Tips Mengecilkan Ukuran Foto Di Desktop Tanpa Install Software Apapun

Tim Tonjoo Media 21 Des 2022 3 Menit 0

Baik Anda menjalankan situs web, menulis konten untuk situs blog, atau menangani akun media sosial, Anda memerlukan gambar dengan ukuran dan kualitas yang memadai untuk menarik audiens yang Anda targetkan. Gambar tentu saja merupakan salah satu cara yang paling berpengaruh dan menonjol untuk menarik perhatian orang dan memberi tahu mereka apa yang Anda tawarkan kepada mereka.

Kemajuan teknologi digital telah memudahkan orang untuk mengakses platform online. Hal ini meningkatkan persaingan bagi pemilik situs dan membuat mereka tak terelakkan untuk memberikan sesuatu kepada penggunanya yang dapat mengubah mereka menjadi pengunjung reguler.

Gambar berkualitas tinggi memiliki kekuatan untuk memenuhi keinginan ini. Namun, satu hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum menambahkan atau mengunggah gambar apa pun adalah ukurannya.

Gambar berukuran besar memerlukan banyak waktu untuk dimuat, yang memengaruhi kinerja situs dan pengalaman pengguna.

Selain itu, orang lebih suka menghindari mengunjungi situs web yang membutuhkan banyak waktu untuk memuat dan beralih ke opsi lain yang tersedia.

Oleh karena itu, mengelola ukuran gambar sangat penting untuk meningkatkan waktu pemuatan halaman. Namun, pertanyaan penting yang muncul di benak setiap orang adalah bagaimana kita mengecilkan ukuran foto tanpa mempengaruhi resolusi dan kualitasnya?

Anda tidak perlu mencari di tempat lain untuk menemukan jawaban atas pertanyaan ini, karena kami akan membagikan beberapa saran yang memungkinkan Anda mengompres JPG sambil mempertahankan kualitasnya.

Jadi, mari temukan cara-cara ini tanpa memperpanjangnya lebih jauh.

Kompresor Gambar

Mengecilkan ukuran foto

Kompresor gambar

Online alat berbasis web kompres file JPG online. Internet menawarkan banyak sekali kompresor gambar yang dapat menjadi uluran tangan Anda dalam mengecilkan foto Anda. Anda hanya perlu mencari fasilitas tersebut dan mengunggah gambar yang ingin Anda kompres. Fasilitas kemudian secara otomatis memampatkan gambar tanpa merusak kualitasnya dan menawarkan hasil instan.

Bagian terbaiknya adalah seluruh proses tidak memerlukan keahlian teknis atau instalasi sama sekali dari Anda.

Namun, koneksi internet yang kuat sangat penting untuk mengakses dan menggunakan kompresor foto. Anda dapat perkecil ukuran foto menjadi KB menggunakan alat canggih dan andal. Namun, memilih alat sangat penting untuk mencapai hasil yang Anda inginkan.

Kecilkan Gambar Anda dengan Paint

Mengecilkan ukuran foto

Kecilkan gambar anda dengan paint

Apakah Anda mencari cara lain untuk kompres JPG tanpa harus online? Mengapa tidak menggunakan Paint untuk melakukan pekerjaan ini? Ya! Anda dapat memampatkan ukuran gambar yang Anda inginkan dengan Paint, program bawaan yang telah menjadi bagian dari Microsoft Software Suit sejak awal.

Proses penggunaan Paint untuk mengecilkan ukuran gambar juga bebas dari konvolusi apapun. Untuk memulai, cukup buka aplikasi Paint di desktop Anda. Setelah dibuka, klik “File” dan pilih “Open”. Sekarang, pilih gambar yang ingin Anda kompres dari perangkat Anda.

Anda dapat dengan mudah memangkas gambar jika hanya ingin memilih bagian foto tertentu menggunakan Aplikasi Paint. Pilih tab “Beranda” di menu pita dan tekan alat pilih.

Selanjutnya, gunakan mouse Anda untuk memilih persegi panjang di dalam gambar menggunakan mouse yang ingin Anda simpan dan kemudian tekan Crop untuk menghapus semua bagian yang tersisa.

Setelah memotong gambar, saatnya mengubah ukurannya. Pertama, tekan tombol Ubah Ukuran lalu tambahkan persentase untuk menskalakan gambar Anda ke pecahan tertentu. Jika Anda mengompresi gambar Anda untuk dibagikan dengan seseorang, kami sarankan Anda menanyakan dimensi yang diperlukan dari mereka. Sekarang, jika Anda merasa gambar Anda diubah ukurannya sesuai preferensi Anda, kembali ke menu File dan pilih Save As untuk mengambil gambar yang diperbarui di perangkat Anda.

Anda dapat memilih format file apa pun dari opsi yang diberikan, tetapi kami menyarankan Anda memilih JPEG karena ini adalah format gambar yang paling banyak digunakan untuk mengunggah gambar pada platform berbasis web.

Kata Akhir

Mengurangi ukuran gambar seringkali menjadi hal yang penting untuk mentransfer gambar di web dan meningkatkan kecepatan pemuatan halaman situs web Anda.

Informasi yang kami bagikan dalam posting blog ini akan memandu Anda tentang perlunya mengompres JPG. Selain itu, metode yang disarankan akan membantu Anda mengecilkan gambar tanpa merusak kualitasnya. Anda dapat memilih salah satu dari metode ini sesuai keinginan Anda untuk mengubah ukuran foto sesuai kebutuhan Anda.

Namun, menggunakan alat online untuk kompres foto ukuran lebih menguntungkan karena akan langsung memberikan hasil sempurna dan berkualitas tanpa memerlukan bantuan dari pihak Anda.

Kami harap posting blog ini membantu Anda mempelajari cara kompres ukuran foto ukuran tanpa menginstal aplikasi atau perangkat lunak apa pun di sistem desktop Anda.

Bagikan ke:
Tim Tonjoo Media
Ditulis oleh

Tim Tonjoo Media

Penikmat senja, langit, dan kopi. Moto hidupnya: 'teruslah menulis hal yang bermanfaat untuk orang lain dan buat mereka mengerti tentang WordPress'. Bekerja sebagai WordPress Developer merangkap Content Writer di Tonjoo saat working days, dan sunset hunter saat weekend.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.