Advertisement

Cara Mengirim File Besar Lewat Email Gmail, Yahoo, dan Outlook

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
27 Juli 2022
Waktu membaca
6 Menit

Sekarang, kirim-mengirim file sudah menjadi bagian dari kehidupan digital. Termasuk juga cara mengirim file besar juga sudah menjadi salah satu fungsi email yang banyak digunakan.

Ada banyak layanan email yang menawarkan layanan pengiriman file, mulai dari Gmail, Yahoo, Outlook, Yandex, Zoho, hingga AOL. Sayangnya, kapasitas file yang bisa dikirim melalui email terbatas.

Contohnya, Gmail versi gratis hanya memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan file sampai 25 MB saja. Beberapa penyedia layanan email lain malah hanya mampu mengirim file hingga 10 MB saja.

Tapi tidak perlu khawatir, ada cara untuk mengirim file besar.

Cara Mengirim File Besar dengan Menggunakan Cloud Storage

Seperti yang sebelumnya kami jabarkan, batas file yang bisa dilampirkan secara langsung di email Gmail adalah 25 MB. Yahoo juga memiliki batas file attachment yang sama, yaitu 25 MB. Microsoft Sementara Outlook secara default memiliki batas ukuran lampiran hingga 20 MB.

Lalu, bagaimana jika mau mengirimkan file dengan ukuran 100 MB? atau bahkan 1 GB? ada kok cara mengirim file ukuran besar lewat email. Yaitu dengan menggunakan “Layanan Penyimpanan Awan” atau “Cloud Storage Service”.

Layanan penyimpanan ini akan bertindak layaknya tempat penyimpanan seperti flashdisk, atau hard disk, tetapi online. Jadi, alih-alih dikirimkan melalui lampiran file, lampirkan saja link ke penyimpanan awan dimana file yang dikirimkan disimpan.

Berikut beberapa Layanan Penyimpanan awan yang kerap digunakan.

1. Google Drive

Kalian bisa cek HP Android masing-masing, bisa dipastikan ada Google Drive sebagai aplikasi bawaan Google yang terpasang. Google drive menjadi pilihan paling umum cara kirim file besar lewat email di hp maupun komputer.

Cloud storage besutan google ini memang salah satu layanan penyimpanan file yang paling banyak digunakan. Kapasitasnya tergolong besar, bahkan untuk versi gratisnya sekalipun.

Makanya, banyak yang menggunakan Google Drive sebagai cara mengirim video lewat email lebih dari 100 MB. Ketika file yang dilampirkan lebih dari 25 MB, Gmail juga bisa secara otomatis memasukkannya ke Google Drive.

Jika kapasitas 15 GB masih dirasa kurang, Google menyediakan paket upgrade yang bisa dibayar secara berlangganan. Mulai dari 4.2 USD per bulan, kamu bisa menikmati layanan penyimpanan hingga 30GB.

Untuk lebih lengkapnya, perhatikan tabel di bawah.

Selain itu, Google Drive juga terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti Google Docs, Google Spreadsheet, Google Slides. Ini memudahkan banyak pengguna Google dalam mengirim dan mengedit dokumen.

2. Microsoft One Drive

Microsoft juga tidak mau kalah dengan Google. Layanan penyimpanan yang disediakan oleh Microsoft ini bernama One Drive. Sayangnya, versi gratisnya hanya memiliki kapasitas sebesar 5GB.

Untuk menggunakan volume yang lebih besar lagi, pengguna One Drive harus upgrade. Misalnya, paket OneDrive standalone 100GB dengan biaya langganan per tahunnya.

3. Drop Box

Layanan penyimpanan awan lain yang cukup banyak digunakan adalah Drop Box. Sayangnya, berbeda dengan OneDrive dan Google Drive yang memungkinkan penggunaan gratis, untuk menggunakan layanan penyimpanan ini, pengguna harus membayar.

Hebatnya, layanan drop box yang paling tinggi memungkinkan untuk menyimpan dan mengirim file tanpa batas ukuran. Untuk menikmati layanan ini, kamu harus membayar 24$ dolar per tahun atau sekitar Rp 360.000.

Sementara yang paling murah adalah paket personal plus dengan biaya langgana 9,9$ setiap bulan. kapasitas yang ditawarkan adalah 2000 GB atau 2 TB untuk satu pengguna.

Cara Mengirim File Besar dengan Software/Aplikasi Kompresi File

Jika dokumen atau file yang kamu kirimkan ada banyak, atau ukuran file nya hanya sedikit melebih batas maksimum ukuran file, gunakan saja software kompresi file.

Software ini bisa meringkas banyak file ke dalam satu format file yang lebih kecil, seperti “.rar” atau “.zip”. Ukuran file pun bisa berkurang sekitar 20% hingga 40% dari ukuran awalnya.

Jadi, jika file yang mau kirim ternyata ukurannya 30 MB, compress saja hingga ukurannya 25 MB. Nanti, penerima file bisa menggunakan software yang sama untuk meng-ekstrak file nya.

Ini dia software kompresi file yang banyak digunakan.

1. WinZip

Software kompresi file yang satu ini banyak digunakan sejak 1991. Artinya, software ini sudah banyak digunakan selama 30 tahun lebih. format yang didukung software kompresi ini adalah zip dan file kompresi lainnya.

Untuk mendownload nya, kunjungi saja website officialnya di “www.winzip.com”. WinZip juga hadir versi mobile untuk penggunaan HP Android. untuk mendapatkannya, bisa didownload di Google Play.

2. WinRAR

WinRAR juga banyak digunakan oleh pengguna komputer. Software ini sudah rilis sejak 1995. Software ini bisa digunakan untuk membuat kompresi file RAR dan ZIP. Website official yang bsia digunakan untuk mendownload WinRAR adalah “www.win-rar.com”.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *