Apa itu Plugin ChatGPT? Inilah Fungsi dan Cara Menggunakannya!

Anisa 06 Sep 2023 4 Menit 0

ADVERTISEMENT

Plugin ChatGPT adalah sebuah ekstensi atau tools tambahan yang dirancang untuk dapat diintegrasikan dengan aplikasi ChatGPT untuk menghasilkan informasi yang lebih unik dan informatif.

Kamu bisa menggunakan Plugin ChatGPT ini untuk mengakses informasi terbaru yang lebih akurat, menyelesaikan berbagai macam perhitungan, dan bahkan menggunakan layanan dari pihak ketiga.

Contohnya: Expedia, InstaCart, KAYAK, OpenTable, Milo Family AI, dan sebagainya.

Nah, bagaimana cara menggunakan plugin ChatGPT ini dan seberapa besar akurasi yang dihasilkan? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini ya.

ADVERTISEMENT

1. Apa itu Plugin ChatGPT

Plugin ChatGPT adalah suatu tambahan atau ekstensi yang dapat ditambahkan ke dalam sistem ChatGPT untuk memperluas fungsionalitasnya. Singkatnya, Plugin ini dapat digunakan untuk menambah fitur khusus dan terintegrasi dengan sistem lain, sehingga informasi yang dihasilkan dari ChatGPT juga kian unik, akurat, dan informatif.

Cara kerjanya sama dengan ketika pengguna menambahkan extension (ekstensi) ChatGPT dari Google Web Store ke halaman Google. Jadi nanti plugin ChatGPT ini akan merespon prompt atau pertanyaan yang diketik oleh pengguna.

Bagi pengguna yang hendak menggunakan plugin yang ada di ChatGPT, maka harus berlangganan ChatGPT-4 atau ChatGPT Plus dengan membayar biaya bulanan senilai $20 atau setara dengan Rp304.982,00 (per 5 September 2023).

Nah, beberapa plugin yang bisa kamu temukan di ChatGPT4 ini antara lain: Expedia, Instacart, FiscalNote, KAYAK, Klarna, Shopify, Milo, OpenTable, Wolfram, Slack, Speak, Zapier, dan masih banyak lagi.

ADVERTISEMENT

2. Fungsi Plugin ChatGPT

Banyak manfaat yang dihasilkan oleh ChatGPT dalam bidang bisnis, apalagi plugin-plugin yang ada di platform ini sangatlah bervariasi.

Pengguna dapat menginstal atau memasang plugin di ChatGPT sesuai kebutuhan. Mulai dari desain, belanja online, membuat artikel, mencari keyword tertentu, dan masih banyak lagi.

Penasaran kan? Berikut fungsi plugin ChatGPT yang wajib diketahui:

  • Meningkatkan value atau nilai suatu informasi yang diperlukan oleh pengguna, terutama tentang produk, bisnis, dan lain-lain
  • Bagi pebisnis, plugin ChatGPT berfungsi untuk menargetkan pasar dengan tepat lewat pengalaman yang diberikan saat pelanggan mengaksesnya
  • Mempertahankan produk dan layanan untuk pengguna
  • Dapat digunakan untuk menambah pemasukan bagi para pebisnis, karena plugin ChatGPT dapat dimonetisasi dengan cara menawarkan layanan premium pada pelanggan
  • Membuka jaringan kemitraan dengan perusahaan atau pebisnis lain agar mengintegrasikan plugin ChatGPT dengan produk atau layanan yang mereka miliki
  • Mendorong inovasi terbaru dan memantau perkembangan tren terkini agar relevan dengan bisnis yang dijalankan
  • Menyediakan dukungan bagi pelanggan secara otomatis dan menganalisis respon pelanggan dari apa yang mereka butuhkan
  • Sangat membantu untuk meningkatkan performa dan kinerja bisnis di era digital seperti saat ini
  • Memfasilitasi komunikasi pengguna atau pelanggan dalam berbagai bahasa secara akurat (multilanguage)
  • Membantu menghasilkan, mengelola, dan memperbaiki konten untuk web, media sosial, dan marketplace
  • dll

Ingin pakai ChatGPT untuk membuat copywriting iklan, menulis artikel, memperbaiki konten, dan sebagainya? Coba manfaatkan plugin-plugin yang terdaftar di sistem ChatGPT.

ADVERTISEMENT

3. Cara Menggunakan Plugin ChatGPT

Cara menggunakan plugin ChatGPT sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengaktifkan opsi plugin di pengaturan ChatGPT terlebih dahulu dan instal plugin yang diinginkan.

Namun perlu dicatat bahwa tidak semua plugin yang terdaftar di Plugin Store ChatGPT gratis, karena banyak pula plugin yang berbayar.

Berikut cara menggunakan plugin ChatGPT bagi pemula:

  1. Buka chat.openai.com
  2. Berlangganan ChatGPT-4 atau ChatGPT Plus terlebih dahulu
  3. Masuk ke menu Pengaturan atau ‘Settings & Beta’
    cara menggunakan plugin chatgpt
  4. Selanjutnya Klik Beta Features
    cara pakai plugin chatgpt
  5. Geser tombol gulir Plugin ke kanan agar aktif
  6. Setelah itu kembali ke halaman pertama ChatGPT
  7. Kemudian, klik GPT-4
    langkah langkah menggunakan plugin chatgpt
  8. Pilih Plugins BETA
  9. Klik No Plugins Enabled
    plugin chatgpt yaitu
  10. Klik Plugin Store
  11. Barulah cari nama plugin yang diinginkan. Contoh: Aardvark AI untuk mencari produk terlaris dan direkomendasikan menurut Google Shopping
    cara install plugin chatgpt
  12. Klik Install
  13. Lalu kembali ke halaman pertama ChatGPT dan masukkan prompt yang kamu inginkan. Contoh “hallo, tolong rekomendasikan 10 daftar jaket pria yang paling bagus di tahun 2023 agar saya bisa menjualnya kembali”
  14. Tunggu plugin Aardvark AI bekerja dan ChatGPT pun akan menghasilkan informasi yang kamu butuhkan seperti ini:
    cara kerja plugin chatgpt

Catatan:plugin ChatGPT bisa kamu install dan uninstall kapan pun dengan mudah. Namun beberapa harus daftar terlebih dahulu karena berbayar.

ADVERTISEMENT

4. Perbedaan Sebelum dan Sesudah Pakai Plugin ChatGPT

Mungkin kamu bertanya-tanya, “apa perbedaan saat tidak dan menggunakan plugin ChatGPT?” Karena mungkin sekilas tampak sama, tetapi kamu bisa mencermati adanya ketidaksamaan yang mencolok.

Begini perbedaan sebelum dan sesudah pakai Plugin ChatGPT:

  • Sebelum pakai Plugin ChatGPT

Sebelum menggunakan Plugin ChatGPT, aplikasi AI ini hanya menghasilkan informasi berupa kalimat disertai beberapa poin sesuai dengan prompt yang diminta pengguna.

Tidak ada gambar, tidak ada rujukan link yang tepat (bahkan terkesan halu atau tidak nyata), tetapi biasanya informasi yang ditampilkan benar-benar sampai akhir dan sesuai dengan jumlah yang diperlukan pengguna.

jelaskan perbedaan plugin chatgpt dengan chatgpt

ChatGPT juga tidak akan menanyakan kembali secara detail maksud dari prompt yang diajukan oleh pengguna, tetapi langsung memproduksi (generate) informasi.

Selain itu, pengguna juga tidak perlu menunggu agak lama karena ChatGPT akan langsung memberikan informasi dengan cepat.

Karakteristik di atas tentu berbeda ketika menggunakan plugin ChatGPT yang membuat sistem dan fungsionalitas GPT bertambah luas.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *