Advertisement

Gaji Kurir JNE Terbaru 2022, Tunjangan Beserta Sistem Kerja

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
19 Januari 2022
Waktu membaca
4 Menit

Mau daftar jadi kurir JNE tapi ragu dengan gajinya? Tenang, kali ini kami akan memberikan informasi terkait gaji kurir JNE. Dengan jadi kurir JNE, rasa lelah mengatar barang akan terbayarkan.

Selain itu, kami juga akan memberikan sedikti informasi terkait sistem kerja kurir JNE, jam kerja JNE, hingga layanan-layanan yang ada JNE.

Oleh karena itu, ikuti terus artikel ini sampai selesai. Jangan sampai ketinggalan informasi sedikit pun dari kami. Sebelum itu, mari simak dulu profil singkat JNE.

Profil Singkat JNE

JNE atau PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman dan logistik. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1990.

Kantor JNE berpusat di jalan Tomang Raya No. 11, Jakarta Barat, 11440. Namun, cabangnya sudah tersebar ke seluruh Indonesia. Salah satunya di Yogyakarta. Kantor JNE Yogyakarta sendiri sudah tersebar dari Sleman hingga Gunung Kidul.

Dengan visi menjadi perusahaan logistik terdepan di negeri sendiri yang berdaya saing global dan misi memberi pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten, JNE merupakan salah satu ekspedisi yang bisa diandalkan 😊

Tugas Pokok Kurir JNE

Buat kamu yang mau mendaftar menjadi kurir JNE, ada beberapa tugas pokok yang harus kamu kerjakan setiap hari. Berikut ini adalah tugas pokok kurir JNE:

  1. Tugas utama adalah mengantarkan paket ke tujuan dengan benar.
  2. Jika paket berupa dokumen, kurir harus menjaga kerahasiaannya.
  3. Menjaga paket tetap utuh dan tanpa cacat sampai ke tujuan.
  4. Membantu mengecek barang dan memeriksa alamat tujuan ke mana paket akan diantar.
  5. Membuat laporan paket apa saja yang sudah sampai ke tujuan.
  6. Menjaga hubungan baik dengan para pelanggan JNE.

Tugas pokok seorang kurir JNE hampir sama dengan kurir-kuring yang lain. Buat kamu yang sudah pernah menjadi kurir tidak akan menemui kesulitan apa pun 😊

Sistem Kerja Kurir JNE

Kurir JNE bekerja secara shifting. Mereka bekerja selama 6 hari dengan ketentuan libur yang tidak selalu di hari Minggu. Secara umum berikut ini sistem kerja kurir JNE;

  1. Mengisi presensi kehadiran;
  2. Mengambil dokumen laporan pengiriman paket;
  3. Menyusun paket yang akan diantarkan;
  4. Mengantarkan paket kepada pelanggan;
  5. Mengambil paket jika ada pelanggan yang akan mengirim paket (layanan jemput paket);
  6. Kembali ke kantor dan membuat laporan;
  7. Selesai.

Baik cuaca panas atau hujan deras, kurir JNE harus tetap mengantarkan paket sampai ke tujuan dengan target yang sudah ditentukan 😊

Jam Kerja Kurir JNE

Secara umum, jam kerja kurir JNE kurang lebih adalah 8 jam. Di hari Senin sampai Jum’at, jam kerja kurir adalah 08.30 – 17.00. Sedangkan Sabtu jam 08.30 – 13.00 WIB.

Namun, bagi kurir yang mendapat jatah untuk mengirimkan paket layanan paket YES JNE, jam kerjanya bisa sampai pukul 23.59 bahkan hari libur sekalipun.

Besaran Gaji Kurir JNE

Gaji pokok kurir JNE adalah mengikuti Upah Minimum Regional atau UMR setiap daerah. Sedangkan rata-rata gaji kurir JNE per bulannya adalah sekitar Rp. 2,8 – Rp. 4,5 jutaan.

Gaji tersebut biasanya merupakan total. Sudah termasuk tunjangan, servis kendaraan, uang bensin, uang makan, dan sebagainya. Berikut ini contoh perhitungan gaji kurir JNE di kota Yogyakarta:

  • Gaji pokok Rp.2.100.000
  • Tunjangan kehadiran Rp.440.000
  • Parkir Rp.100.000
  • Insentif servis dan sewa kendaraan Rp.300.000
  • Insentif paket yang terkirim Rp.200.000
  • Uang bensin dan makan Rp.800.000

Total gaji kurir JNE di Yogyakarta kurang lebih sekitar Rp.3.940.000. Hampir dua kali lipat dari UMR Yogyakarta bukan 😊

Syarat Menjadi Kurir JNE

JNE menyebut para kurirnya dengan istilah ksatria dan srikandi. Dengan menjadi kurir JNE, kamu akan mendapatkan banyak benefit, antara lain;

  1. Kompensasi dan fasilitas untuk kesejahteraan;
  2. Peningkatan kapasitas dan kompetensi setiap karyawan;
  3. Masuk ke dalam organisasi dengan kolaborasi yang kuat, layaknya keluarga.

Sebelum mendaftar menjadi kurir JNE, ada beberapa syara yang harus kamu penuhi. Berikut ini syarat menjadi kurir JNE;

  1. Pria atau wanita maksimal 35 tahun;
  2. Merupakan WNI dan punya KTP;
  3. Pendidikan minimal SMA sederajat;
  4. Punya motor sendiri;
  5. STNK kendaraan aktif;
  6. Memiliki SIM aktif.
  7. Menyertakan SKCK;
  8. Punya HP android RAM minimal 2GB;
  9. Siap memenuhi target;
  10. Bersedia jika sewaktu-waktu lembur;
  11. Bersedia kerja dengan sistem shift;
  12. Disiplin dan teliti;
  13. Mengenal area operasional dengan baik;

Syarat-syarat tersebut biasanya tidak semua berlaku ketika hari-hari tertentu, seperti Harbolnas. Penyedia jasa ekspedisi biasanya akan membuka lowongan kerja sementara sekedar untuk hari-hari tertentu dengan syarat yang mudah 😊

Cara Daftar Kurir JNE

Semua informasi terkait pendaftaran kurir baru di JNE, akan diumumkan di laman resmi JNE yaitu www.jne.co.id sekaligus cara daftarnya.

Jadi, pantau saja laman resmi JNE untuk mengetahui bagaimana cara daftar menjadi kurir JNE. Hanya saja, secara umum berikut cara daftar menjadi kurir JNE;

  1. Seleksi Administrasi;
  2. Psikotes;
  3. Wawancara;
  4. Offering.

Empat tahap tersebut harus dilalui oleh para calon srikandi dan ksatria. Jadi siapkan dengan baik semuanya. Mulai dari berkas hingga gaji yang kamu inginkan 😊

Layanan-Layanan JNE

Ada banyak sekali jenis layanan yang ditawarkan oleh JNE untuk mengirim paket. Setidaknya ada 3 jenis layanan kirim yang sering dipilih para pelanggan, yaitu YES, REG, OKE.

  1. Paket Layanan YES

Paket YES adalah singkatan dari Yakin Esok Sampai. Jika kamu mengirim paket pada hari Sabtu misalnya, maka paket akan sampai pada hari Minggu.

JNE memberi garansi uang kembali jika paket terlambat sampai di tujuan. Namun, paket ini tidak berlaku untuk seluruh wilayah di Indonesia. Melainkan hanya kota-kota tertentu saja.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *