Advertisement

BRI Dapat Alokasi KUR Rp260 Triliun Untuk Jutaan Usaha Kecil

Diterbitkan pada
17 Januari 2022
Waktu membaca
2 Menit

Jakarta – PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) dapat alokasi dana dari pemerintah sebesar Rp260 triliun atau 70% dari total dana Rp373,17 triliun Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dana ini nantinya akan dialokasikan BRI untuk usaha kecil.

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI sudah memutuskan untuk kuota pendistribusian KUR tahun 2022 ini mengalami peningkatan menjadi Rp373,17 triliun dan dengan bunga tetap yaitu 6%.

Sebagai bank dengan portofolio UMKM terbesar, BRI yakin dan optimis bisa capai target KUR di 2022.

Catur Budi Harto selaku Wakil Direktur Utama BRI mengatakan bahwa berbagai strategi sudah dirancang supaya target penyaluran KUR 2022 ini bisa terpenuhi.

Beliau juga optimis kalau kapasitas dan kemampuan BRI bisa membuat perseroan capai target penyaluran KUR untuk usaha kecil.

“Selama ini BRI terus menjalankan strategi untuk mewujudkan business process yang optimal dan efisien. Keduanya terbukti berhasil mendukung upaya BRI dalam menyalurkan kredit di segmen mikro, termasuk KUR,” ujarnya.

Dilansir padaameks.id Sabtu (15/01/2022), Catur juga mengatakan bahwa BRI akan menggunakan sistem digitalisasi untuk pendistribusian kredit, sehingga akan lebih efisien dan tepat sasaran.

“Keberhasilan BRI dalam menyalurkan KUR ini juga dibuktikan dengan realisasi penyaluran KUR sepanjang tahun 2021. Hingga akhir Desember 2021, BRI berhasil menyalurkan KUR senilai Rp194,9 triliun kepada 6,5 juta debitur,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa jumlah tersebut sudah mencapai 99,65% dari kuota KUR yang ditetapkan pemerintah dan dialokasikan ke BRI tahun 2021 lalu, yaitu sebesar Rp195,59 Triliun.

Dari data yang diperoleh sudah tercatat jumlah nasabah baru untuk KUR Mikro yaitu mencapai 61% per Desember 2021. Sedangkan, nasabah baru KUR Super Mikro yaitu mencapai 97,6% hingga Desember 2021.

Tentu, jumlah diatas menunjukan BRI telah berhasil melaksanakan revitalisasi Mantri sehingga pelayanan lebih efektif dan efisien.

Catur juga menegaskan bahwa BRI terus memberikan upaya dalam memperluas cakupan dan potensi wilayah kerja yang belum dikerjakan.

Tahun 2019 BRI dapat menjangkau alokasi KUR yakni 5,4 orang dari 100 orang yang memperoleh. Kemudian mengalami peningkatan yang signifikan pada tahun 2021 yakni rata-rata 8,7 dari 100 orang yang memperoleh KUR dari BRI ini.

Artikel ini telah terbit di ameks.id dengan judul “Jutaan Usaha Kecil akan Diguyur Kredit, BRI Siapkan Rp260 Triliun”.

Link : https://ameks.id/jutaan-usaha-kecil-akan-diguyur-kredit-bri-siapkan-rp260-triliun/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=jutaan-usaha-kecil-akan-diguyur-kredit-bri-siapkan-rp260-triliun&utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=jutaan-usaha-kecil-akan-diguyur-kredit-bri-siapkan-rp260-triliun

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *