Advertisement

Cara Melihat Kata Sandi Email Mudah dan Praktis

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
06 Juli 2022
Waktu membaca
3 Menit

Salah satu cara melihat kata sandi email yang lupa adalah dengan menggunakan fitur pengingat sandi.

Karena sudah lama tidak menggunakan email, ada kalanya kita lupa passwordemail tersebut. Jika sebelumnya sudah pernah login email di browser seperti Chrome dan menggunakan fitur pengingat sandi, hal ini tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Selain Chrome, sebenarnya browser lain juga memiliki fitur yang mirip. Jadi, cek saja browser yang pernah digunakan untuk login email tersebut.

Ini dia cara melihat kata sandi email yang lupa dengan menggunakan Chrome.

Cara Melihat Sandi Email Di Browser Chrome

Jika sudah menggunakan fitur pengingat sandi, password yang sebelumnya sudah pernah dituliskan bisa diingat di browser tersebut. Sebenarnya, browser lain juga memiliki fitur serupa. Namun, kaerna banyak yang menggunakan chrome, kami hadirkan cara melihat password di chrome.

Untuk mengakses fitur pengingat sandi, gunakan langkah berikut.

  1. Buka browser Google Chrome
  2. Klik menu setelan chrome (tiga titik hitam) di kanan atas
  3. Pilih settings > passwords
  4. Akan ditampilkan beberapa situs dengan kata sandi yang pernah disimpan

Selesi, sekarang bisa melihat password yang dicari, kan? Ini sangat bermanfaat, jadi tidak perlu memulihkan akun dan membuat password baru.

Berkat fitur pengingat sandi, jadi tidak perlu menggunakan note untuk mengingat email.

Fitur Pengingat Sandi di Browser

Google Chrome adalah salah satu browser yang paling banyak digunakan. Selain cepat, Google Chrome juga memiliki fitur yang bisa membantu ketika lupa password email.

Biasanya, fitur ini akan muncul ketika melakukan proses login, maka akan secara otomatis muncul

“apakah and ingin menyimpan password anda?” Atau “do you want Crome to save your password”

Jika mengeklik iya, maka google chrome akan secara otomatis mengingat password yang dimasukkan. Dengan begitu, jika lupa dengan password email tersebut, bisa dibuka sewaktu-waktu.

Selain itu, ketika login lagi, tidak perlu input passwordnya, karena google chrome secara otomatis menginput passwordnya. Mungkin kamu tidak sadar sudah menggunakan fitur ini, kamu beruntung bisa melihat password yang lupa.

Ini cocok untuk kmu yang harus memegang banyak akun. Google chrome bisa mengingat password dari masing masing akun. Pengguna pun dapat melihat passwordnya sewaktu-waktu.

Cara Melihat Sandi Gmail Di HP

Jika selama ini hanya login email dengan menggunakan handphone, tidak perlu khawatir. Browser Chrome di hand phone juga memiliki fitur pengingat password.

Cara melihat password gmail sendiri di hp tidak jauh berbeda dengan melihat sandi di laptop. melihat kata sandi di browser chrome versi PC atau komputer, banyak browser lain di handphone android juga memiliki fitur untuk mengingat sandi.

Contohnya jika menggunakan firefox, maka akan muncul do you want firefox to save your password. Tetapi di sini browser yang digunakan adalah chrome.

  1. Buka browser chrome
  2. Tap/klik titik tiga di pojok kanan atas
  3. Klik setelan
  4. Pada menu setelan, pilih simpan sandi
  5. Di menu sandi akan muncul passwords.google
  6. Cari akun google anda

Selesai, disitu akan ditampilkan password dari akun google yang dicari. Jika duah pernah login dengan browser tersebut, maka alamat email dan password akan disimpan olhe browser, jika kmu sebelumnya mengijinkan.

Dengan begitu, alamat email dan password bisa dilihat. Selain google chrome, browser lain juga umumnya memiliki fitur yang sama. Misalnya edge, firefox, opera, umumnya juga memiliki fitur pengingat password.

Bagaimana Cara Mengganti Password Email Yang Lupa

Jika lupa password, dan tidak bisa melihat password di simpanan browser, bisa login dengan cara mengganti password.

Ketika membuat email, biasanya ada pertanyaan tambahan mengenai email lain dan nomor telepon. Dari situ, google bisa memantu untuk mengkonfirmasi bahwa yang mau logn adalah benar-benar kamu.

Cara lengkapnya seperti berikut.

  1. Masukkan alamat email > berikutnya
  2. Di bagian bawah kotak ada tulisan lupa password, klik artikel tersebut
  3. Masukkan password seingatmu > berikutnya
  4. Akan tampil pilihan memulihkan akun dengan handphone, nomor telepon atau alamat email lain.
  5. Ikuti langkah yang diberikan untuk memverifikasi email tersebut.

Selesai, setelah diganti ingat password tersbut betul betul ya. Walaupun bisa diganti, tetapi untuk mengganti password baru ini cukup merepotkan.

Jika kmu orang yang sering lupa password, gunakan saja fitur pengingat password yang ada di Google Chrome. Jadi, klaua lupa bisa mengikuti langkah diatas untuk melihat passwordmu.

Penutup

Bagaimana, sudah bisa melihat kata sandi email yang lupa, kan? Fitur dari google chrome ini memang sangat membantu untuk melihat password yang lupa.

Jika sering lupa password, gunakan fitur penyimpanan password yang disediakan oleh google chrome. Walaupun sering gonta ganti email, dengan fitur google chrome password akan tersimpan dan bisa dilihat setiap saat.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *