Terlanjur checkout pesanan di Bukalapak, tapi berubah pikiran? Nah, kamu bisa mengikuti cara membatalkan pesanan di Bukalapak melalui postingan kali ini.
Ada beberapa penyebab yang biasanya pengguna alami saat ingin membatalkan transaksi. Misalnya ingin mengubah alamat, mengubah jumlah, ingin membeli di toko lain yang lebih murah, dan lain sebagainya.
Tidak perlu khawatir, hal ini bisa teratasi dengan baik menggunakan fitur “Pembatalan Transaksi” yang ada di Bukalapak.
Tentu ada beberapa syarat dan ketentuan supaya proses pembatalan transaksi berjalan lancar dan dana bisa kembali ke dompet. Untuk lebih lengkapnya bisa lihat panduan dibawah ini !
Syarat dan Ketentuan Membatalkan Pesanan
Untuk mengubah pesanan atau membatalkan transaksi, tidak bisa sembarangan dilakukan, ya. Terdapat syarat dan ketentuan yang wajib diperhatikan.
Supaya proses untuk pengajuan pembatalan ini bisa disetujui penjual, kamu bisa lihat beberapa syarat dan ketentuan dibawah ini :
- Pembeli tidak bisa membatalkan pesanan untuk kategori Minimarket. Misalnya seperti
- BukaEmas
- BukaReksa.
- Pembeli tidak bisa membatalkan pesanan untuk kategori E-Voucher dan tiket. Misalnya seperti :
- Pulsa
- Paket data
- Voucher game
- Listrik prabayar dan pascbayar
- Tiket acara/event
- Tiket pesawat
- Tiket kereta
- Zakat profesi
- Tagihan listrik
- Air PDAM
- BPJS
- Transaksi tidak bisa dibatalkan jika pembeli sudah membayar pesanan dan telah diproses untuk dikirim oleh pelapak/penjual.
- Transaksi yang sudah dibayar bisa dibatalkan maksimal 15 menit setelah pembayaran diverifikasi.
- Transaksi yang ingin dibatalkan dalam waktu 15 menit setelah transaksi diverifikasi, dana akan dikembalikan otomatis. Karena penjual belum memproses pesanan.
- Untuk transaksi pesanan dengan status menunggu pembayaran atau belum dibayar, maka akan otomatis dibatalkan jika melebihi waktu pembayaran yang ditentukan. Tidak perlu menunggu persetujuan dari penjual.
Itulah beberapa syarat dan ketentuan yang wajib dipahami jika ingin membatalkan pesanan di Bukalapak. Nah, untuk caranya bisa simak di pembahasan selanjutnya dibawah ini.
Cara Membatalkan Pesanan di Bukalapak
Sampai disini sudah paham kan syarat dan ketentuannya? Jika sudah, kami akan membagikan cara membatalkan pesanan di Bukalapak baik itu yang sudah diproses penjual, sudah dibayar, belum dibayar/transfer dan lainnya.
Pengguna bisa melakukan pembatalan pesanan ini melalui HP (Aplikasi) atau PC (Website). Caranya juga sangat mudah dan simpel. Yuk simak step by step di bawah ini :
ADVERTISEMENTS
1. Membatalkan Pesanan yang Belum Dibayar/Transfer
Bila kamu memilih metode pembayaran transfer bank, Indomaret, dan belum melakukan transfer, pembatalan transaksi akan sangat mudah dilakukan.
Berikut langkah untuk membatalkan pesanan Bukalapak melalui HP dan PC :
Lewat HP/Aplikasi
- Masuk dan login ke aplikasi Bukalapak.
- Pilih menu “Transaksi”.
- Klik “Pembelian”.
- Kemudian akan diarahkan ke halaman detail pembelian.
- Tekan tombol “Batalkan Transaksi”.
- Pilih “Alasan Pembatalan” yang sesuai.
- Tekan tombol “Konfirmasi”.
- Selesai !
Lewat PC/Website
- Akses situs bukalapak.com.
- Login menggunakan username dan password.
- Pilih menu “Transaksi”.
- Kemudian akan masuk ke halama detail transaksi.
- Pilih pesanan mana yang akan dibatalkan.
- Klik “Batalkan Transaksi”.
- Pilih “Alasan Pembatalan”.
- Klik “Konfirmasi”.
- Selesai !
Langkah ini tidak perlu menunggu persetujuan dari penjual. Hal ini karena status pembayaran masih “menunggu pembayaran” dan belum diverifikasi oleh sistem.
Nantinya, pembatalan pesanan akan otomatis disetujui oleh sistem dan dana akan langsung dikembalikan ke dompet.
ADVERTISEMENTS
2. Membatalkan Pesanan yang Sudah Dibayar/Transfer
Bagi pengguna yang sudah terlanjur melakukan transfer atau sudah membayar pesanan langkahnya sama dengan yang belum dibayar. Namun, ada sedikit perbedaan dan tidak segampang dengan yang belum dibayar.
Karena biasanya penjual akan menerima pesanan di sistem kemudian melanjukan untuk diproses. Untuk itu pembeli harus menunggu persetujuan dari pelapak/penjual.
Namun jika pembeli telah terlanjur membayar, dalam waktu 15 menit setelah pembayaran diverifikasi Bukalapak, maka pesanan bisa dibatalkan. Hal ini karena penjual belum memproses pesanan. Kemudian dana pembeli akan otomatis dikembalikan ke saldo sesuai metode pembayaran yang dipilih.
Baca Juga
Lantas bagaimana jika pesanan sudah dibayar melebihi 15 menit? Tenang, pembeli bisa menunggu konfirmasi dari penjual agar bisa menyetujui pembatalan tersebut. Memang butuh waktu dan tidak instant.
Perlu diperhatikan ya, penjual bisa saja menerima dan menolak proses pembatalan yang telah diajukan. Biasanya penjual akan mempertimbangkan dengan alasan yang sudah dipilih pembeli.
Jika pembatalan ditolak, maka barang akan tetap dikirim oleh pelapak/penjual. Namun jika penjual menerima pembatalan, maka dana akan dikembalikan dan kamu akan mendapatkan notifikasi di email jika pesanan telah dibatalkan.
Pembatalan pesanan yang diajukan oleh pembeli hanya bisa dilakukan 1x. Jika ditolak oleh penjual, maka pembeli tidak bisa mengajukan pembatalan lagi.
ADVERTISEMENTS
Bagaimana Jika Pembatalan Bukalapak Tidak Direspon Pelapak?
Respon setiap penjual terhadap pembatalan pesanan memang berbeda-beda. Namun bagaimana jika pembatalan pesanan tidak direspon oleh pelapak?
Hal itu tergantung pesanan sudah dibayar apa belum dibayar. Jika belum dibayar maka tidak perlu menunggu respon dari penjual. Namun jika sudah dibayar melebihi waktu 15 menit setelah pembayaran, wajib menunggu konfirmasi dari penjual.
Ada 2 macam respon dari penjual mengenai pembatalan pesanan ini. Nah untuk lebih detailnya bisa dipahami dibawah ini :
- Penjual menolak pembatalan pesanan
Penjual berhak untuk menolak pembatalan pesanan jika barang sudah diproses untuk dikirim.
Mau tidak mau pembeli akan menerima pesanan dan tetap membayar pesanan sesuai prosedur. Notifikasi penolakan dari penjual ini akan diberitahukan ke pembeli, baik di sistem maupun melalui email.
- Penjual menyetujui pembatalan pesanan
Pengajuan pembatalan pesanan yang berhasil disetujui oleh penjual akan diberitahukan ke pembeli melalui notifikasi sistem Bukalapak dan email.
Kemudian pembeli akan menerima dana/uang yang sudah dibayar sesuai dengan metode yang telah dipilih. Misalnya dalam bentuk saldo Dana, saldo Bukalapak, limit kartu, dan lainnya.
ADVERTISEMENTS
FAQ
- Apakah pesanan yang sudah dikemas bisa dibatalkan?
Ya, tentu bisa. Tergantung respon dari penjual. Selama barang belum diproses untuk dikirim, pembeli bisa mengajukan pembatalan dengan segera.
- Apakah Pelapak akan mendapatkan sanksi apabila saya mengajukan pembatalan?
Tidak, pelapak tidak akan mendapatkan sanksi selama kedua belah pihak telah sepakat.
- Bagaimana cara membatalkan pembelian pulsa di Bukalapak?
Untuk pembelian kategori voucher, tiket, dan pulsa, tidak bisa melakukan pembatalan pesanan.
- Jika melakukan pembatalan berapa lama uang kembali dari Bukalapak?
Tergantung dengan metode pembayaran yang telah dipilih. Biasanya uang akan otomatis dikembalikan. Namun jika pembayaran pakai DANA maksimal membutuhkan waktu 1×24 jam.
Penutup
Demikianlah informasi lengkap mengenai cara membatalkan pesanan di Bukalapak. Kami sarankan, sebelum checkout pesanan ada baiknya untuk melakukan cek dan memastikan dahulu. Hal ini untuk menghindari pembatalan pesanan.
Sangat menarik ya pembahasan kali ini? Jika masih ada pertanyaan bisa tulis di “kolom komentar” atau melalui Instagram kami di @Pintarjualan.id.
Jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian yang membutuhkan informasi ini. Terimakasih sudah membaca, See you 🙂