Paket JNE Tidak Bergerak, Penyebab dan Solusinya

Hanif 04 Jul 2022 4 Menit 0

Ketika menunggu paket JNE datang dan melakukan cek status, terkadang kita mendapatkan respons yang kurang menyenangkan. Ternyata status paket JNE tidak bergerak.

Ini membuat kita khawatir. walaupun sebenarnya tidak perlu berlebihan karena tidak jarang status paket diam saja tetapi tiba-tiba sudah sampai rumah.

Jadi, jika menggunakan paket JNE OKE, wajar saja jika lama pengiriman paket Jakarta Bandung mencapai 3 hari, karena estimasi waktu untuk paket ekonomis memang begitu.

Untuk lebih lengkapnya, simak terus artikel ini.

Mengapa Paket JNE Tidak Bergerak

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat status paket terkesan diam. Padahal bisa saja sebenarnya paket tersebut sedang dalam perjalanan atau mendapat penyebab berikut.

  1. Masih dalam Perjalanan Proses Pengiriman yang Sama

Bisa jadi sebenarnya paket masih dalam proses pengiriman yang sama. Apalagi ketika menempuh perjalanan yang cukup jauh, paket harus menempuh perjalanan yang lama. Jadi, sabarlah menunggu selama belum melebih estimasi waktu pengiriman.

  1. Resi Terlambat untuk Di-Update

Kemungkinan lain adalah resi terlambat untuk di update. Terkadang petugas harus menangani ratusan paket dalam satu hari. Karena itu, proses update status terkadang jadi terlambat.

Apalagi ketika hari-hari tertentu di mana pengiriman online membludak, misalnya harbolnas atau libur akhir tahun. Kurir sampai kewalahan untuk menangani pengiriman barang. jadi mohon bersabar ya.

  1. Kendala Operasional

Waluapun JNE sudah cukup lama beroperasi, tetapi tidak menutup kemungkinan ada kendala yang terjadi saat operasional. Terkadang, kurir baru masih belum begitu menguasai medan, jadi memerlukan waktu yang lebih untuk mengantarkan paketmu.

Selain itu, karena jumlah pengantaran yang harus ditangani petugas juga tidak tentu, terkadang paket yang datang bisa sangat banyak. Ini membuat jam kerja kurir dan petugas gudang tidak cukup untuk mengurus barang.

Jadi, terkadang paket jadi terlambat untuk diantar.

  1. Menggunakan Paket Ekonomis

Ketika menggunakan paket ekonomis, biasanya paket akan menunggu dulu di gudang untuk diantarkan dengan pengantaran yang lain. Dengan begitu, agen pengiriman bisa lebih hemat untuk mengirim, karena dalam satu truk pengiriman bisa memuat barang lebih banyak.

Kalau menggunakan paket hemat, memang harganya akan lebih murah, tetapi waktu pengirimannya bisa lebih lama.

Maksud Status Pengiriman JNE

Karena statusnya menggunakan Bahasa inggris, tidak jarang orang jadi kesulitan untuk mengerti arti status pengiriman JNE. berikut beberapa arti status pengiriman JNE yang bisa tidak bergerak.

  1. Shipment Received by JNE Counter at

Paket telah diantar oleh pengirim dan diterima oleh agen JNE sesuai lokasi pengirim. Biasanya dicantumkan nama kota dibelakang status ini yang menandakan lokasi agen ini. Umumnya, proses ini memakan waktu 24 jam.

  1. Received At origin Getway

Barang sudah sampai di gudang JNE sebelum diantarkan kembali baik melalui darat maupun udara. Proses ini juga umumnya memakan waktu 24 jam.

  1. Departed from transit

Paket sudah dalam perjalanan setelah keluar dari gudang. Baisanya ini akan diteruskan ke kota tujuan atau gudang transit berikutnya.

  1. Shipment Picked up by JNE Courrier

petugas dari JNE sudah pick up paket dari pengirim untuk diteruskan ke agen.

  1. Received at sorting center

Paket sudah sampai di tempat pusat sortir. Di sini, paket akan dipilah sesuai dengan tujuannya sebelum dikirim lagi.

  1. Processed at sorting center

Paket sudah melewati tahap pemilahan dan siap dikirim ke kota tujuan.

  1. Received at arehouse

Ini adalah istilah yang berarti bahwa paket sudah sampai di gudang kota tujuan. Kemungkinan besar paket akan dikirm ke agen kabupaten.

  1. Shipment forwarded to destination.

Artinya paket sedang diantar ke kantor cabang. setelah sampai cabang, paket akan dikirim oleh kurir, jadi sudah tinggal sebentar lagi.

Dari status diatas, kita bisa memperkirakan proses yang sedang berlangsung dan lokasi dimana paket tersebut berada. Jika paket masih berada di tempat tersebut, bisa menghubungi gudang atau kantor cabang untuk menjemput paketnya di sana.

Bagaimana jika paket JNE tidak bergerak

Jika status JNE tidak bergerak selama lebih dari tiga hari atau lebih dari estimasi waktu yang diberikan, ada beberapa langkah yang bisa kamu tempuh.

  1. hubungi customer service

Sebagai perusahaan pengiriman barang yang sudah lama berkecimpung di ekspedisi, tentu JNE memiliki customer service yang professional. Untuk menghubungi customer service, bisa lewat beberapa cara

  • Ask Joni

Link untuk menghubungi ask joni adalah https://www.jne.co.id/id/hubungi-kami/ask-joni?category_id=1

Disitu, bisa melengkapi formular dengan mengisi nama, almaat, nomor hp. Kemudian, lengkapi juga keluhan yang dialami. Jangan lupa cantumkan resi pegniriman untuk memudahkan petugas JNE untuk menemukan pkaetmu.

Disitu kmu bisa menanyakan informasi terkait pengiriman barang atuapun jika barang terlambat diantar.

Misalnya

“Halo CS JNE Express, Saya sedang mengalamai kendala, paket yang dikirmkan melalui JNE REG sejak 7 hari lalu belum sampai. Dari pengecekan status sepertinya belum ada perubahan.

Adapun nomor resi pengirimannya yaitu 348223434728 a/n Pengirim Rika Online Shop dan a/n penerima Budi. Mohon dibantu ya”

  • Telepon

kantor pusat dan masing masing cabang juga memiliki nomor telepon masing masing.

Hot line customer care(62 21) 2927 8888
kantor cabanghttps://www.jne.co.id/id/hubungi-kami/our-information
  • Media sosial jne

Ada beberapa media sosial yang digunakan oleh JNE, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

FacebookJNE Pusat (https://www.facebook.com/JNEPusat)
Twitter@JNE_ID

(https://twitter.com/JNE_ID)

Instagram@JNE_ID (https://www.instagram.com/jne_id/)

Hubungi dengan sopan ya. Dengan begitu petugas JNE akan membantumu dengan baik juga.

  1. datangi kantor cabang atau pusat

jika respon dari customer service kurang memuaskan, cara lainnya adalah dengan Dari pengecekan status terakhir terlihat di mana barang terkhir diurus. Dari situ bisa langsung datangi kantornya. Bahkan ada kemungkinan juga bisa langsung mengambil paket di sana.

Cara Cek Status JNE

Sebelum mengajukan komplain, cek dulu status pengiriman paketnya. Jadi, nanti bisa menanyakan ke customer service nya “Saya sudah mengecek statusnya, kenapa paket JNE tidak bergerak ya?”

Supaya bisa melihat status pengiriman, biasanya menggunakan fitur pelacakan pengiriman di ecommerce. Selain itu, sebenarnya bisa juga melcak pengiriman melalui website official anteraja. Ini dia caranya.

  1. Buka aplikasi e-commerce > masuk ke pesanan atau pembelian barang > Copy nomor resi anteraja yang ada di pembelian barang.
  2. Buka website jne.co.id di browser, bisa juga dengan search jne di google.
  3. Temukan kotak untuk melacak paket > masukkan resi yang sebelumnya di copy ke kotak tersebut. > masukkan kode captcha > klik lacak
  4. Status pengiriman akan muncul.

Begitulah cara melacak paket pengiriman dari JNE. Dari situ bisa terlihat apakah status paket JNE tidak bergerak.

Selain melalui website resmi, kmiu juga pernah menjelaskan cara melacak JNE melalui web pihak ketiga.

Penutup

Sekarang sudah mengertikan kenapa Paket JNE tidak bergerak. memang terkadang agen pengiriman pun tidak terlepas dari kendala saat mengirimkan barang. tetapi tidak perlu khawatir karena JNE memiliki komitmen untuk emngantarkan barang dengan baik.

Kalau ingin cepat sampai, gunakan paket YES atau paling tidak REG, karena paket OKE memang memiliki waktu pengantaran yang sedikit lebioh lama.

Supaya kurir bisa menemukan alalamt dengan mudah, pastikan juga penulisan alamat sudah sesuai format ya.

Sekian dari kami, ikuti terus artikel dari pintarjualan untuk informasi lainnya.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
JNE
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *