Sociopreneur Adalah: Karakteristik, Manfaat, Contoh, dan Tokohnya

Anisa 14 Mar 2023 5 Menit 0

Apa itu Sociopreneur? Ternyata Sociopreneur adalah istilah yang ditujukan bagi para pebisnis karena memiliki visi, misi, tujuan, serta cita-cita ingin menjadi seorang agen perubahan di masa depan.

Bisa dibilang Sociopreneur termasuk ke dalam kelompok atau sosok pioneer yang ingin mendorong masyarakat agar berdampak bagi kondisi, sistem, serta perkembangan ekonomi di sekitarnya.

Jumlah para Sociopreneur di Indonesia sendiri yakni 300 ribu orang lebih yang bergerak di sektor bisnis.

Lalu, apa sejatinya Sociopreneur, contoh, karakteristik, bagaimana dengan para tokoh, dan lain-lainya?

1. Pengertian Sociopreneur

Istilah Sociopreneur berangkat dari kata ‘social’ yang berarti kemasyarakatan atau sosial dan pereneur yang mengacu pada enterpreneur yang dimaknai sebagai para pengusaha.

Jadi, pengertian sociopreneur adalah seorang pebisnis yang menjalankan bisnisnya sekaligus ingin memberikan dampak positif di lingkungan masyarakat.

Dengan kata lain, Sociopreneur ini tidak mengutamakan pada keuntungan atau pendapatan usaha, tetapi indikator kesuksesannya justru dilihat dari seberapa besar mereka mampu membawa perubahan baik nan positif ke lingkungan masyarakat umum.

2. Karakteristik Sociopreneur

Tahukah Anda, jika ada beberapa karakteristik Sociopreneur yang wajib diketahui?

Inilah karakteristik atau unsur-unsur sociopreneur yang ada saat ini:

2.1. Fokus Pada Misi dan Isu Sosial

Karakteristik pertama untuk menjalankan sociopreneur adalah menentukan visi serta misi sosial.

Tujuannya adalah agar mampu memberikan pengaruh positif bagi masyarakat dalam skala tertentu.

Hal ini penting agar UKM dan UMKM serta organisasi yang dibangun tetap pada jalan yang benar alias sesuai tujuan.

Contoh: Anda dan organisasi yang dibangun fokus untuk menolong korban gempa dan bencana alam dengan menggalang dana lewat platform terpercaya.

2.2. Punya Jiwa Empati yang Tinggi

Socioprenuer berbeda dengan bisnis online kekinian yang ada di Indonesia.

Sebab, hampir seluruh bidang kewirausahaan sosial akan dilandasi oleh perasaan simpati dan empati yang tinggi.

Oleh karena itu, untuk menghidupkan bisnis sociopreneur, maka seorang pebisnis paling tidak harus peka dengan kondisi di lingkungan sekitarnya.

2.3. Rasa Ingin Tahunya Tinggi

Selain memiliki jiwa empati yang tinggi, para pengusaha muda yang sukses juga rata-rata punya curiosity yang besar.

Curiosity atau rasa penasaran/keingintahuan yang tinggi terhadap masalah di sekitar akan membuat seseorang melihat dengan perspektif lebih luas.

Rasa kekepoan atau keingintahuan yang tinggi ini mampu menuntut seseorang untuk mendapatkan jalan keluar dalam menyelesaikan masalah.

2.4. Fleksibel dan Terbuka

Seorang socio enterpreneur juga harus bersifat fleksibel dan terbuka dalam mencermati masalah yang sedang coba dipecahkan.

Dengan begitu, solusi lebih mudah ditemukan dan proses dalam membantu masyarakat di juga jauh lebih cepat.

Sikap fleksibel dan terbuka akan membuat struktur organisasi usaha yang dibangun lebih kompak, inspiratif, serta maju.

2.5. Pandai Mengelola Sumberdaya

Dalam dunia sociopreneur, seorang pebisnis juga harus pandai dalam mengelola sumber daya.

Termasuk mengelola tim yang berperan di dalamnya dan mengatur keuangan dengan baik supaya bisa digunakan secara optimal.

Khususnya untuk kepentingan sosial.

2.6. Inovatif

Cara menjadi pengusaha yang sukses di bidang kewirausahaan sosial adalah mampu menciptakan pembaruan yang kreatif.

Misalnya mengeluarkan ide-ide yang out of the box, antimainstream, dan lain daripada lainnya tetapi dengan tujuan yang sama.

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *