10 Cara Membuat Email Marketing Pikat Pembaca Agar Campaign Sukses

Hanif 14 May 2023 5 Menit 0

Pelanggan yang klik tombol beli adalah kesuksesan digital marketer, tapi gimana sih cara membuat email marketing yang bikin pelanggan klepek-klepek?

Di antara ribuan email yang masuk ke kotak masuk pelanggan setiap hari, bukan hal yang mudah untuk membuat mereka tertarik.

Selain menggunakan email nama perusahaan domain sendiri, ada beberapa strategi dan metode supaya isi email marketing mu semakin relevan kepada target audeience mu.

Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah kunci untuk menciptakan kampanye email marketing yang sukses.

Simak sampai akhir dan praktikkan cara berikut untuk meningkatkan efektivitas kampanye email marketing serta menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi pelanggan.

1. Tentukan Tujuan Kampanye Email Marketing

Sebelum memulai kampanye email marketing, pastikan untuk memiliki tujuan yang jelas. Seperti yang sudah dijabarkan pada artikel sebelumnya, ada beberapa tujuan email marketing yang bisa kamu gunakan.

Apakah kamu ingin meningkatkan penjualan, membangun kesadaran merek, atau mengundang pelanggan untuk mengikuti acara khusus?

Tujuan ini juga bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan brand atau produk.

Umumnya, tujuan email marketing berkisar:

  • brand recognition
  • customer retention
  • engagement rate increase
  • sales conversion.

Dengan menetapkan tujuan yang spesifik, kamu bisa merancang strategi yang tepat untuk mencapainya. Kamu bisa menentukan komposisi jenis email yang tepat untuk tujuan tersebut.

Email marketing goal - sale

2. Pelajari Target Audiens

Agar email mu berhasil, perlu untuk memahami siapa target audiens yang kamu sasar. Pelajari preferensi, kebutuhan, dan karakteristik mereka.

Kelompokkan berdasarkan demografi dan minat, sehingga kamu bisa membuat email yang disesuaikan dengan audience profile yang kamu buat.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang audiens, kamu bisa membuat pesan yang relevan dan menarik bagi mereka.

ADVERTISEMENTS

3. Membangun Database Kontak

Sebenarnya poin ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Dari label target audiens ini nanti juga harus dicocokkan dengan database kontak email yang kamu miliki.

Dengan database yang solid, Anda dapat mengirim email ke pelanggan yang benar-benar tertarik dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Untuk mendapatkan basis database kontak email yang solid, buat penawaran newsletter. Seperti, jangan sampai ketinggalan produk terbaru dan penawaran spesial dari brand mu.

Email marketing - database kontak

ADVERTISEMENTS

4. Pilih Platform atau Email Marketing yang Tepat

Dengan platform yang tepat, kampanye email marketing bisa berjalan dengan baik.

Perhatikan fitur pada email marketing tool seperti:

  • pembuatan template email yang mudah
  • pengiriman massal yang handal
  • kemampuan segmentasi target audiens
  • analisis statistik yang komprehensif
  • integrasi dengan sistem lain.

Dengan menggunakan platform yang sesuai, Anda dapat menghemat waktu, mengoptimalkan efisiensi, dan mendapatkan hasil yang lebih baik dari kampanye email marketing kamu.

ADVERTISEMENTS

5. Pelajari Penggunaan dan Fitur Fitur Email Marketing

Setelah menggunakan aplikasi yang sekiranya cocok, pelajari fitur-fitur yang ada untuk meningkatkan efektivitas kampanye.

Setiap aplikasi atau platform memiliki fitur unik yang dapat membantu Anda mengelola dan mengoptimalkan email marketing.

Pelajari langkah-langkah penggunaannya yang tepat dan sesuai. Misalnya bagaimana cara membuat email yang bisa menyesuaikan label atau profil penerima.

Dengan memahami fitur-fitur yang tersedia, kamu bisa memanfaatkan tools email marketing secara optimal. Jangan sampai ada fitur vital yang terlewat, ya.

ADVERTISEMENTS

6. Judul Email yang Memikat dan Unik (sesekali clickbait juga boleh)

Di antara ribuan email yang ada di Inbox, bagaimana membuat emailmu diperhatikan? Tentu saja judul email yang mengandung CTR Booster (Click Through Rate Booster).

Pelajari struktur judul email yang baik. Setidaknya kamu harus memiliki keyword utama dan diikuti dengan pemanis alias gimmick. Sesekali, gunakan judul dengan clickbait juga bisa.

Pelajari juga CTR booster, power words, atau gimmick yang bikin pembaca gak tahan untuk mengeklik email. Kamu bisa menggunakan kata-kata yang memancing rasa ingin tahu.

Boleh juga untuk memberikan penawaran yang tidak masuk akal. Tetapi jangan terlalu sering, ya. Gunakan kreativitas, keunikan, dan kata-kata yang kuat untuk menciptakan judul yang tidak terlupakan.

Dengan judul yang memikat, Anda dapat meningkatkan tingkat buka email, menginspirasi tindakan pembaca, dan mengoptimalkan kesuksesan kampanye email marketing.

7. Desain Grafis yang Cetar

Desain grafis yang cetar biasanya cocok untuk segmen anak muda, tetapi sebenarnya tidak harus cetar membahana untuk semua desain grafis yang kamu terapkan.

Misalnya untuk orang tua, atau target audience profesional maupun bisnis, kamu bisa menggunakan desain grafis yang lebih kalem.

Gunakan elemen desain yang menarik seperti:

  • gambar yang relevan
  • pemilihan warna yang cerdas
  • tata letak yang bersih dan terorganisir

Dengan desain yang menarik, kamu dapat meningkatkan daya tarik visual email dan mendorong mereka untuk berinteraksi dengan konten yang kamu tawarkan.

8. Gunakan Personalisasi untuk Meningkatkan Keterlibatan Pembaca

Siapa sih yang tidak suka dimengerti? Sebagai digital marketer, kamu perlu mengerti target audience mu untuk membuat mereka tertarik terhadap apa yang kamu tawarkan.

Gunakan personalisasi dalam kampanye email marketing untuk meningkatkan keterlibatan pembaca.

Dengan mengumpulkan data pelanggan seperti nama, lokasi, dan minat, kamu bisa menyampaikan pesan yang lebih relevan dan pribadi.

Gunakan opsi penyesuaian variabel dalam konten email, seperti menyapa pelanggan dengan nama mereka atau menawarkan penawaran yang disesuaikan dengan minat mereka.

Personalisasi menciptakan pengalaman yang lebih dekat dan membangun hubungan yang lebih kuat antara brand dan pelanggan.

9. Konten Email yang Relevan dan Berkualitas

Ketika judul email sudah menarik, tapi kok isinya gak nyambung, pasti pembaca kesal juga, kan?

Karenanya, buatlah konten email yang relevan dan bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas kampanye . Pastikan isi email sesuai dengan judul, minat, kebutuhan, atau tahap pembelian pelanggan.

Berikan informasi yang berharga, seperti tips, panduan, atau penawaran eksklusif yang relevan dengan produk atau layanan.

Selain itu, sertakan panggilan tindakan alias CTA (Call to Action) yang jelas agar pembaca dapat dengan mudah merespons email.

Dengan memberikan konten yang relevan dan bermanfaat, Anda dapat membangun kepercayaan, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan mendorong tindakan yang diinginkan. Ingatlah bahwa konten yang bernilai akan membantu membedakan email kamu dan membuatnya diperhatikan oleh pembaca.

Email yang profesional bisa membuat StartUp yang baru netas pun jadi lebih meyakinkan. Salah satu tips wajib cara memulai bisnis startup dari nol ini!

10. Evaluasi Hasil Kampanye Email

Terakhir dan tidak kalah penting, evaluasi kampanye yang sudah kamu luncrukan.

Analisis dan evaluasi hasil kampanye email merupakan langkah penting dalam upaya meningkatkan keberhasilan email marketing.

Melalui analisis, kamu bisa melihat metrik seperti tingkat buka, klik, konversi, dan tingkat keluhan pelanggan.

Evaluasi ini memungkinkan Anda untuk memahami kinerja kampanye dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan atau perubahan yang perlu dilakukan.

Dengan mempelajari data dan pola yang terungkap melalui analisis, kamu bisa membuat penyesuaian strategis, menguji ide baru, dan mengoptimalkan kampanye email ke depan.

Analisis dan evaluasi yang terus-menerus adalah kunci untuk mengoptimalkan efektivitas kampanye email marketing dan mencapai hasil yang lebih baik.

Akhir Kata

Dalam era digital yang serba cepat ini, email marketing tetap menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk berinteraksi dengan pelanggan dan mencapai tujuan bisnis.

Dengan menerapkan tips dan praktik terbaik yang telah kita bahas, seperti menentukan tujuan yang jelas, personalisasi konten, dan analisis hasil kampanye, kamu bisa meningkatkan kesuksesan kampanye email marketing.

Ingatlah untuk terus mempelajari dan mengikuti perkembangan terbaru dalam industri ini, sehingga kamu bisa terus mengoptimalkan strategi email marketing.

Lengkapi juga usahamu dengan akun Instagram Bisnis. Kampanye digital marketingmu jadi makin jos!

Dengan dedikasi, kreativitas, dan pemahaman yang mendalam tentang target audiens, kamu bisa menciptakan kampanye email marketing yang memikat, relevan, dan efektif.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!


Anda bisa meninggalkan komentar dan memberikan masukan melalui media sosial @pintarjualan.id di Instagram dan Tips Pintar Jualan di Facebook. Yuk, baca artikel menarik lainnya di pintarjuaan.id seputar Bisnis, Peluang atau artikel lainnya dari Hanif Mufid. Untuk informasi lebih lanjut atau ada keperluan sesuatu silakan hubungi kami via admin@pintarjualan.id


Referensi

  • Apa Itu Email Marketing dan Bagaimana Menjalankannya? – https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-email-marketing/
  • 11 Tips Email Marketing untuk Memaksimalkan Campaign – https://www.domainesia.com/tips/11-tips-email-marketing/
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *