Advertisement

Daftar Situs Download e-Book PDF Gratis Legal, Bisa untuk Referensi

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
15 September 2022
Waktu membaca
5 Menit

Sekarang, eBook mulai banyak diminati, baik untuk kebutuhan akademik maupun untuk hiburan. Makannya, banyak yang membutuhkan daftar situs download e-Book PDF gratis dan legal.

Berbeda dengan eBook bajakan, situs ini menyediakan eBook yang masa hak ciptanya sudah kedaluwarsa, atau penulis dan penerbitnya mengizinkan bukunya untuk dibaca orang tanpa perlu membeli.

Jadi, kamu bisa mencari eBook novel lawas ataupun buku referensi untuk kebutuhan tugas, skripsi, atau lainnya. Sayangnya tidak semua situs ini menyediakan buku PDF, tapi jangan khawatir, ada situs yang bisa mengubah beberapa format ePub menjadi pdf.

Ini dia daftar situs download eBook gratis dan legal.

1. Openlibrary [openlibrary.org]

Openlibrary adalah salah satu perpustakaan online di mana penggunanya bisa membuka dan download buku yang ada di koleksi. Sayangnya, tidak semua buku di sini bisa bebas di download.

Situs ini memiliki misi untuk menampilkan semua buku yang pernah diterbitkan di dunia. Jadi, semua orang bisa memiliki akses terhadap ilmu pengetahuan yang berkualitas. Sekarang, sudah ada lebih dari 20 juta buku yang masuk ke daftar Openlibrary.

Openlibrary ini bersifat proyek terbuka, jadi software nya terbuka, datanya transparan, dokumentasi terbuka, dan tidak menutup kepada kontribusi pengguna juga. kamu bisa memberikan masukan kalau ada yang typo, memasukkan buku, atau membantu untuk membuatkan widget website.

Ketika membuka situs ini, kamu bisa menemukan banyak cover buku tersusun rapi, da di bawahnya ada tombol seperti read, preview, join wishlist, not in library, dan borrow.

  • read: buku bisa dibaca dan di-download tanpa harus login atau membuat akun
  • borrow: buku bisa dipinjam, dan harus dikembalikan secara digital
  • join wishlist: antri untuk meminjam buku

Untuk bisa download atau baca buku di situs ini, kami rasa tampilannya cukup intuitif, jadi tidak perlu kami jelaskan, ya.

Oh iya, kamu juga bisa cari buku berdasarkan text atau pernyataan yang sesuai dengan isi buku saja. Secara otomatis Openlibrary akan mencari buku dengan pernyataan yang kamu masukkan.

Ini berbeda dengan beberapa situs penyedia eBook online lain yang hanya bisa mencari judul buku.

2. Project Gutenberg [gutenberg.org]

Di situs ini, kamu bisa memilih berbagai eBook Kindle dan ePub, kemudian mendownloadnya ataupun membacanya secara online. Kamu bisa menemukan literatur hebat dunia di sini, dengan fokus pada karya-karya lama yang hak ciptanya telah kedaluwarsa.

Ribuan sukarelawan mendigitalkan dan dengan rajin mengoreksi eBook, untuk Anda nikmati. Pada tahun 2021, Project Gutenberg merayakan eBook pertama untuk dinikmati pembaca dan di-redistribusi gratis tanpa batas. eBook ini dibuat pada 4 Juli 1971 oleh pendiri Project Gutenberg, Michael S. Hart.

Project Gutenberg berterima kasih kepada semua sukarelawan yang membantu mencapai peringatan tonggak sejarah ini. Project Gutenberg menawarkan koleksi literatur dunia yang luar biasa dan terus berkembang.

Tidak ada biaya atau pendaftaran yang diperlukan. Semuanya dari Project Gutenberg gratis, gratis, dan sepenuhnya tanpa biaya bagi pembaca.

Tidak perlu aplikasi khusus. eBook Project Gutenberg tidak memerlukan aplikasi khusus untuk dibaca, hanya browser Web biasa atau pembaca eBook yang disertakan dengan komputer dan perangkat seluler.

Cara cari buku di situs ini, manfaatkan kotak pencarian yang ada di atas halaman.

Jika kamu merasa Project Gutenberg berguna dan membantu, pertimbangkan sumbangan donasi kecil untuk membantu Project Gutenberg menghadirkan lebih banyak buku, tetap beroperasi secara online, dan meningkatkan program dan penawaran Project Gutenberg.

3. OAPEN [oapen.org]

Logo Oapen

Di daftar situs tempat download e-Book ini ada Oapen yang bisa jadi sumber referensi skripsi dan tugasmu. Oapen adalah singkatan dari “open access publishing in European networks”. Seperti namanya, “open publishing” artinya buku-buku yang ada di sini dipublikasikan secara terbuka.

Oapen mendukung dan mempromosikan transisi menuju akses terbuka untuk buku akademik dengan menyediakan layanan infrastruktur kepada stakeholder. Oapen bekerja sama dengan penerbit buku untuk membuat koleksi buku dengan akses terbuka yang memiliki kualitas baik.

Layanan Oapen tersedia untuk penerbit, perpustakaan, dan pemberi dana riset untuk masalah hosting, deposit, kontrol kualitas, persebaran, dan penjagaan digital.

Untuk mencari buku pdf di situs ini, masukkan keyword di kotak yang tersedia di sebelah kanan halaman.

Kemudian, pilih buku yang hendak di-download. barulah kamu bisa memilih untuk mendownload pdf buku tersebut.

Halaman Selanjutnya
4. LoyalBooks[loyalbooks.com]...

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *