Cara Hapus Grup WhatsApp di Android & iPhone yang Kita Buat secara Permanen

Anisa Juniardi 03 Des 2022 3 Menit 0

Sebagai pencetus terbentuknya grup di WA, terkadang kita ingin menghapusnya karena komunikasi sudah makin menurun. Bagaimana cara hapus grup WhatsApp dengan mudah, tetapi secara permanen?

Padahal kalau dipikir-pikir menghapus grup merupakan pekerjaan yang mudah, hanya beberapa klik saja, sudah hilang dari daftar chat!

Eits, jangan salah dulu! Menghilangkan jejak obrolan grup beda lho dengancara menghapus WhatsApp di perangkat android dan iPhone.

Karena anggota lain pasti curiga atas hilangnya keberadaan kita di sebuah komunitas. Makanya, baca tutorialnya sampai habis ya!

Syarat Hapus Grup WhatsApp

Penghapusan grup WhatsApp pada dasarnya dapat dilakukan oleh dua pihak, yakni pembuat/pencetus/admin grup dan anggota biasa yang tidak berstatus sebagai seorang admin dengan syarat keduanya harus keluar dari keanggotan terlebih dahulu.

Meskipun WhatsApp telah merilis beberapa fitur terbarunya seperti companion mode, message yourself, dan lain-lain akan tetapi masih belum ada opsi menghapus grup secara instan.

Bahkan pada pengaturan grup atau komunitas, tidak ada fitur hapus grup baik ketika diakses oleh admin maupun anggota.

Hanya ada opsi untuk membersihkan isi chat dalam grup di perangkat kita, membisukan notifikasi, pesan sementara, ekspor chat, laporkan grup, dan sejenisnya.

Berbeda ketika seseorang download WhatsApp GB yang memungkinkan penggunanya untuk hapus grup sesuai dengan keinginan dan kepentingannya.

Oleh karena itu, bagi untuk menghapus grup, seseorang harus:

  • Jika kita peserta biasa (bukan admin), maka harus keluar terlebih dahulu dari keanggotaan grup dan hapus grup seperti menghapus daftar chat pada umumnya
  • Apabila kita adalah admin grup, maka harus mengeluarkan anggota satu per satu secara manual sampai 0 (kosong) dan barulah bisa menghapus grup WhatsApp yang kita buat secara permanen

Cara Hapus Grup WhatsApp (Android & iPhone)

Gimana sih cara hapus grup WhatsApp di HP padahal kita hanya anggota biasa? Nah, untuk bisa menghilangkan grup WA ternyata kita harus lakukan hal ini dulu!

  1. Buka grup WA dan klik ikon titik tiga di kanan atas
    Cara hapus chat grup whatsapp di iphone
  2. Klik Lainnya untuk menuju ke menu berikutnya
    Cara menghapus grup wa admin
  3. Pili Keluardari grup
  4. Setelah itu kembali ke daftar chat WA dan tab atau tekan grup chat agak lama, dan klik ikon tong sampah untuk menghapus grup
    Cara keluar dari grup wa sebagai admin
  5. Klik Hapus Grup

Informasi penting: Saat kita keluar dari grup, tidak ada notifikasi yang muncul di WhatsApp anggota lain seperti ketika mereka menerima pesan masuk. Namun, tanda kita meninggalkan grup tetap tertulis dengan keterangan “Kamu telah meninggalkan grup” atau “Kamu left” dan hanya bisa dilihat oleh admin saja. Artinya, HANYA ADMIN grup yang mengetahui kita keluar dari grup.

Oleh karena itu, kita harus berpikir ulang sebelum benar-benar meninggalkan grup tersebut.

Sebab, menghilang secara mendadak pastinya biking anggota lain bertanya-tanya atas kepergian kita dari media sosial.

Cara Menghilangkan Grup WhatsApp secara Permanen

Tutorial kali ini diperuntukkan bagi pengguna sebagai admin sebuah grup yang ingin tahu cara hapus grup WhatsApp secara permanen.

Khusunya bagi pengguna android dan iPhone.

Sebenarnya mustahil sih menghilangkan grup tanpa ketahuan anggota lain, karena inilah langkah-langkah yang harus dilalui:

  1. Buka grup WhatsApp
  2. Buka info profil grup
    Cara keluar dari grup wa tanpa ada yang tau
  3. Tab beberapa detik nama anggota grup (lakukan satu per satu)
    Cara keluar dari grup whatsapp tanpa diketahui admin
  4. Klik Keluarkan (diikuti nama anggota)
  5. Klik Oke untuk menyetujui tindakan tersebut
  6. Nah, setelah seluruh anggota grup kita keluarkan, langsung saja tap grup agak lama di daftar chat dan klik ikon tong sampah
    Cara keluar dari grup wa sebagai admin
  7. Klik Hapus Grup untuk menghapus secara permanen

Setelah itu, seluruh isi chat, media, dan lain-lain yang berasal dari grup tersebut pun hilang.

Kecuali jika sebelumnya kita telah menyimpan atau back up data WhatsApp ke perangkat lain.

Cara back up chat WhatsApp ke HP baru atau perangkat lain memang terkesan gampang, tetapi membutuhkan kesabaran dan jaringan internet yang stabil.

Cara Menghapus Grup WhatsApp Web

Langkah berikutnya yang bisa kita coba adalah menghapus grup lewat WhatsApp Web.

Caranya hampir sama seperti ketika kita menghilangkan grup WA dari aplikasi.

  1. Buka grup dan klik profil grup
  2. Pilih anggota yang ingin dikeluarkan dengan klik tanda panah ke bawah
  3. Klik Keluarkan
  4. Klik Hapus untuk mencoret anggota dari grup tersebut
  5. Lakukan cara di atas berulang kali sampai tidak ada satu pun anggota lagi yang tersisa di dalam grup, termasuk diri kita sendiri
  6. Kembali ke daftar chat dan klik tanda panah ke bawah pada grup, lalu klik Hapus Grup untuk delete grup secara permanen lewat WA Web

Nah, gampang kan cara hapus grup WhatsApp lewat semua perangkat? Entah via Web, android, iPhone, iPad, dan lain-lain.

FAQ

Apa yang terjadi setelah anggota keluar dari grup WhatsApp?

Anggota yang sudah keluar dari grup tetap dapat melihat info grup dan anggota-anggota di dalamnya bahkan daftar anggota sebelumnya dengan mengklik profil grup. Hanya saja dirinya tidak dapat melihat isi percakapan di dalam grup tersebut usai keluar.

Bagaimana cara admin menghapus chat grup WhatsApp?

Admin grup WhatsApp bisa menghapus seluruh isi chat dalam grup dengan mengklik ikon titik tiga di sudut kanan atas > Klik Lainnya > Bersihkan chat > klik tanda centang pada "Hapus juga media yang diterima di chat ini dari galeri perangkat" > klik Bersihkan chat

Apakah pembuat grup bisa dihapus?

Peserta atau anggota biasa dalam grup (bukan admin) tidak dapat mencoret, mengeluarkan, menjegal, dan menghapus nama admin dalam sebuah grup. Sebaliknya, seorang pembuat grup dapat menghapus seluruh anggota yang dikehendakinya, bahkan termasuk admin lain yang dipilihnya.

Akhir Kata

Itulah cara hapus grup WhatsApp dari sudut pandang peserta dan admin yang memimpin komunitas di dalamnya.

Jangan khawatir, sekarang WhatsApp sudah support bagi anggota yang ingin keluar dari grup secara diam-diam dan tidak akan ada anggota yang menyadarinya!


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar marketplace dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber:

  • How to exit and delete groups | WhatsApp Help Center – https://faq.whatsapp.com/498814665492149#:~:text=1-,Open%20the%20WhatsApp%20group%20chat%2C%20then%20tap%20the%20group%20subject,group%20in%20the%20CHATS%20tab.&text=Tap%20Delete%20group%20%3E%20DELETE.
  • How to Delete a WhatsApp Group on iPhone or Android – https://www.businessinsider.com/guides/tech/how-to-delete-whatsapp-group
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa Juniardi
Ditulis oleh

Anisa Juniardi

I love being I am. Menulis dan membaca pada ruang yang telah disediakan oleh Tuhan. Iya. Saya seorang content writer SEO dan yeaah.. here we go

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.