Cara Daftar PayPal Mudah & Cepat, Simak Langkah-Langkahnya

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
07 Desember 2021
Waktu membaca
6 Menit

Cara daftar PayPal semakin hari semakin mudah dan cepat. Anda tinggal menyiapakan akun email yang aktif, nomor HP yang aktif, dan KTP saja. Setelah selesai, Anda bisa menikmati fitur-fitur yang dimiliki oleh PayPal. Salah satunya adalah bisa menjadi alat untuk pembayaran lintas negara.

Dengan PayPal kita dapat dengan mudah bisa mengirimkan sejumlah dana kepada orang lain yang juga memiliki rekening PayPal. Selain mengirimkan dana, dengan PayPal kita juga dapat membantu untuk menerima sejumlah transfer dari seseorang yang memiliki rekening PayPal.

Bagi pelaku bisnis yang mitranya sudah tersebar di seluruh dunia, PayPal bisa menjadi salah satu alternatif untuk alat pembayarannya. PayPal membuat berbagai transaksi keuangan secara online menjadi lebih mudah dan cepat. Semua orang bisa berkirim uang dan menerima uang PayPal.

Syarat Daftar PayPal

Sebelum Anda mendaftar PayPal, pastikan Anda sudah memiliki nomor HP dan email yang aktif, dan e-KTP atau KTP. Dalam proses pendaftaran Anda akan diminat untuk memasukkan data-data tersebut. Tanpa memasukkan data-data tersebut pendaftaran Anda tidak bisa dilanjtukan.

Cara Daftar PayPal

Ada dua cara daftar PayPal. Cara yang pertama adalah melalui website resmi PayPal. Sedangkan cara yang kedua adalah melalui aplikasi PayPal yang bisa didownload melalui Play Store dan App Store. Kedua cara tersebut sama-sama mudah dan cepat.

Cara Daftar PayPal Lewat Website

Cara daftar PayPal yang pertama adalah lewat website resmi PayPal. Anda bisa menggunakan berbagai macam browser untuk mengunjungi website PayPal. Bisa menggunakan Google Chrome, Microsoft Edge, Mozilla Firefox, Opera, Brace, UC Browser, Avast Browser, Vivaldi, dan sebaginya.

1. Kunjungi https://www.paypal.com/id/home

Pertama, kunjungi alamat website https://www.paypal.com/id/home. Anda bisa mengunjungi alamat tersebut melalui desktop/laptop maupun HP. Selain itu Anda juga bisa mengunjungi website tersebut melalui berbagai jenis browser. Klik Daftar Sekarang untuk memulai proses pendaftaran.

Cara Daftar PayPal Halaman Depan

2. Pilih Jenis Rekening

Setelah Anda klik Daftar Sekarang, maka akan muncul pilihan terkait jenis rekening. Jenis rekening yang pertama adalah rekening pribadi. Sedangkan jenis rekening yang kedua adalah rekening bisnis. Kali ini kami akan memilih rekening dengan jenis pribadi. Setelah itu klik Berikutnya.

Cara Daftar PayPal Pilih Jenis Rekening

3. Saya Seorang

Setelah melewati proses yang pertama tadi, maka Anda akan dihadapkan dengan berbagai pilihan dalam rekening pribadi. Di dalam kolom Saya Seorang ada 4 pilihan yang bisa Anda pilih. Mulai dari Pembeli Online, Penjual Individu/Freelancer, Kedua Hal di Atas, hingga Saya Tidak Yakin.

Cara Daftar PayPal Pilih Saya Seorang

Anda bisa memilih salah satu dari keempat pilihan tersebut. Jika Anda seorang pembeli online, maka Anda bisa memilih pilihan tersebut. Tapi jika Anda seorang pembeli online sekaligus penjual individu/freelancer, maka Anda bisa memilih Kedua Hal di Atas. Setelah itu klik Berikutnya.

4. Tambahkan Nomor HP

Langkah pertama setelah memilih jenis rekening adalah memasukkan nomor HP. Pastikan Anda memasukkan nomor dengan benar. Jangan sampai ada satu huruf pun yang salah. Setelah memasukkan nomor HP dan memastikannya benar, Anda tinggal klik Berikutnya.

Cara Daftar PayPal Masukkan Nomor HP

5. Konfirmasi Nomor HP

Setelah Anda memasukkan nomor HP dan klik berikutnya, maka pihak PayPal akan mengirimkan kode ke nomor tersebut melalui WhatsApp. Kode biasanya tidak langsung terkirim. Jika dalam waktu satu menit Anda belum menerima kode, Anda bisa klik Kirim Ulang Kode.

Cara Daftar PayPal Konfirmasi Nomor HP.png

6. Atur Profil

Setelah konfirmasi, Anda akan diminta untuk mengisi profil. Form profil tersebut terdiri dari Nama Depan, Nama Belakang, Buat Sandi, dan Konformasi Kata Sandi. Pastikan Anda mengisi data dengan benar, setidaknya, sesuai dengan e-KTP atau KTP Anda. Setelah itu klik Berikutnya.

7. Tambahan Alamat

Setelah memilih Saya Seorang, maka Anda tinggal memasukkan alamat. Mulai dari kewarganegaraan, tanggal lahir, jenis ID (bisa KTP, Paspor, atau SIM), baris alamat, kota, provinsi, dan kode pos. Jangan lupa untuk memasukkan nomor ID sesuai dengan ID yang Anda pilih.

8. Ceklist Kesepakatan Pengguna dan Pernyataan Privasi 

Pastikan seluruh kolom pada kolom alamat Anda isi dengan benar. Setelah selesai Anda tinggal ceklist Kesepakatan Pengguna dan Pernyataan Privasi PayPal sebagai bukti bahwa Anda patuh dengan perarturan selesai. Sudah benar-benar mantap, klik Setuju dan Buat Rekening.

9. Konfirmasi Email

Langkah terakhir dari proses pendaftaran PayPal adalah mengkonfirmasi email. Sebenarnya tidak hanya di PayPal, langkah konfirmasi email juga banyak digunakan dalam pendaftaran-pendaftaran lain. Sekarang Anda tinggal buka email dan link konfirmasi yang ada di email tersebut.

10. Selesai

Proses pendaftaran akun PayPal selesai. Jika Anda ingin menggunakan semua fitur yang ada di PayPal beserta kemudahannya, maka mau tidak mau Anda musti mengaktivasi akun Anda tersebut. Dalam proses aktivasi akun inilah, Anda akan membutuhkan kartu kredit atau kartu debit.

Baca juga:

Cara Daftar PayPal Lewat Aplikasi

Secara umum, proses pendaftaran PayPal lewat aplikasi tidak jauh berbeda dengan proses pendaftaran PayPal lewat website. Agar lebih mudah, siapkan nomer HP dan email yang aktif, serta KTP/Pasor/SIM. Berikut ini adalah langkah-langkah daftar PayPal lewat aplikasi.

1. Install Aplikasi PayPal

Download dan install aplikasi PayPal di Play Store untuk pengguna Android. Untuk pengguna iOS bisa melalui App Store. Pastikan aplikasi PayPal yang Anda install adalah aplikasi yang dibuat oleh PayPal. Hingga Desember 2021, aplikasi PayPal sudah didownload sebanyak 2 juta pengguna.

2. Klik Sign Up
3. Masukkan Nomer HP
4. Konfirmasi HP
5. Masukkan Email dan Password
6. Set Up Profile 

Sampai pada tahap ini, anda akan di minta untuk mengisi form Set Up Profil. Form tersebut terdiri dari Nama Depan, Nama Belakang, jenis ID, tanggal lahir, dan sebagainya. Pastikan Anda mengisi data dengan benar. Paling tidak sesuai dengan data yang ada di e-KTP atau KTP Anda.

7. Tambah Alamat 

Masukkan di mana Anda tinggal sekarang. Sebelum ada form pengisian alamat, akan muncul semacam kolom pencarian alamat. Anda bisa melalui kolom pencarian alamat tersebut agar langsung menuju ke form alamat. Setelah mengisi seluruh kolom pada form tersebut, klik Setuju dan Buat Akun.

8. Jangan Lupa Cekslist

Pastikan seluruh kolom pada kolom alamat Anda isi dengan benar. Setelah selesai Anda tinggal ceklist Kesepakatan Pengguna dan Pernyataan Privasi PayPal sebagai bukti bahwa Anda patuh dengan perarturan selesai. Sudah benar-benar mantap, klik Setuju dan Buat Rekening.

9. Selesai

Setelah klik Setuju dan Buat Akun, Akan muncul halaman untuk mentautkan kartu debit atau kartu kredit. Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa melewati proses pentautan kartu debit atau kartu kredit tersebut. Pembuatan akun PayPal selesai dan sistem akan otomatis masuk ke akun PayPal Anda.

FAQ

  • Apakah PayPal bisa digunakan di Indonesia?

Jawabannya adalah bisa. Anda hanya perlu membuat akun PayPal saja. PayPal malah bisa digunakan untuk bertransaksi antar negara . Beberapa E-commerce terkemuka seperti eBay, Amazon, dan sebagainya, juga menjadikan PayPal sebagai salah satu pilihan metode pembayarannya.

  • Bagaimana cara daftar PayPal tanpa kartu kredit?

Jika hanya mendaftar dengan tujuan untuk memiliki akun saja jawabannya adalah bisa. Tahapan memasukkan kartu kredit bisa dilewati saat pendaftaran akun PayPal. Hanya saja, Anda tidak akan bisa menggunakan semua fitur-fitur yang ada di PayPal. Fitur PayPal Anda akan sangat terbatas.

  • Apakah daftar PayPal harus punya KTP?

Daftar PayPal tidak harus pakai e-KTP atau KTP. Dalam proses pendaftaran akun PayPal dan proses verifikasi, yang dibutuhkan adalah kartu kredit atau nomor rekening, nomor HP, dan alamat email. Hanya saja, terkait dengan data diri, usahakan sesuai dengan data yang ada di e-KTP atau KTP.

  • Bagaimana cara mencairkan uang dari PayPal?

Pertanyaan lain yang masih berkaitan dengan pertanyaan ini adalah Apakah Uang di PayPal Bisa Dicairkan? Jawabannya adalah bisa. Untuk mencairkan uang dari PayPal, Anda bisa menggunakan fitur Tarik Dana. Lalu masukkan jumlah dana yang akan ditarik dan pilih transfer.

  • PayPal gratis apa bayar?
Tidak ada biaya untuk membuka rekening PayPal. Salah satu yang dikenakan biaya dan sering terjadi adalah ketika Anda menerima pembayaran untuk barang atau jasa dan tarik dana. Anda bisa melihat ketentuan semua Biaya transaksi di PayPal dengan mengujungi website PayPal atau klik sini.

Penutup

Demikian langkah-langkah cara daftar PayPal. Anda bisa mendaftar atau membuat akun PayPal melalui website dan aplikasi. Jangan lupa untuk menyiapkan e-KTP atau KTP, nomor HP dan email yang aktif. Jika Anda belum memiliki nomor HP dan email yang aktif, Anda bisa membuatnya dulu.

Agar Anda bisa menggunakan seluruh fitur-fitur yang ditawarkan PayPal, seperti transer, pembayaran, tarik dana, dan sebagainya, maka Anda musti mengaktivasi akun PayPal Anda. Salah satu yang dibutuhkan dalam proses aktivasi akun PayPal tersebut adalah kartu kredit atau kartu debit.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar pendaftaran akun PayPal Anda tidak gagal. Mungkin sepele, tapi jaringan internet yang buruk juga bisa membuat pendaftaran akun PayPal Anda terganggu. Selain itu, data yang tidak benar juga bisa membuat pendaftaran akun PayPal tidak diterima.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *