Ini Dia Fitur Baru WhatsApp, Bisa Senyapkan Panggilan dari Nomor Tak Dikenal!

Anisa 08 Mar 2023 2 Menit 1

ADVERTISEMENT

Sepanjang tahun 2022 hingga memasuki awal 2023, WhatsApp terus-terusan menghadiahi pengguna dengan beragam fitur teranyar yang multifungsi serta fresh. Bahkan pada bulan Maret kali ini, fitur baru WhatsApp kembali diuji coba guna memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna.

Nantinya di masa yang akan datang, pengguna dapat membisukan, mensenyapkan, atau membisukan panggilan dari nomor tak dikenal. Terutama nomor-nomor penipu, spam caller, dan orang iseng yang berpotensi menganggu ketenangan pengguna.

Fitur baru tersebut diberi nama Silence Unknown Callers (membisukan panggilan yang tak dikenal) dan saat ini masih dalam tahap pengembangan oleh Meta, terutama pihak WhatsApp.

Oleh karena itu, meskipun pengguna saat ini telah memperbarui versi terbaru WhatsApp, fitur tersebut belum tersedia karena masih proses uji coba.

Cara pakai fitur baru whatsapp

Source: wabetainfo. Com

Perlu diketahui juga bahwa tombol atau fitur Silence Unknown Callers nantinya bisa diaktifkan pengguna melalui menu pengaturan aplikasi WhatsApp. Setelah fitur aktif, setiap panggilan yang masuk dari nomor asing akan secara otomatis dibisukan oleh sistem.

Keunggulan lain dari fitur Silence Unknown Callers adalah layanan ini bisa membantu mengurangi panggilan spam secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, karena biasanya spammers selalu bergonta-ganti nomor untuk menjangkau korbannya.

Meta sendiri sebelumnya telah mengajukan voting melalui akun Twitter guna mengetahui opini pengguna terkait panggilan spam yang sering masuk lewat nomor WhatsApp.

Tujuannya untuk mengukur dan memperkirakan jumlah keseluruhan kasus serupa yang menimpa para pengguna WhatsApp. Sebab, panggilan spam memang bisa membahayakan data pengguna serta mampu menimbulkan kerugian materiel.

Sayangnya, meski panggilan dari nomor tak dikenal seolah-olah tidak mengganggu pengguna, akan tetapi notifikasi dan status panggilan tersebut akan tetap muncul di layar ponsel.

Jadi, apabila nomor tak dikenal tersebut selalu mencoba menghubungi pengguna dengan maksud menipu, spam, dan lainnya, ada baiknya diblokir tanpa pikir panjang.

Pengguna juga dapat melaporkan penipuan WhatsApp ke nomor BRTI Kominfo, sebuah program resmi yang diinisiasi pemerintah untuk menindaklanjuti sekaligus mencegah konten-konten sensitif yang membahayakan masyarakat.

Ada pula fitur blokir yang disediakan oleh WhatsApp pada menu pengaturan profil pengguna untuk memblokir secara langsung oknum-oknum meresahkan tersebut.

Menurut unggahan yang dirilis oleh WABetaInfo, spesifikasi dan rincian fitur Silence Unknown Callers di aplikasi WhatsApp, baik di Android, WhatsApp Web, iOS, dan Windows akan diumumkan melalui artikel dalam beberapa waktu ke depan.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar marketplace dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Referensi:

  • WhatsApp is working on a feature to mute calls from unknown numbers – https://wabetainfo.com/whatsapp-is-working-on-a-feature-to-mute-calls-from-unknown-numbers/
Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

1 Comments

  1. Avatar of anastasismedia Anastasismedia berkata:

    Kalau pengen menolak panggilan tak dikenal secara otomatis gimana min

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *