Cara Praktis Mengirim Barang Lewat AnterAja dengan Cepat, Mudah, dan Aman

Ifan Prasya 09 Jun 2021 5 Menit 0

Mungkin banyak yang masih bingung dan bertanya, “Bagaimana cara mengirim barang lewat AnterAja? Harus lewat aplikasi, kah?” Maka kalau kamu termasuk salah satunya, baca konten ini sampai selesai.

Karena kami sudah merangkum beragam poin penting yang sayang untuk dilewatkan. Terlebih bagi kamu yang ingin tau seluk beluk pengiriman di ekspedisi AnterAja. Poin-poin tersebut meliputi:

  • Syarat dan ketentuan pengiriman ekspedisi AnterAja,
  • Langkah demi langkah order layanan pengiriman AnterAja.

Sebelum masuk ke topik pembahasan, ketuk Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar mudah diakses kembali di kemudian hari. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Syarat dan Ketentuan Pengiriman AnterAja

Sebelum mengirim barang, setiap pelanggan yang ingin menggunakan layanan AnterAja wajib menaati syarat dan ketentuan pengiriman yang berlaku.

Apa sajakah itu? Berikut rincian penjelasannya.

  • Apabila paket yang sudah terkirim, diterima, sudah ditandatangani oleh penerima secara elektronik (e-POD), dan tidak ada komplain, maka pihak AnterAja akan menganggap pengiriman sudah selesai.
  • Pengirim wajib mencantumkan informasi pengiriman barang, meliputi:
    • Data pengirim (nama lengkap, nomor HP aktif, alamat lengkap),
    • Data penerima (nama lengkap, nomor HP aktif, alamat lengkap),
    • Isi paket dan nilainya.
  • Pihak AnterAja tidak bertanggung jawab pada kesalahan penulisan data dan isi paket setelah nomor resi diterbitkan.
  • Pihak AnterAja tidak bertanggung jawab atas beberapa hal meliputi:
    • Terjadi disfungsional (alat tidak berfungsi) namun paket tetap baik-baik saja (tidak rusak secara fisik),
    • Keterlambatan pengiriman, kehilangan dan kerusakan barang yang disebabkan oleh kejadian di luar kendali AnterAja seperti force majure (pemberontakan, aksi huru-hara, bencana alam),
    • Penahanan, penyitaan, hingga pemusnahan barang oleh pihak berwajib seperti Kejaksaan, Polisi, Karantina, Bea Cukai.
  • Ada beberapa paket yang dilarang untuk dikirim menggunakan AnterAja, meliputi:
    • Makhluk hidup
    • Obat-obatan terlarang
    • Tiket lotre
    • Senjata
    • Barang mudah meledak
    • Surat berharga (Kartu keluarga, SIM, KTP, sertifikat, giro, saham, cek, obligasi, dan lain-lain)
  • Pengirim bertanggung jawab memberikan perlindungan pada barang yang dikirim menggunakan asuransi. Ganti rugi asuransi bisa mencapai nilai barang yang dikirim.

Cara Kirim Barang Lewat Ekspedisi AnterAja

Untuk mengirim barang lewat ekspedisi AnterAja, ada beberapa tahapan yang perlu dilewati. Tahapan ini nantinya bisa jadi panduan praktis untukmu setiap kali ingin kirim paket via AnterAja.

Apa sajakah itu?

  • Cek berapa ongkos kirimnya,
  • Packing parcel dengan aman,
  • Cari agen atau request pick up,
  • Lacak paket sudah sampai mana,
  • Barang sampai tujuan dengan selamat.

Berikut penjelasan selengkapnya..

1. Cek Ongkir AnterAja

Langkah pertama adalah memperkirakan biaya ongkos kirim AnterAja yang akan dikeluarkan. Proses perhitungan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti:

  • Berat barang yang dikirim,
  • Jarak kedua kota (asal dan tujuan),
  • Jenis layanan yang digunakan.

Lalu, bagaimana cara mengeceknya? Mudah saja. Kamu hanya perlu masuk ke laman berikut:

Cara cek ongkir anteraja

Laman tersebut merupakan situs resmi AnterAja untuk mengecek harga ongkos kirim dari satu kota ke kota lainnya. Di situ, tertera 2 kolom yang perlu diisi: (1) Kecamatan/kota/provinsi asal, (2) Kecamatan/kota/provinsi tujuan.

Silakan isi sesuai dengan alamat pengiriman yang akan digunakan. Jika sudah, ketuk tombol Cek Ongkir di bawahnya. Maka, akan muncul berapa estimasi biaya yang akan dikeluarkan untuk pengiriman tersebut.

2. Packing Parcel Aman

Setelah mengetahui perkiraan biaya ongkirnya berapa, berikutnya adalah mengemas barang dengan rapat dan aman. Pengemasan ini cukup penting ya, jangan sampai barang yang dikirim rusak hanya gara-gara salah packing.

Jadi, kita wajib memperhatikan cara packing barang yang benar sesuai standar ekspedisi pengiriman. Kami menyarankan untuk mengemas barang dengan setidaknya 3-4 lapis.

Lapisan yang dimaksud antara lain:

  • Lapisan ke-1 → Plastik, koran
  • Lapisan ke-2 → Kardus, karton
  • Lapisan ke-3 → Bubble wrap
  • Lapisan ke-4 → Kayu (opsional)

Atau kalau ingin lebih praktis, kamu dapat memesan jasa packing dari pihak AnterAja. Dengan catatan akan ada biaya tambahan yang dikeluarkan untuk jasa tersebut.

Setelah mengemas barang, kamu juga wajib mencantumkan informasi pengiriman. Meliputi:

  • Data pengirim
    • Nama lengkap
    • Nomor HP aktif
    • Alamat lengkap (nama & nomor jalan, RT/RW, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, kode pos)
  • Data penerima
    • Nama lengkap
    • Nomor HP aktif
    • Alamat lengkap (nama & nomor jalan, RT/RW, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, kode pos)
  • Informasi barang
    • Berat barang yang dikirim
    • Jenis barang yang dikirim

Data-data di atas ditulis dalam secarik kertas, kamu bisa print menggunakan kertas HVS. Lalu, tempel dan lapisi kembali dengan plastik bening agar dapat terbaca dengan jelas dan tidak mudah rusak terkena air.

3. Cari Agen / Pick Up

Salah satu keunggulan mengirim barang lewat AnterAja adalah #PastiDiJemput. Kampanye yang aktif digalakkan bagi pelanggan untuk mendapat layanan jemput paket ke rumah, maksimal 2 jam, gratis, dan tidak ada minimum paket.

Caranya? Cukup mendaftar sebagai member di website anteraja.id atau aplikasi mobile di Play Store. Bagi kamu yang ingin download, bisa menuju ke laman berikut:

Sedangkan, bagi kamu yang ingin langsung menuju ke agen terdekat, caranya juga simpel. Cukup ketik saja “anteraja dekat sini” di aplikasi Google Maps. Lalu, pilih kantor mana yang ingin dikunjungi.

Setelah sampai di kantor, kamu akan bertemu dengan pihak CS, lalu sampaikan bahwa kamu ingin mengirim paket. Nantinya akan ditimbang dan memilih jenis layanan yang akan digunakan.

Jenis layanan yang ditawarkan AnterAja antara lain:

  • Regular → pengiriman ke seluruh wilayah di Indonesia dengan harga yang terjangkau (2-7 hari sampai).
  • Next Day → pengiriman khusus wilayah Jabodetabek dengan estimasi besok sampai.
  • Same Day → pengiriman khusus wilayah Jabodetabek dengan estimasi 8-16 jam sampai.

4. Lacak Paket AnterAja

Setelah barang berhasil dikirim, maka kamu akan menerima nota resi pengiriman. Nota tersebut berisi informasi nomor resi beserta data pengiriman meliputi pengirim, penerima, hingga isi barang.

Data yang akan digunakan kali ini adalah nomor resi. Nomor resi ini bisa kamu berikan ke pihak penerima barang untuk sama-sama dicek keberadaan paketnya sudah sampai mana.

Untuk pengecekannya cukup mudah. Ikuti langkah berikut ini:

  • Buka laman cek resi AnterAja → https://anteraja.id/tracking
  • Masukkan nomor resi / kode booking / AWB di kolom yang tersedia.
  • Lengkapi kode captha untuk menunjukkan bahwa kamu bukan robot.
  • Jika sudah komplit, ketuk tombol Lacak di bawahnya.
  • Selesai! ✅

Contoh resi pengiriman anteraja

Contoh di atas adalah hasil pelacakan barang lewat situs anteraja.id. Bisa dilihat, ada 2 jenis informasi yang ditampilkan:

  • Details
  • History

Details menginformasikan data pengirim, penerima, dan tanggal pengiriman. Sedangkan, history menampilkan informasi riwayat pengiriman mulai dari request, pick up, hingga barang tersebut sampai tujuan.

Untuk lebih jelasnya, baca di sini: Arti & Istilah Pengiriman AnterAja (Beserta Contoh & Penjelasannya).

5. Barang Sampai Tujuan

Yeay! Akhirnya yang ditunggu-tunggu sudah tiba. Apabila pihak penerima barang sudah menandatangani penerimaan dari kurir dan tidak ada keluhan, maka pengiriman tersebut dianggap sudah selesai oleh pihak AnterAja.

Namun, apabila terdapat beberapa kendala seperti:

  • Barang yang diterima ternyata rusak secara fisik dan diasumsikan penyebabnya karena proses pengantaran oleh kurir,
  • Barang yang dikirim ternyata tidak sampai alamat tujuan, melainkan hilang entah ke mana.

Maka, kamu dapat mengajukan komplain kepada pihak Customer Service AnterAja. Hal ini dilakukan agar kalian (pengirim dan penerima) mendapatkan ganti rugi akibat kehilangan dan kerusakan.

Batas waktu permohonan juga terbilang cukup singkat. Berikut detailnya:

  • Barang yang hilang → paling lambat 3×24 jam sejak tanggal paket tersebut seharusnya diterima
  • Barang yang rusak → paling lambat di hari yang sama

Untuk kamu yang masih belum mengerti bagaimana langkah untuk komplain dan medianya apa, kami sudah membuatkan panduan praktis di postingan yang berbeda.

Baca di sini: Cara Komplain CS AnterAja untuk Pengiriman Terlambat, Hilang, Rusak.

Rangkuman

Jika melihat penjelasan di atas, rasa-rasanya mengirim barang lewat AnterAja cukup praktis dan cepat, ya? Apalagi jika kamu menggunakan fitur pick up, lalu menunggu Satria (kurir AnterAja) menjemput barang ke alamat rumah.

Supaya lebih mudah untuk diingat lagi, mari kita rekap beberapa poin penting dari penjelasan tadi, yaitu:

[su_note]
  • Selalu pahami dulu syarat dan ketentuan pengiriman AnterAja agar tidak terjadi hal-hal yang menyimpang aturan. Hal ini untuk kebaikan bersama agar paket yang dikirim selamat sampai tujuan.
  • Untuk mempermudah proses pengiriman, kamu bisa menggunakan fitur “pick up” lewat aplikasi atau website. Namun, kamu perlu mendaftar akun terlebih dulu agar dapat menikmati layanan tersebut.
  • Apabila terjadi hal-hal yang menghambat pengiriman, seperti keterlambatan, kehilangan, atau kerusakan barang; maka segera hubungi Call Center AnterAja 021-50603333.
[/su_note]

Bagaimana, sampai di sini sudah cukup jelas, ya?

Mungkin sampai di sini dulu pembahasan kita kali ini. Kalau masih ada yang belum jelas, Tinggalkan Balasan (✍) di kolom komentar di bawah. Jika ingin diskusi lebih lanjut, Follow IG (?) kami di @PintarJualan.id.

Akhir kata, terima kasih dan semoga membantu, yaa~ ?

Bagikan ke:
Ifan Prasya
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *