Advertisement

Cara Ubah Format Video yang Bisa Dikirim Via WhatsApp Online Gratis

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
01 Agustus 2022
Waktu membaca
6 Menit

Di artikel ini, kami akan membahas cara ubah format video yang bisa dikirim via WhatsApp.

Sebagai salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan, WhatsApp juga memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan video. Tapi terkadang ketika mau mengirimkan video yang ada di HP, pengirimannya gagal.

Ini sering disertai dengan pesan “jenis file tidak didukung” atau “file format is not supported”. bisa juga “video terlalu besar”.

Tidak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk mengatasi hal ini. yaitu dengan mengganti format atau menggunakan pihak ketiga.

Kami juga pernah mengulas cara mengirim video meski ukuran besar. Ini memungkinkanmu emngubah video tanpa mengubah formatnya terlebih dahulu.

File yang didukung oleh whatsapp

Untuk bisa mengirim file lewat WhatsApp, ketahui terlebih dahulu format file dan ukuran file yang didukung oleh WhatsApp.

File yang didukung adalah sebagai berikut:

  • Ukran file maksimal 16 MB
  • Durasi video 90 detik sampai 3 menit
  • Video format yang didukung: Mp4 (recommended), AVI, MKV, 3GP

Setelah mengetahui jenis file dan ukuran file yang didukung oleh WhatsApp, kita bisa mengubah video yang mau kita kirim supaya sesuai dengan ketentuan WhatsApp tersebut. Dengan begitu, video bisa dikirim dan langsung diputar di aplikasi WhatsApp.

Jadi, langkah yang bisa kamu tempuh supaya video tersebut bisa dikirim melalui whatsapp adalah:

  • mengurangi ukuran file (compress)
  • memotong video (trim/cut)
  • mengubah format file (convert)

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan tempat lain untuk upload video. Misalnya YouTube dan Google Drive. Tapi sekarang, kami akan membahas Cara Ubah Format Video yang Bisa Dikirim Via WhatsApp dengan menggunakan situs dan aplikasi.

5 Website Video Converter

Ada banyak situs online yang menawarkan untuk mengubah format video dengan gratis. Tidak perlu mendownload aplikasi lagi, cukup upload file video ke situs tersebut dan bisa mengubah format.

Setelah selesai diubah, kamu bisa mendownload video tersebut. Dengan di-convert, fiile video bisa disesuaikan dengan format yang didukung WhatsApp. Sehingga file tersebut bisa dikirim melalui WhatsApp.

Keuntungannya, jadi tidak perlu menginstal aplikasi tambahan. Apalagi aplikasi editor video umumnya cukup berat.

Langsung saja, ini dia beberapa situs online yang bisa kamu gunakan sebagai cara ubah format video yang bisa dikirim via WhatsApp.

1. video-converter.com

Situs video converter yang pertama adalah “video-converter.com”. Situs ini adalah aplikasi web gratis yang bisa mengubah atau mengonversi file video. Cukup membukanya melalui browser, kamu bisa mengubah format video, resolusi, dan ukuran video.

Batas ukuran file yang bisa kamu konversi di sini adalah 4 GB. Format yang didukung juga bermacam-macam, mulai dari mp4, avi, mpeg, mov, flv, 3gp, webm, mkv, dan lain lain. Bahkan format file yang didukung berjumlah hingga 300.

Server yang mengonversi format video di sini juga tangguh. Klaimnya bahkan lebih tangguh daripada komputer biasa loh! Makanya, waktu konversi video di sini bisa lebih cepat.

Terlebih lagi, konversi di sini juga tidak memiliki batas file. Jadi bisa convert video sebanyak apapun yang kamu mau.

Untuk melakukan konversi disini juga mudah. Kamu bisa upload file video langsung ke situs ini atau menggunakan url video, Google Drive, atau Drop Box. Setelah file berhasil dibuka, pilih format video yang kamu gunakan.

Setelah file terkonversi, baru kamu bisa mendownload nya dan mengirimkannya melalui WhatsApp.

Sayangnya, tampilan website ini tidak dioptimasi untuk HP. Meski begitu, kamu tetap bisa menggunakannya dari HP.

Oh iya, video-converter.com juga memiliki ekstensi untuk browser. Ini bisa memudahkanmu dalam convert video di komputer melalui browser.

2. convertio.co

Mencari situs yang bisa konversi video yang cepat dan mudah? convertio.co bisa jadi rujukanmu. caranya juga tidak jauh berbeda dari situs diatas.

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *