Cara Mengirim Barang Lewat SiCepat Ekspres dengan Cepat dan Mudah

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
07 Juni 2021
Waktu membaca
5 Menit

Mengirim barang lewat SiCepat Ekspres telah menjadi salah satu pilihan menarik bagi pelanggan, baik penjual maupun pembeli saat belanja online. Tentu saja, berkat kemudahan fitur dan layanan yang ditawarkan.

Seperti.. bisa pick up, cepat antar 15 jam untuk Jabodetabek, pembayaran mudah, layanan ganti rugi, hingga request resi unik (custom). Namun bukan itu yang kami bahas di postingan ini, melainkan beberapa hal berikut:

  • Syarat dan ketentuan dalam pengiriman menggunakan SiCepat,
  • Langkah demi langkah mengirim barang via SiCepat Ekspres dengan mudah.

Sebelum masuk ke topik pembahasan, ketuk Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar mudah ditemukan lagi di kemudian hari. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Syarat & Ketentuan Pengiriman SiCepat

Sebelum menuju ke langkah pengiriman, ada baiknya kita memahami terlebih dulu syarat dan ketentuan. Uraian berikut bisa jadi acuan dalam pengiriman SiCepat Ekspres.

Apa sajakah itu? Berikut rinciannya..

  • Pengirim wajib mengemas paket dengan standar yang telah diberikan. Tidak boleh menyalahi aturan supaya tetap aman sampai tujuan (tidak mudah rusak).
  • Pengirim wajib mencantumkan keterangan mengenai barang yang dikirim (isi dan nilai barang). Keterangan tersebut akan menjadi tanggung jawab pengirim.
  • Pengirim wajib mencantumkan data pengirim & penerima dengan lengkap dan dapat dibaca. Data tersebut meliputi nama, nomor HP yang aktif, serta alamat lengkap.
  • SiCepat Ekspres tidak menerima pengiriman untuk barang berbahaya, barang terlarang yang menyalahi aturan Hukum Negara. Pihak SiCepat berhak untuk mengeceknya.
  • Pengirim bisa mendapat ganti rugi untuk barang yang hilang atau rusak karena proses pengantaran senilai barang yang dikirim (jika diasuransikan). Jika tidak memakai asuransi, ganti rugi hanya sebesar 10x biaya ongkos kirim atau maksimal Rp500.000.
  • Batas waktu untuk mengklaim asuransi dibagi menjadi 2 ketentuan:
    • Barang yang hilang → maksimal 14 hari kerja setelah paket dikirim
    • Barang yang rusak → maksimal 2 hari kerja setelah barang diterima

Tentu masih banyak lagi syarat dan ketentuan yang bisa dipelajari. Namun keterangan di atas kami rasa sudah cukup mewakilkan mengenai aturan-aturan yang berlaku.

(Apabila ingin melihat penjelasan yang lebih rinci, kamu dapat mengunjungi situs resmi SiCepat di www.sicepat.com lalu masuk ke bagian Terms & Condition.)

Sudah sepakat untuk mengikuti aturan di atas? Jika sudah, kita bisa lanjut untuk rincian langkah pengiriman barangnya pada sesi di bawah ini.

Cara Kirim Barang via SiCepat Ekspres

Untuk mengirim barang menggunakan ekspedisi SiCepat Ekspress, pelanggan hanya perlu melewati tahapan yang cepat dan mudah. Apa sajakah itu?

  • Hitung Ongkir
  • Packing Barang
  • Cari Agen SiCepat
  • Pilih Fitur Layanan
  • Lacak Kiriman
  • Barang Terkirim

Berikut rincian penjelasannya..

1. Hitung Ongkir SiCepat

Gunanya apa? Simpel saja. Untuk menghitung berapa biaya pengeluaran pada pengiriman barang. Besar kecilnya biaya ongkos kirim tersebut tergantung pada beberapa hal, yaitu:

  • Jarak kedua kota (kota asal dan tujuan),
  • Berat dan dimensi barang yang dikirim,
  • Jenis fitur layanan yang digunakan.

Nah, untuk memperkirakannya, kamu bisa menghitung rates dari situs resmi SiCepat Ekspres. Bagaimana caranya? Cukup mudah. Kamu hanya perlu pergi ke laman berikut ini:

  • https://www.sicepat.com/deliveryFee

Pada laman tersebut, ada beberapa kolom yang perlu diisi, yaitu:

  • Kota asal (pengirim)
  • Kota tujuan (penerima)
  • Berat (kilogram)
  • Dimensi (panjang, lebar, tinggi – cm)

Jika semua sudah diisi dengan lengkap, kamu dapat mengetuk tombol Cek Harga. Maka, sistem SiCepat akan melakukan pengecekan secara otomatis dan memunculkan hasilnya secara cepat.

Berikut contoh perhitungan yang kami lakukan:

cek harga ongkos kirim sicepat

Bisa kita lihat, di atas sudah tercantum keterangan harga ongkos kirim yang cukup lengkap. Mulai dari layanan GOKIL, REG, hingga SIUNTUNG (+ estimasi waktu sampainya).

Khusus untuk tanda bintang pada layanan REG, tarif yang berlaku dapat berbeda untuk masing-masing marketplace. Karena disesuaikan dengan kesepakatan promo dan kerja sama.

2. Packing Barang Aman

Jika sudah cocok dengan fitur layanan yang dipilih, maka langkah berikutnya adalah mengemas barang. Pengemasan barang dilakukan dengan hati-hati, cermat, aman, dan rapi.

Packing yang rapi sebenarnya sudah menjadi standar untuk seluruh ekspedisi. Sebut saja JNE, J&T, dan tentunya SiCepat. Rata-rata mereka menginginkan packing yang aman, terdiri atas beberapa lapis.

tips mengemas barang

Contohnya:

  • Lapisan pertama: plastik, kertas koran.
  • Lapisan kedua: kardus.
  • Lapisan ketiga: bubble wrap.
  • Lapisan keempat: kayu (opsional).

Dengan beberapa lapisan tersebut, paket akan jauh lebih aman dan tidak mudah rusak saat proses pengantaran oleh kurir. Namun apabila tidak ingin repot, kamu juga dapat menggunakan layanan packing dari SiCepat.

Catatan: Biaya tentu akan lebih mahal daripada packing sendiri. Jadi disarankan untuk packing sendiri saja agar lebih hemat biaya.

3. Cari Agen / Pick Up

Langkah berikutnya adalah mencari agen (gerai, PUDO) SiCepat Ekspres terdekat dari lokasi kamu saat ini. Jangan lupa siapkan barang yang akan dikirim, ya.

Untuk mencarinya, kamu bisa gunakan bantuan dari situs resmi SiCepat Ekspres berikut ini:

  • https://www.sicepat.com/location

Pada laman tersebut, scroll ke lokasi terdekat darimu saat ini (bentuknya mirip seperti Gmaps). Namun jika kesulitan, ketik saja “sicepat dekat sini” di kolom pencarian aplikasi Google Maps.

Berikut contoh pencarian outlet SiCepat menggunakan situs resmi mereka:

lokasi agen sicepat terdekat

Atau, kamu juga dapat menggunakan layanan pick up (jemput paket) dari SiCepat. Namun, kamu harus daftar dulu lewat aplikasi atau website resmi SiCepat.

Alternatifnya, jika kamu penjual di marketplace, bisa langsung mengetuk tombol Pick Up pada detail pesanan pelanggan. Tentu saja, hanya pesanan yang menggunakan ekspedisi SiCepat, ya.

Catatan: Satu hal lagi, pastikan kamu sudah memilih paket layanan yang ingin digunakan. Mulai dari Regular, Si Untung, Cargo, dan banyak lagi lainnya.

4. Lacak Kiriman

Setelah berhasil mengirim paket lewat bantuan agen atau kurir, kamu akan mendapatkan informasi resi pengiriman. Nomor resi inilah yang akan kita gunakan untuk melacak barang sudah sampai mana.

Caranya bagaimana? Mudah saja. Cukup buka laman cek resi dari (lagi-lagi) situs SiCepat berikut ini:

  • https://www.sicepat.com/checkAwb

Di laman tersebut, kamu bisa memasukkan nomor resi hingga sebanyak 10 nomor sekaligus. Jika sudah input, ketuk tombol Lacak maka akan muncul beberapa informasi pengiriman.

Di antaranya:

  • Tracking details,
  • History.

Coba perhatikan contoh berikut ini:

contoh resi sicepat ekspres

Tracking details menampilkan informasi pengiriman mulai dari data pengirim, data penerima, hingga tanggal pengiriman. Sedangkan, history menampilkan riwayat pengiriman mulai dari pick up hingga kondisi terakhir barang.

Apabila kamu kesulitan untuk mengartikannya, tenang saja. Kami sudah membuatkan panduan praktis di postingan yang berbeda. Silakan baca penjelasannya di sini: Arti Istilah Pengiriman SiCepat Ekspres (Beserta Contoh).

5. Paket Sampai Tujuan

Yeay! Akhirnya paket sudah sampai di tujuan. Kamu bisa menginformasikan kepada penerima barang untuk memastikan bahwa barang yang diterima dalam kondisi baik.

Jika terjadi kerusakan yang disebabkan oleh pengiriman SiCepat, kamu dapat mengajukan klaim garansi kerusakan. Atau, jika paket hilang, bisa klaim ganti rugi juga.

Caranya, cukup hubungi Call Center SiCepat 021-5020-0050 lalu sampaikan keluhan yang dialami. Biasanya, keluhan yang kemungkinan dialami pelanggan SiCepat adalah:

  • Pengiriman terlambat (melebihi estimasi yang dijanjikan),
  • Barang yang diterima ternyata rusak (padahal packing sudah aman),
  • Barang tidak kunjung sampai tujuan karena ternyata hilang.

Untuk penjelasan lebih lanjut, baca postingan kami mengenai Cara Komplain CS SiCepat Ekspres untuk Masalah Pengiriman Terlambat, Rusak/Hilang.

Rangkuman

Sekali lagi, mengirim barang lewat SiCepat Ekspres sudah didesain dengan cepat dan mudah. Baik pelayanan di gerai / PUDO, maupun ketepatan waktu kurir saat mengantar paket.

Dari penjelasan di atas, kita bisa ambil kesimpulan sama-sama, yaitu:

  • Pengirim wajib memenuhi syarat dan ketentuan pengiriman yang berlaku di ekspedisi SiCepat Ekspres. Seluruh tanggung jawab ada pada pengirim mengenai isi dan nilai barang.
  • Supaya proses pengiriman jauh lebih simpel dan tidak perlu datang ke agen SiCepat, kamu bisa daftar member lalu gunakan fitur Pick Up barang.
  • Selalu gunakan asuransi pengiriman dari SiCepat agar mendapat ganti rugi yang setimpal jika barang rusak atau bahkan hilang.

Mungkin cukup sampai di sini dulu pembahasan kita kali ini. Kalau kamu suka, bagikan konten ini dengan cara mengetuk tombol sosial media di bawah.

Apabila masih ada yang belum jelas, Tinggalkan komentar (✍) di bawah, ya. Jangan lupa ikut diskusi dengan kami di @PintarJualan.id untuk tips-trik pintar jualan online.

Babaaiii~ 👋

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *