Cara Membuat Instagram Notes, Fitur Baru Buat Update Catatan Pendek via DM

Anisa Juniardi 15 Des 2022 3 Menit 0

Bagaimana cara membuat Instagram Notes dengan mudah dan dibaca oleh seluruh followers? Eh, tapi ngomong-ngomong, kamu sudah tahu belum nih, kalau jagat raya IG sedang dihebohkan oleh kemunculan fitur baru bernama Notes atau Catatan?

Saking hebohnya, banyak juga loh warganet yang tertipu dan bahkan salah menggunakannya.

Sampai-sampai, ada salah seorang pengguna yang mengira, catatan tersebut merupakan DM dari mantan dan ia pun menjawabnya dengan santai. Ternyata setelah ditelisik lagi, Notes memang berbeda dengan fitur Pesan Instan Instagram.

Mari, simak dulu penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Fitur Baru Notes Instagram?

Cara membuat instagram notes

Source: about. Fb. Com

Notes atau Catatan adalah fitur baru Instagram yang didesain dan dibuat khusus oleh Meta untuk pengguna yang ingin membagikan status pendek maksimal 60 karakter.

Berbeda dengan fitur Shopping Instagram, Notes ini hanya dapat ditemukan dan dibaca oleh pengguna melalui kolom DM (Direct Message) saja, sehingga tidak ada notifikasi atau pun pemberitahuan layaknya Stories dan Siaran Langsung di Instagram.

Jadi, pengguna hanya akan tahu seseorang membuat Catatan atau tidak, tatkala dirinya masuk ke menu DM.

Notes juga bisa dibagikan kepada dua jenis penerima atau penonton, yakni seluruh pengguna yang kamu ikuti dan sudah follow balik serta pada close friend (teman dekat).

Meskipun Notes yang sudah dibuat dan terunggah akan hilang setelah 24 jam seperti masa berlaku Story IG, akan tetapi pengguna bisa membuat Catatan berkali-kali tanpa menghapus catatan yang lama.

Sebab, dengan mengklik “Tinggalkan Catatan Baru”, status baru akan langsung ter-update dengan sendirinya.

Selain itu, Notes akan ditampilkan layaknya status BBM di kolom DM dan berjejer dengan deretan catatan lain milik teman-teman di IG.

Jika ingin membalas catatan tersebut, pengguna hanya perlu mengklik Notes yang muncul dan menulis balasan pada kolom yang telah disediakan sistem.

Nah, kamu sudah tahu belum panduan lengkap cara menggunakan Notes yang benar?

Cara Membuat Notes di Instagram Terbaru

Pada dasarnya Notes memang hanya sebatas status pendek dan tidak seperti Reels yang membuat pengguna harus capek-capek mencari cara riset hashtag Instagram agar dapat menaikkan engagement.

Kamu hanya perlu bikin Catatan saja dan lihat siapa yang membalas Notes tersebut.

Nah, buat kamu yang sudah menunggu dan bingung banget gimana cara membuat Instagram Notes, mari ikuti langkah-langkah berikut ini!

  1. Buka akun Instagram dan klik ikon DM di layar pojok kanan bagian atas
    Tutorial membuat notes di instagram
  2. Setelah itu klik gambar foto profil Instagram (Tinggalkan Catatan) yang muncul di antara kolom Cari dan Pesan
    Fitur baru notes instagram
  3. Ketik Catatan yang mau dituliskan pada kolom “Bagikan apa yang Anda pikirkan…. Contoh: Apa kabar? Semoga baik.
    Tata cara buat notes di ig
  4. Selanjutnya pilih salah satu Bagikan dengan Pengikut yang Anda ikuti Balik atau Teman Dekat
  5. Baru deh, kamu klik Bagikan pada pojok kanan ametas
  6. Selamat, karena Notes berhasil dibuat!

Nantinya apabila ada yang merespon Catatan tersebut, maka otomatis akan masuk dalam daftar chat atau DM.

Kamu bisa membalasnya seperti biasa dan melanjutkan obrolan melalui pesan IG.

Keunggulan Fitur Instagram Notes

Ya, meskipun tidak bisa digunakan untuk bikin status yang panjang seperti halnya Feed, Reels, dan Story yang muncul di Profil Foto Instagram, tetapi Notes juga memberikan beberapa keuntungan bagi pengguna.

Terutama jika kamu pandai memanfaatkan sebagai peluang atau sebagai bentuk cara mendapatkan uang dari Instagram.

Apa saja itu? Ini dia yang bisa kamu lakukan dengan fitur Notes Instagram!

  1. Fitur Notes dapat kamu pakai untuk mempromosikan dagangan secara singkat dan membuat orang makin penasaran
  2. Membuka jasa curhat/jasa translate/jasa titip, dan berbagai jenis layanan jasa lainnya dengan menuliskan “Buka jasa translate Inggris-Indo ya”
  3. Mencari teman yang sekiranya punya hobi serupa
  4. Menambah kemampuan public speaking
  5. Mencari partner untuk diajak kerja sama
  6. Menjaga privasi lebih banyak daripada menggunakan fitur Story yang bisa dilihat oleh siapa pun ketika Instagram diaktifkan dalam pengaturan Publik
  7. Dan masih banyak lagi

Kekurangan Fitur Catatan di IG

Walaupun sempat membuat netizen excited, tetapi kemunculan fitur baru Notes Instagram ini tidak selalu ditanggapi dengan perasaan yang positif.

Sebagian justru menganggap kalau fitur baru tersebut kurang memiliki fungsi yang esensial. Terkesan sepertui fitur Tweet di Twitter dan bikin salah paham banyak pihak.

Makanya, tak sedikit yang menyorot jika fitur Catatan di IG memberikan dampak sebagai berikut:

  • Khawatir kalau orang-orang jadi malas menggunakan fitur Story dan beralih ke fitur Catatan. Seperti yang terjadi dulu pada kemunculan fitur Story IG pertama kali yang menggeser keinginan pengguna, dari semula gemar mengunggah postingan di Feed IG, sekarang beralih ke Story karena jumlah penonton lebih banyak.
  • Digunakan untuk aktivitas yang tidak baik seperti melancarkan kejahatan, penipuan, dan sebagainya
  • Kurang menarik karena terlalu banyak fitur yang terdapat di Instagram, sehingga jati diri aplikasi yang sesungguhnya mulai memudar
  • Pengguna cenderung dikatakan alay jika mengganti atau memperbarui Catatan baru berulang kali

Oleh karena itu, gunakan dengan baik dan sewajarnya ya fitur Notes Instagram ini!

FAQ

Bagaimana cara membuat Notes di Instagram?

Pengguna hanya perlu membuka DM (Direct Message) > klik Tinggalkan Catatan > Tulis status atau Notes singkat > Pilih dibagikan dengan pengikut yang Anda Ikuti Balik atau Teman Dekat > klik Bagikan.

Mengapa tidak ada fitur Notes di Instagram?

Fitur Notes tidak muncul bisa jadi karena aplikasi Instagram pengguna belum diperbarui atau di Update, HP sudah tidak support, dan jaringan internet yang buruk

Berapa jumlah kata yang bisa ditulis pada Notes Instagram

Pengguna hanya dapat mengunggah status atau catatan singkat dengan maksimal 60 karakter yang terdiri dari huruf, emoji, dan simbol-simbol umum di Hp.

Akhir Kata

Kendati menimbulkan pro dan kontra, tampaknya sebagian besar pengguna lain justru senang dengan hadirnya Notes karena bisa dipakai untuk membuat celotehan-celotehan receh dengan private mode.

Keamanan mereka juga lebih terjaga karena Notes hanya muncul di akun-akun yang saling follow saja.

Sekian cara membuat Instagram Notes kali ini~


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar marketplace dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber:

  • New Sharing Features on Instagram: Notes, Group Profiles and More – https://about.fb.com/news/2022/12/sharing-features-on-instagram-notes-group-profiles-and-more/
  • Segala riset dan uji coba fitur dilakukan secara mandiri oleh Tim Pintarjualan.id agar mendapatkan pengalaman yang lebih nyata dan menyenangkan.
Bagikan ke:
Anisa Juniardi
Ditulis oleh

Anisa Juniardi

I love being I am. Menulis dan membaca pada ruang yang telah disediakan oleh Tuhan. Iya. Saya seorang content writer SEO dan yeaah.. here we go

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.