Advertisement

Masih Terbuka, UMKM Berkesempatan Meriahkan MotoGP Mandalika

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
17 Februari 2022
Waktu membaca
2 Menit

Jakarta – Gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika tinggal menghitung hari. Kesempatan UMKM untuk turut serta memeriahkan MotoGP di Mandalika tersebut masih terbuka.

Dilansir dari Ulasan.co, Sabtu (12/02/2022), Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan memfasilitasi UMKM agar produknya dibeli wisatawan yang menonton MotoGP.

Data terakhir menunjukkan setidaknya ada 1.032 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) akan turut memeriahkan event balapan MotoGP di area Sirkuit Mandalika.

Baca juga: Cara Daftar BLT Rp1,2 Juta Untuk UMKM dan Cek Secara Online (+ Syaratnya)

Ahmad Masyhuri selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB mengatakan 1.032 UMKM itu nantinya akan diboyong di luar dan sekitar lokasi Sirkuit Mandalika.

Namun, data tersebut masih bersifat sementara. Pihaknya berdalih data tersebut masih bisa berubah sesuai kondisi. Besar kemungkinan kesempatan UMKM lain untuk bergabung masih terbuka.

“Data ini masih sementara, dan masih bisa berubah sesuai kondisi,” ujar Masyhuri di Lombok Tengah, seperti dikutip Ulasan.co, Sabtu (12/02/2022).

Ia menjelaskan, terdapat 13 titik yang akan digunakan untuk memfasilitasi UMKM tersebut. Titik-titik ini tersebar di beberapa kabupaten di pulau Lombok, selain di areal Sirkuit Mandalika.

Nantinya, kata Masyhuri, produk UMKM tersebut akan melewati proses kurasi terlebih dahulu. Kurasi ini dilakukan untuk mencari, memilih dan menilai produk UMKM.

Setelah melewati kurasi tersebut, produk-produk UMKM baru kemudian akan dipamerkan dan diperjualbelikan kepada para wisatawan.

Baca juga: 6 Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk UMKM (Baru Mau Mulai Bisnis)

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa pihaknya akan memberikan pengetahuan kepada para UMKM terkait bagaimana cara melakukan promosi yang baik.

“Kita juga akan memberikan pengetahuan kepada pelaku UMKM, bagaimana cara melakukan promosi yang baik, menjual harga yang layak dan menjual barang yang aman sesuai standarnya,” imbuhnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB itu berharap, perhelatan event MotoGP 2022 menjadi momentum yang tepat untuk UMKM lokal NTB bangkit di tengah pandemi.

“Harapan kita UMKM kita menjadi bangkit. Sebab selain UMKM masih banyak faktor lain yang akan diuntungkan dengan adanya MotoGP ini,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Baiq Nelly Yuniarti menyebutkan, pemerintah juga telah menyiapkan sejumlah titik untuk UMKM memajang hasil produknya.

Dilansir dari Ulasan.co, Sabtu (12/02/2022), titik-titik tersebut antara lain, areal parkir timur, parkir barat, kawasan sirkuit, Bazaar Mandalika, Beach Park Kuta Mandalika.

Selain itu, beberapa UMKM juga akan ditempatkan di Bandara BIZAM, eks Bandara Selaparang, Taman Sangkareang RS Mandalika, dan Islamic Center di Kota Mataram.

Nelly menjelaskan, pemetaan spot UMKM di gelaran MotoGP Mandalika dilakukan berdasarkan evaluasi dan analisa pasar dari pengalaman perhelatan World Superbike November 2021 lalu.

“Terbanyak bergerak di usaha kuliner, selanjutnya fashion, kerajinan, industri otomotif, tenun, dan lainnya,” katanya dikutip dari Ulasan.co, Sabtu (12/02/2022).

Baca juga: Dukung UMKM di Era Pandemi, Telkom Gelar Creative UMKM Talks

Gelaran balap MotoGP di Sirkuit Mandalika sendiri akan berlangsung pada 18 – 20 Maret 2022. Dengan total kuota tiket penonton yang disediakan diketahui mencapai 63.534 per hari.

Artikel ini telah terbit di Ulasan.co dengan judul “Ada 1.032 UMKM Meriahkan Event MotoGP di Sirkuit Mandalika”.

Link: https://ulasan.co/ada-1-032-umkm-meriahkan-event-motogp-di-sirkuit-mandalika/

 

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *