
  • Sociopreneur: The Business Concept for Millenials – https://www.hashmicro.com/blog/sociopreneur-is-a-business-concept-for-millennials/
  • The 10 Most Successful Social Entrepreneurs – https://www.investopedia.com/articles/investing/092515/10-most-successful-social-entrepreneurs.asp
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *