Advertisement

Era Baru: Perdagangan Fisik Emas Digital di Bursa Berjangka

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
20 Januari 2022
Waktu membaca
2 Menit

Jakarta – Perdagangan fisik emas digital kini telah dimulai di bursa berjangka . Hal itu disampaikan langsung oleh Plt Kepala Bappebti Indrasari Wisnu Wardhana.

“Bila dahulu investasi emas hanya terbatas pada kepemilikan fisik, kini setiap orang bisa bertransaksi secara daring melalui perdagangan fisik emas digital,” kata Wisnu dikutip dari Siberindo.co, pada Rabu (19/1/2021).

Baca juga: Kemudahan Perizinan Berwirausaha untuk Pelajar dan Mahasiswa

Perdagangan fisik emas digital tersebut akan mendapat fasilitas melalui bursa efek berjangka. Selain itu, sebagai investasi, Bappebti juga menjamin keamaan dan kemudahan perdagangan fisik emas digital.

“Melalui perdagangan fisik emas digital ini, Bappebti berkomitmen menciptakan sarana berinvestasi yang mudah, aman, dan terjangkau bagi masyarakat. Serta memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan industri perdagangan fisik emas digital melalui bursa berjangka,” ucap Wisnu.

Lebih dari itu, Bappebti juga telah memberikan persetujuan kepada PT Indonesia Logam Pratama dan PT Sehati Indonesia Sejahtera sebagai pedagang fisik emas digital. Dengan begitu, masyarakat bisa membeli fisik emas digital melalui kedua PT tersebut.

“Dengan terbitnya persetujuan tersebut, masyarakat sudah dapat membeli langsung emas digital ke pedagang fisik emas digital yang telah mendapat persetujuan dari Bappebti,” terang Wisnu.

Baca juga: Optimis! Maluku Baileo Exhibition Bakal Bawa Angin Segar bagi UMKM

Sebelumnya, ungkap Wisnu, seperti dikutip dari Siberindo.co, Rabu (19/1/2021), Bappebti juga telah memberi persetujuan kepada PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) dan PT Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) untuk melakukan kegiatan penyelenggaraan pasar fisik emas digital.

Tidak hanya itu, sebelumnya Bappebti juga telah memberi persetujuan kepada PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) dan PT Indonesia Clearing House sebagai Lembaga Kliring dan Penjaminan Penyelesaian Transaksi Pasar Fisik Emas Digital.

“Adanya bursa dan kliring pada perdagangan fisik emas digital di Indonesia diharapkan mampu memberikan kepastian hukum sekaligus perlindungan bagi masyarakat yang bertransaksi di pasar fisik emas digital di Indonesia. Meskipun diperdagangkan secara digital, emas fisiknya ada di lembaga penjaminan,” tutur Wisnu.

Baca juga: BRI Dapat Alokasi KUR Rp260 Triliun Untuk Jutaan Usaha Kecil

Dilansir dari Siberindo.co, Rabu (19/1/2021), Kementerian Perdagangan atau Kemendag menjamin bahwa perdagangan fisik emas digital ini mudah, aman, dan bisa dipertanggungjawabkan.

Artikel ini telah terbit di Siberindo.co dengan judul “Kemendag: Era Baru Perdagangan Fisik Emas Digital di Bursa Berjangka Dimulai”.

Link: https://siberindo.co/18/01/2022/kemendag-era-baru-perdagangan-fisik-emas-digital-di-bursa-berjangka-dimulai/

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *